Solusi Alami untuk Kulit Jerawat, Terapkan 5 Perubahan Gaya Hidup yang Efektif

TRIBUNNEWS.COM – Jerawat dan komedo merupakan masalah kulit yang umum terjadi, namun dapat sangat mempengaruhi penampilan bahkan menimbulkan rasa sakit bagi sebagian orang.

Benjolan kecil ini biasanya muncul di pipi, dagu, dan dahi akibat tersumbatnya pori-pori akibat kotoran, minyak berlebih, dan bakteri.

Dalam kasus yang parah, jerawat bisa meninggalkan bekas yang sulit dihilangkan.

Munculnya jerawat dipicu oleh berbagai faktor, mulai dari kebersihan wajah yang buruk, gaya hidup yang tidak sehat, hingga perubahan hormonal yang sering terjadi pada masa pubertas. 

Ketika hormon tertentu meningkat, produksi minyak di kulit pun meningkat sehingga berinteraksi dengan bakteri hingga menimbulkan jerawat.  Apa itu bekas jerawat (iStockphoto)

Selain itu, penumpukan sel kulit mati di pori-pori turut berkontribusi terhadap munculnya jerawat dan komedo.

Kebiasaan yang Memperburuk Jerawat

Melansir The Health Site, ada beberapa kebiasaan yang bisa memperparah jerawat, antara lain: memencet jerawat, menggosok kulit berkali-kali, menyentuh orang dengan tangan kotor, pembersihan wajah yang kurang, pakaian kotor hingga makanan pedas yang bersih. dan gorengan berlebihan, perubahan gaya hidup untuk mengatasi jerawat

Untuk membantu mengatasi jerawat, Anda bisa menerapkan perubahan gaya hidup berikut ini:

1. Pola makan yang sehat

Pola makan memainkan peran utama dalam kesehatan kulit.

Makanan yang tidak sehat dapat menyebabkan masalah kulit.

Oleh karena itu, mulailah mengonsumsi makanan kaya antioksidan, vitamin dan mineral yang mendukung kesehatan kulit dan memberikan penampilan segar kembali.

Hindari makanan pedas dan berminyak yang dapat merangsang produksi minyak berlebihan.

2. Hidrasi yang cukup

Penting untuk memastikan tubuh tetap terhidrasi dengan baik untuk mencegah berbagai masalah kesehatan termasuk masalah kulit.

Air membantu meningkatkan aliran darah dan oksigen ke kulit, mempertahankan kelembapan dan mencegah penumpukan racun di pori-pori.

Minum banyak air adalah cara alami untuk mengurangi jerawat dan komedo. Diagram – Jaga asupan air Anda (kompas.com)

3. Olah raga teratur

Olahraga teratur meningkatkan sirkulasi darah dan membantu meningkatkan keringat, sehingga dapat mengurangi minyak dan kotoran pada kulit.

Selain itu, olahraga juga dapat mengurangi stres yang merupakan salah satu faktor penyebab timbulnya jerawat.

4. Bersihkan wajah Anda dengan baik

Penting untuk membersihkan wajah dengan benar minimal dua kali sehari, untuk menghindari penumpukan kotoran dan sel kulit mati yang dapat menyebabkan jerawat.

Pastikan Anda tidak melewatkan langkah ini, meskipun Anda merasa malas.

5. Rutinitas Perawatan Kulit Sederhana

Terlalu banyak produk perawatan kulit dapat membuat kulit stres dan meningkatkan minyak berlebih.

Cobalah untuk mengikuti rutinitas perawatan kulit minimal: membersihkan wajah, melakukan eksfoliasi ringan, melembabkan, dan menggunakan tabir surya.

Cara ini bisa sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan kulit. Diagram perawatan kulit. (mengupas)

5. epilog

Dengan menerapkan gaya hidup sehat dan melakukan perubahan sederhana pada rutinitas harian, Anda dapat membantu mengurangi jerawat secara alami.

Ingatlah bahwa kesabaran dan konsistensi adalah kuncinya, dan selalu perhatikan bagaimana kulit Anda bereaksi terhadap perubahan.

(tribunehealth.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *