Serangan ke Rafah Semakin Dekat, Amerika Serikat Menunda Pengiriman Pasokan Amunisi ke Israel

Ketika serangan Rafah mendekat, AS membekukan pasokan militer ke Israel

TRIBUNNEWS.COM- Amerika Serikat telah berhenti memasok senjata ke Israel seiring berjalannya waktu di Rafah.

Israel mulai memaksa warga sipil meninggalkan Rafah, sehari setelah seorang pejabat mengatakan Israel tidak akan mengakhiri pertempuran sebagai bagian dari perjanjian gencatan senjata.

Pekan lalu, Washington menunda pengiriman senjata buatan Amerika ke Israel, kata dua pejabat Israel kepada Axios pada 5 Mei.

Hal ini terjadi ketika tentara Israel memerintahkan evakuasi warga sipil dari kota Rafah di selatan sebelum melakukan operasi di kota tersebut.

“Insiden ini menimbulkan kekhawatiran besar dalam pemerintahan Israel dan membuat para pejabat tidak dapat memahami mengapa pengiriman tersebut diblokir,” kata para pejabat tersebut.

Gedung Putih menolak berkomentar, dan Pentagon, Departemen Luar Negeri dan kantor Perdana Menteri Israel tidak segera memberikan tanggapan.

Washington terus menyatakan keprihatinannya atas rencana Israel di Rafah, yang dianggap Tel Aviv sebagai benteng terakhir Hamas.

Amerika Serikat mengatakan pihaknya tidak akan mendukung serangan tanpa membuat pengaturan untuk pembebasan warga sipil – hal yang dikatakan Menteri Luar Negeri Anthony Blinken pekan lalu.

Pada Senin pagi, tentara Israel meminta warga sipil di Rafah untuk mulai pindah ke Khan Yunis, tempat tenda-tenda telah didirikan.

“IDF telah memperluas wilayah kemanusiaan di Al-Mawasi untuk menampung sejumlah besar bantuan yang mengalir ke Gaza. Wilayah kemanusiaan yang diperluas ini mencakup rumah sakit lapangan, tenda dan banyak makanan, air, obat-obatan, dan perbekalan lainnya,” kata tentara. .

“Sebagaimana disepakati oleh pemerintah, penilaian situasi akan mengarah pada pergerakan bertahap warga sipil di beberapa wilayah timur Rafah, ke wilayah bantuan kemanusiaan, dan pengumuman media dalam bahasa Arab,” kata pernyataan itu.

Protokol evakuasi ini mengingatkan kita pada sistem “zona aman” yang digunakan tentara Israel di Gaza dalam beberapa bulan terakhir, yang menurut PBB tidak efektif dan tidak melindungi warga Gaza dari tembakan.

Axios melaporkan bahwa Washington menahan pengiriman senjata karena kegagalan gencatan senjata Mesir baru-baru ini.

Israel tetap berkomitmen pada operasi Rafah dan tidak akan menyetujui gencatan senjata sebagai bagian dari perjanjian pembebasan sandera, kata seorang pejabat Israel kepada AP pada 4 Mei.

Seorang pejabat Hamas mengkonfirmasi kepada Al Jazeera pada Sabtu pagi bahwa posisi Israel dalam negosiasi telah menghambat kemungkinan mencapai kesepakatan.

“Para agresor menghalangi perjanjian untuk melanjutkan perang. “Organisasi Zionis sedang mencoba membuat perjanjian strategis untuk mengembalikan tahanannya tanpa menghubungkan hal ini dengan penghentian permusuhan,” kata pejabat itu.

“Informasi kami menegaskan bahwa Netanyahu memblokir perjanjian karena alasan pribadi,” tambah Hamas, seraya menambahkan bahwa “Hamas tidak akan menyetujui perjanjian yang tidak melibatkan penghentian perang di Gaza.”

Laporan Axios muncul pada hari yang sama ketika beberapa tentara Israel terbunuh oleh rudal Brigade Qassam di pangkalan militer Kerem Shalom dekat perbatasan Israel dengan Gaza.

“IDF telah memperluas wilayah kemanusiaan di Al-Mawasi untuk mengakomodasi peningkatan bantuan yang mengalir ke Gaza. Wilayah kemanusiaan yang diperluas ini mencakup rumah sakit lapangan, tenda dan banyak makanan, air, obat-obatan, dan perbekalan baru,” tulis IDF. Rekor kekuatan IDF di platform

“Sesuai kesepakatan pemerintah, penilaian situasi akan mengarah pada perpindahan warga sipil secara bertahap di beberapa bagian timur Rafah, ke wilayah kemanusiaan,” tambahnya dan media berbahasa Arab.

“IDF akan terus mengejar Hamas di seluruh Gaza sampai semua tahanan yang mereka tahan ditangkap.” Israel memerintahkan warga Gaza di sebelah timur Rafah untuk segera pergi

Sekitar 100.000 orang telah diperintahkan untuk meninggalkan bagian timur Rafah, kata tentara Israel.

Sekitar 100.000 orang di bagian timur Rafah telah diperintahkan meninggalkan Pasukan Pertahanan Israel, kata juru bicara militer Kolonel. Nadav Shoshani singkatnya.

Shoshani mengatakan pelepasan tersebut merupakan “pelepasan skala kecil” dan “bukan pelepasan total”.

Israel telah berulang kali mengisyaratkan rencana untuk mengirim pasukan ke Rafah, sebuah kota di selatan yang berbatasan dengan Mesir, tempat lebih dari satu juta pengungsi Palestina diyakini mencari perlindungan sejak 7 Oktober.

Badan-badan bantuan telah melaporkan bahwa negara tersebut sedang menghadapi krisis kemanusiaan yang serius, dan kepala Program Pangan Dunia (WFP) menggambarkan Gaza sedang menghadapi kelaparan parah.

Evakuasi dari Rafah timur “adalah operasi terbatas,” kata IDF

Pasukan Pertahanan Israel menyatakan evakuasi warga dan pengungsi di Rafah timur bukanlah evakuasi massal di Rafah. Ini adalah operasi perbatasan di wilayah Rafah Timur.

Kata Kol. Nadav Shoshani, juru bicara IDF dalam konferensi pers hari Senin mengatakan mereka mendorong penduduk Rafah Timur untuk pindah ke utara.

Ditanya berapa lama warga harus pergi, Shoshani berkata,

“Ini adalah bagian dari rencana kami untuk menghancurkan Hamas dan seperti yang saya katakan, kami sangat memperhatikan kehadiran mereka dan kemampuan mereka untuk bekerja dan seberapa baik mereka melakukannya kemarin dan dalam hal rencana kami untuk memisahkan diri dari kami dan membawa kembali tawanan kami. “

Shoshani enggan menanyakan apakah pemberangkatan tersebut ada kaitannya dengan penyerangan terhadap tentara IDF kemarin.

“Saya tidak mau menjelaskan secara detail pemikiran, rencana, dan jam kerja kami,” ujarnya.

Kekhawatiran terhadap Rafah: Menteri Pertahanan Israel Yoav Galant mengatakan kepada pasukannya pada Minggu pagi di Gaza bahwa ia mengharapkan tindakan tegas di Rafah di masa depan, dan di tempat lain di Gaza.

Sebab, katanya, Hamas tidak berniat mencapai kesepakatan soal sandera dan gencatan senjata.

Kelompok bantuan telah memperingatkan Israel akan serangan besar di Rafah

“Setiap operasi darat akan menyebabkan lebih banyak penderitaan dan kematian bagi 1,2 juta pengungsi Palestina yang tinggal di sekitar kota paling selatan Jalur Gaza,” kata Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan PBB, Jens Laerke kepada wartawan di Jenewa. Perintahkan Warga Gaza di Timur Rafah untuk segera berangkat

Israel memerintahkan warga Gaza di sebelah timur Rafah untuk mengungsi.

Lebih dari 1 juta pengungsi Palestina tinggal di kota paling selatan Rafah, Gaza.

Tempat di mana Israel telah mengancam akan melakukan serangan besar selama berbulan-bulan.

Bagi sebagian besar penduduknya, tidak ada tempat lain untuk dikunjungi di negara ini – dan Israel sering kali terkena dampak dari anak-anak tersebut.

Seorang anak berusia 4 tahun dan seorang anak berusia 2 tahun dari keluarga tersebut tewas dalam serangan Israel pada hari Selasa, dan orang tua mereka terluka parah.

Keluarga tersebut beberapa kali mengungsi dan akhirnya tinggal di tenda di Rafah, seperti nenek mereka.

“Ini yang mereka maksud. Ini ‘Rafah aman’ yang mereka bicarakan,” kata paman seorang anak laki-laki berusia 1 tahun yang terbunuh awal pekan ini sambil memegangi jenazah anak tersebut.

Guru sekolah sukarelawan Yasmeen Abu Matar mengatakan anak-anak tersebut menderita tekanan mental, kurang stabil dan mudah tersesat.

“Kami bekerja dua kali lebih keras untuk mencoba menarik perhatian mereka dan membantu mereka belajar,” katanya tentang sekolah tenda tersebut.

Serangan di Rafah: Tentara Israel pada hari Senin mendesak penduduk Rafah timur untuk “segera mengungsi”, sehari setelah menteri pertahanan Israel mengatakan kepada tentara di Gaza untuk “bekerja keras” di kota itu “di masa depan”.

Badan bantuan PBB di Gaza mengatakan mereka tidak akan meninggalkan Rafah timur.

Badan bantuan PBB untuk Palestina mengatakan mereka tidak akan meninggalkan Rafah timur setelah tentara Israel memaksa warga meninggalkan bagian kota paling selatan Gaza.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Senin, UNRWA mengatakan akan mempertahankan kehadirannya di Rafah selama mungkin dan terus membantu menyelamatkan nyawa.

Perintah evakuasi pertama Israel di Gaza sebelum operasi militer menuai kritik dari PBB dan organisasi kemanusiaan, yang sering mengatakan tidak ada tempat yang aman di negara tersebut untuk mengungsi.

Serangan udara Israel di Rafah akan mengakibatkan korban sipil dan kematian, dengan konsekuensi yang mengerikan bagi 1,4 juta orang, kata UNRWA dalam sebuah pernyataan.

Hingga saat ini, Rafah Land Crossing belum ditutup untuk kendaraan.

Pergerakan kendaraan dan masuknya bantuan di pusat komersial Rafah dan Kerem Shalom telah dihentikan sejak kemarin, kata Wael Abu Omar, direktur UNRWA di Rafah Crossing. Warga di Rafah timur panik usai dievakuasi.

Penduduk dan pengungsi di Rafah timur berada dalam ketakutan dan kepanikan setelah tentara Israel mengeluarkan perintah evakuasi pada hari Senin, menurut staf CNN di daerah tersebut.

Tim Palang Merah bergegas ke Rafah timur dan meminta warga meninggalkan lokasi semalaman, kata pejabat tersebut.

Sebuah keluarga mengatakan kepada CNN bahwa mereka bersiap meninggalkan Rafah timur menuju tenda di Rafah barat. Ini adalah langkah keempat mereka: pertama mereka pindah dari Gaza tengah ke Khan Yunis, lalu Rafah.

Pemilik rumah yang mereka tinggali menerima telepon dari tentara Israel yang menyuruh mereka pergi.

Keluarga tersebut mengatakan kepada CNN bahwa mereka melihat pesawat jatuh dalam semalam.

100.000 orang akan mengungsi ke timur Rafah, kata tentara dalam konferensi pers.

Masyarakat di Rafah dikatakan menerima email, panggilan telepon, pesan dalam bahasa Arab, dan selebaran yang meminta mereka untuk “segera melarikan diri”.

Perintah evakuasi pertama Israel di Gaza sebelum operasi militer menuai kritik dari PBB dan kelompok kemanusiaan, yang sering mengatakan tidak ada tempat yang aman di negara tersebut untuk mengungsi.

(Sumber: Cradle, CNN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *