Mabes TNI Siapkan Pengamanan Pelantikan Prabowo-Gibran, Satuan dari Tiga Matra Dikerahkan

Laporan reporter Tribunnews.com Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Mabes TNI menyatakan kini telah melakukan berbagai persiapan menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih periode 2024 – 2029 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka pada 20 Oktober 2024.

Kepala Pusat Penerangan TNI (Kapuspen) Mayjen TNI Hariyanto mengatakan, secara umum TNI telah menyiapkan rencana pengamanan menyeluruh yang melibatkan berbagai kelompok sesuai kebutuhan keamanan acara. 

Demi keamanan, kata dia, TNI bekerja sama dengan kepolisian dan instansi terkait memastikan seluruh satuan pengamanan terkoordinasi dengan baik. 

Ia mengatakan, proyek tersebut meliputi pemeliharaan kawasan sekitar lokasi peresmian, serta pengaturan arus lalu lintas dan akses masyarakat.

TNI Angkatan Darat, Laut, dan Udara akan memanfaatkan peran satuan TNI. Masing-masing satuan akan mempunyai peran tertentu seperti penjagaan, persembunyian, dan perlindungan VIP untuk menjaga keamanan saat pelantikan, kata Hariyanto saat disapa Tribunnews. . .com pada Kamis (10/10/2024).

Selain itu, kata dia, pihaknya juga menyiapkan langkah preventif untuk mencegah kemungkinan terjadinya gangguan. 

Pembatasan ini, kata dia, mencakup pengawasan ketat di wilayah tertentu.

Menurut dia, TNI juga meminta seluruh masyarakat bersikap tenang dan bijaksana dalam menyikapi situasi ini.

Ia juga meminta semua pihak bahu-membahu menjaga suasana positif dan aman selama pelantikan.

Melalui langkah persiapan tersebut, TNI berkomitmen menjaga keamanan dan ketertiban pada pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, ujarnya.

Rencananya pelantikan Presiden dan Wakil Presiden masa jabatan 2024 – 2029 akan digelar di gedung DPR-MPR RI, Senayan, Jakarta pada Minggu (20/10/2024) pukul 10.00 WIB.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *