Legislator Komisi I DPR Dave Laksono Ungkap Manfaat Kerja Sama Indonesia dengan BRICS

Laporan reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Anggota Komisi DPR RI Dave Laksono menjelaskan aliansi BRICS dengan Brazil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan yang awalnya dianggap sebagai basis kerja sama ekonomi, telah berkembang. menjadi kekuatan yang besar. satu hal.

Selain itu, BRICS juga diharapkan dapat mendorong perubahan sistem energi global dari pola energi tradisional dan mengantarkan era baru kerja sama internasional di tingkat global. 

Dave mengatakan meskipun Indonesia masih menjajaki dan mempertimbangkan keikutsertaannya untuk menjadi anggota BRICS, namun Indonesia dapat memperoleh manfaat dari perdagangan dan investasi dengan negara-negara BRICS dalam banyak hal. 

“Dengan bekerja sama dengan BRICS, Indonesia dapat mendiversifikasi mitra dagangnya, mengurangi ketergantungan pada pasar tradisional dan menyebarkan risiko ekonomi, memberikan Indonesia akses ke pasar ekspor baru, dan menarik investasi di sektor-sektor utama Indonesia, termasuk infrastruktur, manufaktur dan jasa, guna meningkatkan perekonomian Indonesia. perekonomian,” kata Dave saat memberikan pidato pada Konferensi Internasional BRICS dan Negara Mitra “Berbagai Dunia”, di Vladivostok, Rusia, ditulis Rabu (19/6/2024).

Selain itu, lanjut Dave, Indonesia memiliki tujuan yang sama dengan BRICS, seperti menciptakan sistem perekonomian global yang lebih baik dan mengurangi ketergantungan pada kekuatan ekonomi tradisional. 

“Sebagai bagian dari ASEAN, Indonesia dapat memainkan peran penting dalam memperkuat hubungan Asia Tenggara dan BRICS,” ujarnya. 

Ketua Komite Hubungan Luar Negeri Partai Golkar ini juga mengatakan, Indonesia dapat memanfaatkan pengaruh diplomasinya di ASEAN untuk mendorong hubungan dan kerja sama yang lebih erat dengan negara-negara BRICS. 

“Dengan mendorong integrasi ekonomi antara ASEAN dan BRICS, Indonesia dapat membantu membangun hubungan strategis yang berfokus pada kepentingan seperti pembangunan berkelanjutan, keamanan energi, dan transformasi digital, serta memperkuat hubungan antara Asia Tenggara dan BRICS, sehingga berkontribusi terhadap stabilitas kawasan dan BRICS. kemakmuran, dan BRICS mampu mempererat hubungan ASEAN dan BRICS” ujarnya

Dave juga menyampaikan undangan Partai Golkar kepada partai politik internasional untuk berpartisipasi dalam konferensi partai politik internasional dalam rangka HUT ke-60 Golkar yang akan digelar di Jakarta pada September mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *