Prabowo Disebut Bakal Boyong Kader PDIP Masuk Kabinet, Pengamat Singgung Posisi Jokowi

Reporter Tribun News.com, Reza Denny melaporkan

Tribun News.com, Jakarta – CEO Trice Politica Strategies Agung Baskoro menjelaskan sikap Presiden Joko Widodo yang meminta Presiden terpilih Prabowo Subiano mendatangkan petinggi PDIP untuk bergabung dalam Kabinet pemerintahannya.

Menurutnya, tidak ada yang salah dengan tindakan yang dilakukan Prabowo.

“Secara pribadi, tidak ada masalah antara Presiden Jokowi dan Presiden terpilih Prabowo. Selain itu, proses transisi eksekutif berjalan dengan baik,” kata Agung kepada Tribun News.com, Rabu (9/10/2024).

Meski demikian, Agung menilai secara institusional, Prabowo menginginkan transisi yang seimbang di legislatif.

Agung mengatakan keseimbangan itu bisa dicapai dengan memasukkan komponen PDIP ke dalam kabinet.

“PDIP adalah juara pada pemilu kemarin, makanya logika penyeimbang yang dimasukkan Prabowo ke dalam kabinetnya adalah PDIP,” ujarnya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Garindra Ahmad Muzani memastikan Partai PDI Perjuangan (PDIP) akan direkrut menjadi menteri di kabinet Prabowo Subianto, Presiden RI terpilih 2024. . 

Pernyataan itu dilontarkan Muzani saat ditanya soal kemungkinan kubu PDIP masuk kabinet Prabowo. Pihak-pihak terdekat Prabowo meminta masyarakat bersabar menunggu putusan.

Tunggu, tunggu, tunggu, Insya Allah ada, kata Mzani, Rabu (9/10/2024) di Kompleks Parlemen, Senan, Jakarta Pusat.

Di sisi lain, Muzani juga membeberkan kemungkinan pertemuan antara Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Prabowo. Dia memastikan keduanya akan bertemu.

Insya Allah akan terjadi. Cocokkan saja waktunya, nanti tahu, jelasnya.

Dia memastikan pertemuan keduanya masih dalam pertimbangan. Nantinya, Prabowo-Megawati bisa bertemu sebelum atau sesudah pelantikan Prabowo sebagai Presiden terpilih RI.

“Belum tahu, nanti diatur waktunya. Lebih cepat lebih baik,” tutupnya.

Ada nama-nama partai PDIP yang disetujui masuk dalam kabinet Prabowo. Itulah manpan RB, Azwar Anas yang juga merupakan kader PDIP.

Selain itu, ada tokoh terkait PDIP yang disebut-sebut akan bergabung di Kabinet Prabowo. Dia adalah Kepala Badan Intelijen Negara (BIN).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *