Kunci Jawaban Post Test Pembelajaran Sosial Emosional PSE -1 PPG 2024: Anda Datang ke Sekolah

TRIBUNNEWS.COM Inilah Kunci Jawaban Modul PSE 2024 PSE – 1 Posttest Pembelajaran Sosial Emosional dengan Latihan Pemahaman.

Post-test PSE-1 menanyakan apakah Anda harus datang ke sekolah terlambat setengah jam karena harus mengantar anak Anda ke dokter. Anda sebenarnya sudah mencoba mengantarkannya lebih awal, namun ternyata Anda masih terlambat. Salah satu alasannya adalah kelas Anda mempunyai peraturan bahwa keterlambatan 15 menit dapat diterima. Sebagai guru kelas, apa yang akan Anda lakukan jika dihadapkan pada situasi seperti itu?

Pada post-test PSE-1 PPG 2024, guru diminta menjawab 5 soal pada latihan pemahaman modul.

Soal post test PSE-1 muncul di platform Merdeka Mengajar (PMM) pada saat guru menyelesaikan Pelatihan Profesi Guru (PPG) 2024).

Di bawah ini adalah soal dan jawaban lengkap Posttest Pembelajaran Sosial Emosional PSE-1 PPG 2024. Kunci Jawaban Posttest Pembelajaran Sosial Emosional PSE-1 PPG 2024.

1. Anda terlambat sampai di sekolah setengah jam karena harus mengantar anak Anda ke dokter. Anda sebenarnya sudah mencoba mengantarkannya lebih awal, namun ternyata Anda masih terlambat. Salah satu alasannya adalah kelas Anda mempunyai peraturan bahwa keterlambatan 15 menit dapat diterima. Sebagai guru kelas, apa yang akan Anda lakukan jika dihadapkan pada situasi seperti itu? Minta maaf dan negosiasikan konsekuensinya dengan siswa. Minta maaf, jelaskan alasannya kepada siswa di kelas. Mencoba menjelaskan kepada siswa alasan keterlambatan saya. variasi

Tanggapan kunci: Meminta maaf dan membuat kesepakatan konsekuensi dengan siswa.

2. Kepala sekolah menugaskan Anda untuk mengikuti lomba penulisan makalah penelitian dan Anda mendaftar pada acara tersebut. Karena banyaknya pekerjaan administrasi sekolah yang harus diselesaikan, Anda hanya menulis artikel di hari terakhir. Hasilnya cukup mengecewakan karena tidak memenangi balapan. Sebagai satu-satunya guru yang mengikuti kompetisi, apa yang akan Anda lakukan? Saya akan menuliskan semua tugas agar tidak ada yang terlupa. Saya akui hal ini disebabkan oleh ketidakmampuan mengatur waktu. Cobalah untuk menemukan titik lemah dalam artikel saya, meskipun saya tidak dapat menemukannya. Mohon pengertiannya bahwa saya seharusnya menolak permintaan sutradara. Sejak awal, saya menilai panitia kurang adil dalam menilai kompetisi.

Jawaban kunci: Tuliskan semua tugas agar tidak melupakan sesuatu yang baru

3. Untuk mewujudkan sekolah ramah anak, kepala sekolah meminta anda melakukan pendataan tentang kebahagiaan siswa sekolah tersebut. Anda juga mensurvei semua orang di sekolah dan mendapatkan banyak data. Anda hanya bingung melacak data. Sebagai guru yang ditugaskan sebagai koordinator, kegiatan apa yang Anda prioritaskan? Pahami bahwa data harus ditafsirkan. Analisis data survei. Pengumpulan data awal dari kepala sekolah. Cobalah untuk melakukan penilaian sebaik mungkin. Undanglah guru lain untuk mendiskusikan hasil survei.

Kunci Jawaban: Undanglah guru lain untuk mendiskusikan hasil survei.

4. Anda ingin mengubah tata letak kelas dengan mempertimbangkan pendapat siswa. Para siswa dengan antusias menyampaikan saran dan pendapatnya. Anda sangat mengapresiasinya, namun Anda menyadari bahwa gagasan siswa tidak sesuai dengan yang Anda harapkan. Sebagai guru kelas, tindakan apa yang Anda ambil? Cobalah untuk mengevaluasi hasil pemikiran siswa, meskipun mereka merasa tidak puas. Mintalah siswa mengevaluasi ide-ide mereka. Pahami bahwa gagasan siswa harus dihormati meskipun masih kurang tepat. Terus gunakan desain tata ruang siswa untuk menilainya. Segera ganti tata ruang kelas berdasarkan saran siswa

Kunci Jawaban : Evaluasi ide siswa bersama mereka.

5. Hari ini, sebelum berangkat sekolah, kamu sedang berkonflik dengan pasanganmu, akibatnya suasana hatimu sedang buruk. Anda sebenarnya tidak ingin bertemu banyak orang, tetapi siswa Anda sudah menunggu Anda di kelas. Jika Anda dihadapkan pada situasi seperti ini, apa yang akan Anda lakukan sebagai guru kelas? Mengosongkan jam pelajaran daripada tidak bisa mengendalikan emosi marah di kelas. Pahami bahwa saya perlu memiliki kendali yang baik atas emosi saya. Cobalah untuk tetap tersenyum, meskipun itu sulit. Lanjutkan untuk menyapa setiap siswa dengan namanya dan tanyakan bagaimana kabar mereka. Lupakan konflik dan masalah sementara. Kegiatan pendidikan dibuka dengan kehangatan

Kunci Jawaban: Lupakan konflik waktu dan buka kegiatan belajar dengan penuh kehangatan.

*) Disclaimer: Jawablah pertanyaan setelah tes untuk melatih pemahaman Anda terhadap modul PSE-1. Artikel ini hanya diperuntukkan bagi guru yang sedang menjalani PPG Daljab 2024 untuk bekerja di PMM.

Urutan pertanyaan dan jawaban bisa acak.

(Tribunnews.com/Sri Juliati)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *