Dinas Perpustakaan DKI Jakarta Kenalkan Antologi Kekhasan Etnis Nusantara

Laporan jurnalis Tribunnews Khoirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Untuk melestarikan kekayaan pengetahuan nusantara, Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi DKI Jakarta mempersembahkan buku antologi kumpulan ciri-ciri etnis nusantara di Aula PDS HB Jassin, Jakarta, pada Selasa, 22 Oktober 2024.

Dijelaskan, kumpulan buku antologi ciri khas etnik Indonesia ini merupakan hasil kolaborasi komunitas Santri Nulis dan platform penulisan SukaNulis.

Kumpulan buku antologi ini memuat karya-karya para tokoh pendidikan dan pelajar pesantren muslim serta diharapkan dapat meningkatkan kesadaran para penulis muda akan pentingnya melestarikan teks-teks etnik nusantara yang unik.

Bersamaan dengan kegiatan tersebut, diperkenalkan pula majalah Karya Jakarta yang disingkat Kata yang membahas informasi terkini terkait naskah etnik Indonesia, perpustakaan, kearsipan, dan literasi.

Kolom-kolom tersebut meliputi kolom utama, kegiatan literasi, tokoh literasi, karya cetak dan rekaman, rekomendasi buku dan tempat membaca, sasaran pembacanya adalah masyarakat umum Jakarta, pemerintah daerah, akademisi, komunitas dan penggiat literasi.

Dalam sambutannya, Kepala Perpustakaan dan Arsip Provinsi DKI Jakarta Firmansyah, M.Pd berharap peluncuran kedua karya ini dapat meningkatkan kesadaran dan minat membaca masyarakat. 

Hal ini sejalan dengan upaya peningkatan keterlibatan masyarakat dalam pelestarian naskah Indonesia, karya sastra lokal, dan perpustakaan agar Indeks Perkembangan Literasi Masyarakat DKI Jakarta terus meningkat, kata Firmancia.

Firmancia juga menegaskan bahwa majalah Kata dapat menjadi wadah ilmu pengetahuan dan UU 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan, UU 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan dan UU Nomor 13 Tahun 2018 tentang Ratifikasi dan Perlindungan Konvensi. Ekspresi budaya keberagaman,” tutupnya.

Kumpulan antologi dan jurnal ciri khas etnik nusantara ini dapat diakses secara offline di perpustakaan Jakarta.

Akses digital terhadap kedua karya tersebut juga tersedia melalui Jaklitera dan website Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *