CATL Produksi Baterai Mobil Hybrid, Jarak Tempuh Lebih Panjang Ketimbang EV

Laporan jurnalis Tribunnews.com Lita Febriani 

TRIBUNNEWS.COM – Produsen aki mobil asal China, CATL, telah merilis aki khusus untuk mobil hybrid baru yang mampu bersaing dengan kendaraan listrik murni dalam hal jarak tempuh.

Baterai Super Hybrid Freevoy CATL mampu menempuh jarak lebih dari 400 kilometer, mengalahkan kendaraan listrik Fiat 500e dan Mini Countryman SE.

Model plug-in hybrid (PHEV) dari Chery, GAC dan Geely kemungkinan akan menggunakan baterai CATL baru mulai tahun depan, menurut Carscoop.

Baterai hybrid plug-in khusus ini sering disebut sebagai batu loncatan menuju kendaraan listrik karena biasanya hanya memiliki jangkauan sekitar 30-40 mil. Ini cukup untuk perjalanan singkat.

Selain itu, baterai lama masih mengandalkan efisiensi motor tradisional, sehingga memberikan banyak hal yang diinginkan konsumen yang mencari kebebasan menggunakan listrik.

Dengan jangkauan baterai 400 km untuk model PHEV, angka tersebut sejalan dengan rating EPA untuk Audi e-tron GT dan lebih baik dibandingkan beberapa versi Audi Q4 e-tron dan BMW i4. Angka ini juga mengalahkan angka EPA untuk Fiat 500e, serta varian Ford Mustang Mach-E dan F-150 Lightning.

CATL mengklaim selain jangkauannya meningkat secara signifikan, ia juga mendukung pengisian daya 4C super cepat.

Artinya, berhenti cepat selama 10 menit dapat menempuh jarak lebih dari 280 km, yang berarti pemilik kendaraan EREV dan PHEV tidak perlu khawatir.

Keajaiban Freevoy terletak pada material canggih dan kimia canggih. Menurut CATL, desain baterai menggunakan teknologi modifikasi permukaan bahan katoda yang dikombinasikan dengan formula elektrolit tegangan tinggi yang inovatif untuk menciptakan lapisan nano pelindung.

Ini secara efektif membatasi reaksi samping pada lapisan aktif.

Dimasukkannya partikel dengan aktivitas tinggi dan keadaan tereksitasi dalam material katoda secara signifikan meningkatkan efisiensi transpor ion litium dalam material.

Dengan menggunakan model SOC full-scene CATL yang presisi serta algoritme dan perangkat keras BMS cerdas yang canggih, akurasi kontrol Freevoy SOC meningkat sebesar 40 persen dan pemanfaatan listrik bersih secara keseluruhan meningkat lebih dari 10 persen. , mencapai jangkauan listrik yang lebih besar yaitu 400 km.

Freevoy menggabungkan teknologi baterai natrium-ion dengan desain elektroda lapisan multi-gradien.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *