Minat Investor Muda Meningkat, InvestasiIN Ramaikan Persaingan Aplikasi Reksa Dana Online

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Jumlah investor di pasar modal Indonesia terus menunjukkan tren peningkatan dari tahun ke tahun, ditandai dengan semakin banyaknya generasi Z yang berminat menjadi investor.

Berdasarkan data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), jumlah investor di pasar modal Indonesia per Januari 2024 mencapai 12,3 juta investor.

Dari jumlah tersebut, hampir 80 persen investornya berasal dari generasi muda di bawah usia 40 tahun, yaitu generasi Milenial dan Generasi Z. Pangsa kedua generasi ini mencapai 70 persen dan merupakan yang terbesar dibandingkan beberapa kelompok umur lainnya.

Selain itu, generasi muda menunjukkan kepedulian yang besar terhadap masalah sosial dan lingkungan.

Berdasarkan data terbaru Laporan Gen Z Indonesia 2024, Generasi Z di Indonesia semakin sadar akan pentingnya menjaga lingkungan.

Sebanyak 92 persen dari mereka percaya bahwa pemerintah dan perusahaan harus mengambil langkah nyata untuk menghadapi perubahan iklim, dan 82 persen menyatakan kesediaan mereka untuk membayar lebih untuk produk atau layanan ramah lingkungan.

Selain itu, Generasi Z juga menunjukkan perubahan gaya hidup yang nyata dengan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, meningkatkan penggunaan transportasi umum, dan beralih ke energi yang lebih hemat.

Para pelaku industri di ekosistem pasar modal pun mencermati tren tersebut dan berupaya beradaptasi dengan menyediakan aplikasi-aplikasi yang dapat mendorong mereka berinvestasi lebih dalam di pasar modal serta menarik minat calon investor muda lainnya.

Insight Investments Management (Insight Investments) memperkenalkan aplikasi Reksa Dana Online InvestasiIN (RDO). Aplikasi ini merupakan inovasi yang memungkinkan investor untuk berinvestasi dan berkontribusi pada program Peduli di setiap reksa dana milik investor.

Direktur Manajemen Investasi Insight Ria M. Varganda mengatakan, aplikasi InvestasiIN dirancang untuk merespons dua tren terkini, yaitu tren peningkatan jumlah investor reksa dana, termasuk generasi milenial dan Gen Z, serta tren meningkatnya kepedulian generasi muda terhadap isu sosial dan lingkungan.

“Dengan fitur yang memungkinkan pemilihan reksa dana berdasarkan kontribusi sosial, kami berharap dapat memberikan kesempatan kepada investor untuk berinvestasi secara bermakna, sesuai dengan nilai-nilainya,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang dikutip Rabu, 28 Agustus 2024.

Ia menjelaskan, aplikasi ini dibuat untuk memudahkan para investor, termasuk generasi muda, dalam mengelola investasinya. Aplikasi ini akan menyediakan beragam pilihan reksa dana antara lain reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana saham, dan reksa dana lindung nilai yang dapat dipilih sesuai kebutuhan dan preferensi investasi.

Salah satu keunikannya adalah integrasinya dengan program Peduli, yang memungkinkan investor memilih produk reksa dana berdasarkan tema yang didukungnya, seperti pemberdayaan masyarakat, pendidikan dan budaya, sosial kemanusiaan, kesehatan, sosial agama dan lingkungan hidup serta sumber energi terbarukan. .

Selain itu, antarmuka pengguna aplikasi memudahkan pengguna untuk menavigasi dan mengelola portofolio investasi mereka, bahkan bagi mereka yang baru memulai atau investor pemula.

“Fitur-fitur yang kami tawarkan pada aplikasi InvestasiIN dirancang untuk memberikan pengalaman berinvestasi yang lengkap dan bermakna. Kami ingin para investor, khususnya generasi muda, mampu mengambil keputusan investasi yang tidak hanya menguntungkan secara finansial, tetapi juga memberikan dampak positif bagi masyarakat,” kata Ria. Ada puluhan aplikasi reksa dana online

Insight Investments Management bukan satu-satunya perusahaan yang menawarkan aplikasi reksa dana.

Tribunnews mencatat, ada 11 perusahaan lain yang juga menyediakan aplikasi pembelian reksa dana. 11 perusahaan/aplikasi tersebut adalah Ajaib, Bareksa, Bukareksa, Tanamduit, Investree, Bibit, Danareksa, IPOT, SPOT, MotionTrade dan Makmur.

Investree merupakan aplikasi reksa dana yang fokus pada pembiayaan peer-to-peer (P2P) dan pembiayaan modal ventura (PMU) merupakan salah satu aplikasi reksa dana terbaik di Indonesia, khususnya bagi investor pemula yang ingin mulai berinvestasi di reksa dana. .

Sedangkan Tanamduit merupakan aplikasi reksa dana yang menawarkan beragam produk reksa dana dari berbagai manajer investasi papan atas di Indonesia. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur lengkap seperti manajemen portofolio, analisis kinerja reksa dana,

Aplikasi Danareksa juga menawarkan berbagai fitur seperti perencanaan keuangan, pelacakan portofolio, dan informasi terkait reksa dana.

Laporan Wartawan : Dina Mirayanti Hutauruk | Sumber: Tembolok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *