Reduksi Emisi Gas Rumah Kaca, Penggunaan Bahan Bakar Alternatif Ditingkatkan Industri Semen

Laporan Seno Tri Sulistiono, jurnalis TribuneNews

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Isu perubahan iklim akibat emisi gas rumah kaca (GRK) menjadi perhatian global, dengan munculnya komitmen global untuk mencapai emisi net zero pada tahun 2060.

PT Semen Indonesia (SIG) mendukung Net Zero Emissions Initiative dengan menggunakan bahan bakar alternatif untuk meningkatkan Thermal Energy Substitution Ratio (TSR).

Sekretaris Perusahaan SIG, Vita Mahreyni mengatakan, penggunaan bahan bakar alternatif sebagai pengganti batu bara merupakan upaya SIG dalam mengurangi emisi GRK yang bertanggung jawab terhadap perubahan iklim dan pemanasan global.

“Perubahan iklim akibat emisi GRK berdampak pada peningkatan suhu bumi. Keadaan ini memerlukan upaya bersama untuk menurunkan emisi GRK,” kata Vita, ditulis Kamis (25/4/2024).

Mengutip data perusahaan, pada tahun 2023 SIG meningkatkan penggunaan bahan bakar alternatif yang berasal dari limbah industri, pengolahan sampah kota dan bahan bakar sampah (RDF), biomassa, dan sumber lainnya menjadi 559.625 ton atau 27 persen dari tahun 2022 sebesar 437.232 ton.

Melalui inisiatif ini, SIG menggantikan batu bara dalam produksi semen sehingga mencapai rasio TSR sebesar 7,27%.

Menurutnya, penggunaan bahan bakar alternatif menawarkan manfaat dari berbagai aspek, mulai dari ekologi, ekonomi, sosial.

Misalnya RDF, dari sudut pandang lingkungan hidup, selain berpeluang mengurangi emisi gas rumah kaca, penggunaan RDF merupakan salah satu solusi untuk mengurangi permasalahan tumpukan sampah, seperti terbatasnya lahan untuk TPA, menimbulkan bau dan penyakit. permasalahan yang ada di masyarakat sekitar.

Selain penggunaan bahan bakar alternatif, Vita, SIG telah melakukan beberapa upaya penurunan emisi GRK, antara lain digitalisasi dan optimalisasi proses produksi serta konsumsi energi panas yang efisien (STEC) melalui teknologi injeksi hidrogen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *