Hasil Debat Pilpres AS 2024: Donald Trump Raup 67 Persen Suara, Kalahkan Joe Biden

Laporan reporter Tribunnews.com Namira Junia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM WASHINGTON – Donald Trump memenangkan debat presiden AS dengan selisih dua banding satu atas saingan utamanya Joe Biden.

Enam puluh tujuh persen pengamat politik AS berpendapat Donald Trump tampil baik dalam debat presiden Kamis malam (27/6/2024) setelah memenangkan pembelaan Joe Biden, menurut jajak pendapat singkat CNN International. .

Hasil tersebut konsisten dengan jajak pendapat sebelum debat di mana 55 persen masyarakat berpendapat Trump bisa mengungguli lawannya, Biden.

“67 persen pengamat memperkirakan Trump akan tampil lebih baik dibandingkan Joe Biden yang memperoleh hasil terbaik dengan perolehan 33 persen suara,” jelas pengamat Amerika tersebut.

Survei tersebut dilakukan terhadap 565 pemilih terdaftar yang mengikuti debat presiden AS melalui pesan teks. Responden dipilih melalui survei terhadap anggota SSRS Opinion Group, sebuah panel perwakilan nasional yang direkrut menggunakan metode sampling probabilitas.

Harap dicatat: Karena ini adalah jajak pendapat yang dilakukan oleh para pengamat debat dan bukan seluruh pemilih, hasil jajak pendapat ini tidak serta merta mencerminkan opini publik yang lebih luas.

Selain jajak pendapat CNN, Pemimpin Mayoritas DPR Steve Scalise juga mengatakan Trump memenangkan debat malam ini. Di saat yang sama, kata dia, Biden tampil buruk dalam debat kemarin.

Meski Trump telah melontarkan pernyataan aneh dan sejumlah kebohongan. Namun, kelemahan Biden semakin terlihat ketika Biden berulang kali tergagap dalam menjawab pertanyaan.

Apalagi Biden juga terdiam di belakang podium, mulutnya terbuka, matanya terbuka lebar dan tanpa berkedip lama.

Kepanikan di Partai Demokrat semakin nyata ketika Biden mulai berbicara dengan suara agak serak. Beberapa menit setelah perdebatan berlangsung, ia kesulitan untuk memberikan pembelaan yang efektif terhadap perekonomian dan gagal menjelaskan inisiatif utama layanan kesehatannya untuk terpilih kembali.

Biden diyakini tidak berusaha menyerang Trump. Alih-alih mengeluh tentang data dan program, dia kini secara pribadi menyerang Trump karena keterlibatannya di dalamnya.

“Biden sudah tamat,” kata Jay Surdukowski, seorang pengacara New Hampshire dan aktivis Demokrat. Dia ikut memimpin kampanye kepresidenan mantan Gubernur Maryland Martin O’Malley tahun 2016 di negara bagian tersebut. Biden mengaku kinerjanya menurun

Usai debat, Biden mengaku usianya sudah tidak muda sehingga sulit menyikapi perdebatan tersebut. Ia pun tak memungkiri, performanya pada debat terakhir tidak sebaik sebelumnya.

“Saya tahu bahwa saya tidak lagi muda. Saya tidak berjalan semudah dulu. Saya tidak berbicara sebaik dulu. Saya tidak berdebat seperti dulu. Tapi aku tahu bahwa aku tahu. “,” kata Biden.

Tim Biden juga melakukan pembelaan, dengan cepat membela kinerja presiden. Dalam pidatonya, mereka menyatakan bahwa Biden saat ini tidak sehat karena flu (dan karena hasil tesnya negatif Covid-19).

Meskipun Biden tidak tampil baik dalam debat presiden AS, juru bicara kampanye Biden Seth Shuster menegaskan setelah debat dengan Trump bahwa Joe Biden tidak akan meninggalkan pemilihan presiden AS 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *