Jenis Rudal yang Digunakan Iran dalam Operasi Janji Sejati II Melawan Israel: Ghadr, Emad dan Fattah

TRIBUNNEWS.COM – Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) Iran menembakkan ratusan rudal ke posisi tentara Israel di wilayah pendudukan pada Selasa malam (10/1/2024).

Tindakan tersebut sebagai respons terhadap serangkaian serangan Israel yang menewaskan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh, pemimpin Hizbullah Sayed Hassan Nasrallah dan lainnya

Rudal yang digunakan dalam operasi tersebut antara lain rudal Hadr dan Emad, serta rudal hipersonik Fattah terbaru.

Iran mengklaim bahwa 90 persen rudalnya mencapai sasarannya.

Operasi yang diberi nama Operasi Janji Sejati-II atau Operasi Janji Sejati II ini berlangsung selama beberapa jam.

Gambar itu beredar di media sosial. Ini mengungkapkan pemukim Israel yang panik bersembunyi di tempat perlindungan bawah tanah. sementara roket menyerang wilayah pendudukan.

Belum ada kematian yang dilaporkan.

Namun menurut laporan media Israel Serangan roket menyebabkan kerusakan besar pada fasilitas militer dan intelijen penting di wilayah pendudukan.

Menurut PressTV, Iran menggunakan jenis rudal berikut dalam operasi ini: rudal Ghadr dan rudal Emad Qadr selama parade militer tahun lalu (Press TV).

Keluarga rudal Ghadr, yang diluncurkan pada tahun 2005, merupakan versi perbaikan dari rudal jarak menengah Shahab-3.

Shahab-3 telah digunakan oleh militer Iran sejak tahun 2003.

“Hadr” adalah roket dua tahap dengan bahan bakar cair tahap pertama dan bahan bakar padat tahap kedua.

Ada tiga jenis Ghadr: Ghadr-S dengan jangkauan 1.350 km, Ghadr-H dengan jangkauan 1.650 km, dan Ghadr-F dengan jangkauan 1.950 km.

Panjang rudal Ghadr 15,86 hingga 16,58 meter, diameter lambung 1,25 meter, berat total 15 hingga 17,5 ton.

Gadr lebih panjang dari Shahab-3, sehingga memungkinkannya membawa tambahan 1.300-1.500 kilogram bahan bakar, sehingga mesin dapat bekerja selama sepuluh detik atau lebih.

Untuk mengimbangi peningkatan massa roket Oleh karena itu, rangka roket dibuat menggunakan komponen paduan aluminium yang lebih ringan. Hal ini mengurangi bobot inersia sekitar 600 kilogram dibandingkan dengan model yang seluruhnya terbuat dari baja.

Massa hulu ledak juga dikurangi dari 1.000 menjadi 650 kilogram, sehingga meningkatkan jangkauan rudal dari 1.200 menjadi hampir 2.000 kilometer.

Rudal Ghadr memiliki hulu ledak yang dirancang seperti “botol susu” yang meningkatkan aerodinamis dan akurasi.

Hulu ledak yang didesain ulang dikombinasikan dengan sistem navigasi yang lebih canggih mengurangi kemungkinan kesalahan melingkar (CEP) dari 2.500 menjadi 100-300 meter.

Sedangkan rudal Emad merupakan versi perbaikan dari rudal Ghadr dengan panduan dan akurasi yang lebih baik.

Emad diuji dan diterapkan pada akhir tahun 2015.

Rudal tersebut memiliki hulu ledak bermanuver yang dirancang baru dan bulu di pangkalan yang memungkinkannya bernavigasi menuju sasarannya setelah memasuki atmosfer.

Menurut militer Iran Rudal tersebut dapat dipandu dan dikendalikan hingga mencapai titik tumbukan. Menjadikannya rudal berpemandu presisi pertama Iran.

Rudal Emad beroperasi dengan bahan bakar cair, memiliki panjang 15,5 meter, massa 1.750 kilogram, jangkauan terbang 1.700 kilometer dan CEP 50 meter Rudal hipersonik Fattah diperlihatkan pada parade militer tahun lalu (). tekan TV)

Rudal hipersonik Fattah-1 diluncurkan pada Juni lalu pada sebuah upacara yang dihadiri oleh mendiang Presiden Ibrahim Raisi, Ketua IRGC Mayor Jenderal Hossein Salami dan Brigadir Jenderal Amir Ali Hajizadeh, Komandan Pasukan Dirgantara IRGC.

Ayatollah Syed Ali Khamenei, Pemimpin Revolusi Islam Dinamakan Fattah (berarti “pembuka”), ini adalah peluru kendali presisi dua tahap yang menggunakan bahan bakar padat.

Dengan jangkauan yang diklaim mencapai 1.400 km, Fattah-1 tergolong rudal balistik jarak menengah yang mampu menghantam Zionis dari seluruh penjuru Iran barat.

Kecepatan terminal berkisar antara 13 hingga 15 Mach (16.000-18.500 kilometer per jam), yaitu tiga kali batas bawah kecepatan supersonik (Mach 5).

Kecepatan ini bila dikombinasikan dengan nosel yang dapat digerakkan Hal ini memungkinkan rudal untuk melakukan perjalanan ke segala arah baik di dalam maupun di luar atmosfer bumi. Hal ini membuatnya tahan terhadap intersepsi oleh semua sistem anti-rudal yang ada.

Ciri-ciri utama rudal canggih ini antara lain: mesin roket canggih bahan suhu tinggi dan sistem navigasi yang kompleks

Jenderal Hajisade mengatakan rudal tersebut lulus semua uji tanpa masalah.

Menurutnya, produksi Fattah-1 mewakili “lompatan besar ke depan” dalam industri rudal Iran.

Sebelum Iran, hanya Rusia, Tiongkok, dan India yang menguasai teknologi produksi rudal hipersonik operasional. dan Korea Utara menyusul kemudian.

Pada bulan November tahun lalu Iran telah menghadirkan model Fattah-2 yang ditingkatkan.

Meski tahap pertama tetap sama. Namun tahap kedua memiliki desain hulu ledak yang berbeda.

Penguat bahan bakar padat Fattah-2 memiliki hulu ledak glider. Sehingga terciptalah klasifikasi baru di bidangnya: pesawat layang jelajah hipersonik (HCGV).

Fattah-2 memiliki jangkauan 1.400 kilometer, panjang sekitar 12 meter dan berat hingga 4.100 kilogram.

Pada saat yang sama Tahap kedua berbobot 500 kilogram, dimana 200 kilogram di antaranya merupakan bahan peledak serangan rudal Iran ke Israel pada 1 Oktober 2024.

Iran menembakkan ratusan roket ke wilayah pendudukan Israel pada Senin (10 Oktober 2024) malam waktu setempat.

Rincian pasti dari operasi Iran masih belum jelas. Namun Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Rudal-rudal tersebut ditujukan pada sasaran-sasaran penting militer dan keamanan di Israel. Al Jazeera melaporkan

IRGC kemudian mengatakan hal itu Serangan tersebut secara khusus menargetkan tiga pangkalan militer di kawasan Tel Aviv.

Militer Israel mengatakan mereka telah mencegat 180 rudal yang ditembakkan oleh Iran, tetapi ada serangan di Israel tengah dan selatan.

Sementara itu, IRGC menyatakan 90 persen peluru yang ditembakkan mengenai sasarannya.

Jake Sullivan, Penasihat Keamanan Nasional AS kata Angkatan Darat AS “Berkoordinasi erat” dengan militer Israel dalam peluncuran rudal tersebut, katanya.

“Penghancur Angkatan Laut Amerika Serikat Bergabung dengan Korps Pertahanan Udara Israel. dengan meluncurkan pencegat untuk menembak jatuh rudal yang masuk,” kata Sullivan kepada wartawan di Gedung Putih.

Sullivan mengatakan tidak ada laporan kematian di Israel: “Kesimpulannya, berdasarkan apa yang kami ketahui saat ini, serangan ini tampaknya telah berhasil dikalahkan dan tidak efektif,” katanya.

(Tribunnews.com, Tiara Chelawi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *