Kunci Jawaban 18 Soal Tes Akhir Paket Modul 2 Guru Penggerak

TRIBUNNEWS.COM – Inilah kunci jawaban paket kelulusan ujian Modul Guru Penggerak 2 yang berisi 18 soal pilihan ganda.

Guru Pendidikan Guru Mengemudi (PGP) Kelas 11 2024 dapat menggunakan kunci jawaban di bawah ini sebagai panduan untuk menjawab soal-soal ujian akhir Paket Aktivasi Guru Modul 2.

Salah satu pertanyaan dalam penilaian akhir Modul 2 paket integrasi guru adalah definisi manakah yang paling tepat untuk pendidikan beragam?

Sesuai jadwal, ujian akhir modul calon guru (CPG) Paket 2 dapat diambil pada Jumat (10/04/2024).

Untuk lebih lengkapnya berikut adalah kunci soal dan jawaban Modul 2 paket ujian akhir. Paket Ujian Akhir Instruktur Mengemudi 2 Modul Soal dan Kunci Jawaban.

1. Definisi manakah yang paling tepat untuk pengajaran yang dibedakan? Pengajaran berdiferensiasi dilaksanakan dengan tujuan untuk menyesuaikan proses pendidikan di kelas dengan kebutuhan pendidikan setiap siswa. Pembelajaran yang berdiferensiasi seharusnya menjadi jawaban atas permasalahan yang muncul dalam pendidikan. Pembelajaran berdiferensiasi dapat dilaksanakan setelah guru mempelajari semua yang disediakan oleh standar kurikulum. Mata kuliah yang berbeda dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan siswa dengan tingkat pemahaman “tinggi” dan “rendah”. Pembelajaran yang terdiferensiasi menuntut guru untuk mencocokkan standar kurikulum dengan tingkat kualifikasi siswa. Kunci Jawaban: Pembelajaran berdiferensiasi dilakukan dalam rangka menyesuaikan proses pendidikan di kelas dengan kebutuhan pendidikan setiap siswa.

2. Perhatikan beberapa pernyataan tentang aktivitas guru di kelas di bawah ini: guru menggunakan berbagai sumber pengajaran, guru menggunakan metode yang berbeda-beda dalam mengelompokkan siswa.  Guru menggunakan berbagai bahan ajar. guru memberikan tugas lebih banyak kepada siswa yang kemampuannya “lebih tinggi”. Guru meminta siswa menunjukkan pemahaman dengan satu cara. 

Berdasarkan pernyataan di atas maka strategi pengajaran lain yang sesuai digunakan guru adalah:… 1, 2 dan 5 2, 3 dan 4 1,3 dan 5 3,4 dan 5 1,2 dan 3 Kunci Jawaban : 1, 2 dan 3

3. Guru mempunyai 25 siswa. Tujuan pembelajaran lain yang ingin dicapai siswa adalah memahami ciri-ciri makhluk hidup.

Manakah dari tugas berikut yang menunjukkan bahwa Anda dapat membedakan suatu objek? Mintalah beberapa siswa untuk membaca bukunya sendiri, beberapa menonton videonya, beberapa melihat poster besar dan mendiskusikannya. Secara khusus, 2 orang siswa mendapat penjelasan langsung dari gurunya. Mintalah beberapa siswa untuk menggambar poster dan yang lain untuk mengungkapkan kekuatan tentang sifat-sifat makhluk hidup untuk memperjelas pemahaman mereka. memberikan tugas akhir kepada siswa menggambar makhluk hidup, atau membuat gambar bergerak makhluk hidup, atau mencari artikel tentang makhluk hidup. memberikan kesempatan kepada siswa untuk membuat diagram Venn untuk membedakan ciri-ciri makhluk hidup dan benda mati. Mintalah siswa memilih apakah akan bekerja secara individu atau kelompok untuk menjawab pertanyaan pilihan ganda yang berkaitan dengan sifat-sifat makhluk hidup. Memberikan teks narasi tentang sifat-sifat makhluk hidup dengan berbagai tingkat kerumitan, menyusun materi pendidikan tentang sifat-sifat makhluk hidup dengan cara yang berbeda-beda, menyiapkan penggalan materi tentang sifat-sifat makhluk hidup dalam bentuk yang mudah. Kunci jawaban: menyediakan teks narasi tentang sifat-sifat makhluk hidup dengan tingkat kerumitan yang berbeda-beda, menyusun materi edukasi tentang sifat-sifat makhluk hidup dengan cara yang berbeda-beda, menyiapkan penggalan materi tentang sifat-sifat makhluk hidup secara sederhana.

4. Guru yang menerapkan pengajaran yang berbeda di kelasnya akan melakukan hal berikut: lebih sering menyiapkan tugas tambahan untuk siswa di atas rata-rata dan lebih sedikit menggunakan strategi kerja kelompok. sering menggunakan metode pengajaran kelompok kecil. metode pembelajaran dalam kelompok besar sering digunakan. memberikan bimbingan rutin kepada kelompok-kelompok kecil. Kunci Jawaban : Memberikan instruksi kepada kelompok kecil secara rutin.

5. Pembelajaran sosial dan emosional bagi siswa adalah pembelajaran kolaboratif seluruh warga sekolah yang memungkinkan siswa memperoleh dan menggunakan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang sesuai tentang masalah sosial dan emosional untuk memiliki keterampilan berikut kecuali …. Merasakan dan menunjukkan Empati terhadap orang lain Memahami, menghargai dan mengelola emosi Menetapkan dan mencapai tujuan pembelajaran Membangun dan memelihara hubungan positif Membuat keputusan yang baik Jawaban Saran: Menetapkan dan mencapai tujuan pembelajaran

6. Cara lain untuk meningkatkan pemahaman (rasionalitas) secara utuh adalah…menikmati alur cerita dengan membaca secara cermat, mengingat kesalahan masa lalu, menikmati pemandangan, membiarkan pikiran mengembara, menikmati musik sambil bekerja. , berbagi keluh kesah kepada teman terpercaya lainnya. Kunci Jawaban : Nikmatilah cerita ini dengan membacanya secara seksama

7. Saat belajar IPA kelas VIII di SMP Negeri Ceria, Ibu Astuti mengawasi praktik pengambilan organ pencernaan hewan. Ia aktif berkeliling ke setiap kelompok siswa yang sibuk bekerja dan belajar membedah tubuh hewan. Pada kelompok lain yang berlatih memecahkan katak, seorang siswa bernama Susie tampak cuek dan menjauhi meja latihan. Ia tidak mau aktif karena merasa jijik dan konyol. Bu Astuti mencoba mendekati Susie untuk menenangkannya. Bu Astuti meminta Susie menarik napas dalam-dalam dan memikirkannya. Susie kemudian diminta untuk berusaha membantu tim semaksimal mungkin. Dalam hal pembelajaran sosial emosional, Ibu Astuti membantu mengembangkan keterampilan Susie. Kesadaran Diri Keterampilan Berhubungan Manajemen Diri Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab Kesadaran Sosial Kunci Jawaban: Kesadaran Diri

8. Sekolah swasta mempunyai banyak guru dan murid. Bulan Hala ini, mereka mengadakan acara persiapan kompetisi pada 17 Agustus di daerah setempat. Mereka membuat kendaraan hias, yang kemudian akan mereka tunjukkan kepada peserta pawai. Kelompok pembuatan mobil ini diketuai oleh Pak Sanjaya yang dibantu oleh lima orang guru lainnya. Mereka punya waktu empat hari untuk mendekorasi mobil sekolah. Saat mereka sedang mendekorasi mobil, ada dua orang guru yaitu Pak Ricky dan Nano yang terlibat perkelahian. Semua orang menganggap mendekorasi bagian depan mobil adalah haknya. Keduanya tidak setuju. Kemudian Pak Sanjaya mencoba datang dan memisahkan keduanya serta menahan mereka. Ia mengajak mereka berdiskusi. Agar pekerjaan para kru mendekorasi mobil cepat selesai, Pak Sanjaya memerintahkan salah satu dari mereka untuk pergi dan mendekorasi bagian belakang. Akhirnya Pak. Ricky siap melakukannya. Mengenai pembelajaran sosial-emosional, Pak. Sanjaya membantu memperkuat keterampilan Pak Ricky dan Pak Nano. Pengambilan keputusan yang bertanggung jawab. Kesadaran. Keterampilan hubungan. Kesadaran. Manajemen diri. Kunci Jawaban: Manajemen diri.

9. Pak Nana adalah guru baru yang mengajar kursus bahasa Indonesia. Saat dia hendak mengajar di kelas, dia mendengar beberapa siswa berbicara tentang dia. Ia mengamati bahwa siswa-siswa ini percaya bahwa mereka tidak punya tujuan dalam ujian karena mereka cenderung menunjukkan bias, dan mereka memberi banyak soal yang tidak tercakup sehingga waktu mereka dapat dihabiskan untuk soal tersebut. Jika Anda adalah Pak Nana, apa yang akan Anda lakukan dan mengapa? Bersikaplah cukup tenang untuk memahami dan menerima perasaan yang muncul karena Anda perlu mengakui kesalahan Anda. Cobalah untuk melihat sudut pandang yang lain, kemudian dekati siswa tersebut dan cobalah untuk berhenti berbicara tentang diri Anda untuk mendekati siswa tersebut. Berpikirlah positif, cobalah menjadikan ilmu ini sebagai masukan untuk meningkatkan kemampuan mengajar sesuai kebutuhan siswa dan memberi contoh kepada siswa. Diskusikan secara terbuka dan teratur apa yang siswa tidak sukai dari pelajaran tersebut. Hal ini dilakukan untuk memastikan komunikasi terbuka di dalam kelas. Cobalah untuk melihat siapa yang berpartisipasi dalam diskusi dan rencanakan untuk memanggil mereka ke kantor guru setelah Anda lulus. Dengan cara ini, siswa akan lebih mengenal Anda sebagai guru yang objektif. Kunci Jawaban : Berpikirlah keras untuk mencoba menjadikan informasi ini sebagai masukan untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam mengajar sesuai kebutuhan siswa dan memimpin dengan memberi contoh.

10. Pak Reno adalah guru di OSIS. Ada suatu kejadian ketika bendahara OSIS (Tantri) secara tidak sengaja kehilangan uang OSIS sebesar Rp 100.000,00. Pak Bagas meminta Tantri membicarakannya baik-baik. Ia mengingatkan Tantra bahwa sebagai bendahara, ia bertanggung jawab mengelola keuangan OSIS dengan sebaik-baiknya. Ia kembali bertanya kepada Tantri, cara apa yang harus digunakan Tantri untuk mendapatkan uangnya kembali. Setelah berdiskusi, Tantri akhirnya menawarkan pengembalian uang sakunya yang hilang dengan mencicil selama satu bulan. Pak Reno menyetujui tawaran itu dan mengingatkan Tantra bahwa tawaran itu berarti ia akan mengurangi uang saku hariannya. Akhirnya Tantri bisa menukarkan uang tersebut. Tindakan Pak Reno merupakan contoh penerapan pembelajaran sosial emosional yang tepat karena…. Beliau bersedia pergi dan membimbing siswa dalam bekerja dengan kelompok yang dirasa tidak nyaman. Terus mendorong siswa untuk bertanggung jawab atas kesalahannya. Mengarahkan siswa pada pengembangan keterampilan mengambil keputusan yang tepat. Ambil inisiatif untuk menyelesaikan masalah integritas dan berikan contoh dalam mengambil keputusan yang baik. Anda bersedia mendiskusikan masalah dengan kepala dingin dan diskusi terbuka untuk mencapai konsensus. Tanggapan kritis: Bimbing siswa untuk mengembangkan keterampilan pengambilan keputusan.

11. Salah satu indikator pelaksanaan pembelajaran sosial emosional (PSE) di kelas dan sekolah adalah penguatan PSE guru dan tenaga pengajar di sekolah yang memenuhi standar kompetensi guru… kepribadian akademik dan pendidikan, kepribadian, kepribadian dan sosial kepribadian dan kepribadian sosial, sosial dan profesional Kunci Jawaban: pendidikan, pribadi dan sosial

12. Pak Wahyu adalah guru di SMA Harapan. Dia bermimpi untuk melanjutkan studinya. Namun, Tuan. Wahu bingung memilih antara perguruan tinggi negeri dan swasta. Pak Diman, salah satu sahabatnya, bercerita tentang keuntungan dan keuntungan kuliah program sarjana di perguruan tinggi swasta dimana perguruan tinggi swasta tersebut mempunyai sistem manajemen yang sangat baik karena didukung oleh para ahli manajemen dalam dan luar negeri. dan jaringan universitas yang sangat beragam. Biaya kuliah di perguruan tinggi swasta lebih tinggi dibandingkan di perguruan tinggi negeri. Pak Diman mengingatkan, kriteria utama dalam memilih gelar master bukanlah penghasilan. Faktor penting yang perlu dipertimbangkan adalah reputasi universitas, dukungan mahasiswa dan standar akademik universitas. Melalui pertimbangan yang cermat dan penerapan keahliannya, Tn. Wahyu yakin keputusan yang diambilnya merupakan keputusan yang tepat dan sesuai dengan harapannya.

Program dialog Pak Wahyu dan Pak Diman merupakan cara mewujudkan…

13. Gina adalah murid terpintar di kelasnya. Namun akhir-akhir ini dia terlihat duduk sendirian di kelas. Selesaikan tugas kelompok sendiri tanpa melibatkan anggota kelompok lain. Dia sangat ingin bergabung, tetapi anggota grup yang lain hanya berbicara dan bermain di ponsel mereka, jadi dia pikir akan lebih baik bekerja sendiri. Berdasarkan kasus ini, pertanyaan manakah yang menilai kekuatan pelatih? Pernahkah Anda menegur anggota tim karena mengobrol dan bermain game di ponselnya? Bagaimana jika Anda langsung menegur teman yang sedang ngobrol atau bermain ponsel? Bagaimana perasaan Anda ketika anggota kelompok lain berkomunikasi selama tugas kelompok? Kenapa tidak langsung menegur anggota tim yang sedang ngobrol atau bermain di ponselnya? Kunci Jawaban : Apa yang sudah anda lakukan selama ini agar tidak bekerja sendirian?

14. Salah satu tujuan pembelajaran terawasi adalah untuk mengembangkan keterampilan guru agar dapat mengajarkan pembelajaran yang menunjang siswa. Untuk dapat melakukan hal tersebut diperlukan paradigma pertumbuhan dan dukungan untuk memberdayakan siswa.

Coaching merupakan proses pemberdayaan karena diawali dengan pola pikir coaching. Berikut ini yang bukan paradigma pembelajaran.

15. Dalam proses pembinaan, pembicaraan hendaknya diakhiri dengan rencana tindakan selanjutnya, yang ditentukan oleh Pembina, yang paling layak dan mempunyai peluang keberhasilan terbesar. Dalam upaya mempererat kemitraan ini, Pembina menggunakan prinsip pembinaan…. Proses Kreatif Mengembangkan kekuatan kolaborasi positif Meningkatkan kekuatan hubungan Kunci Jawaban: Meningkatkan kekuatan

16. Salah satu tahapan yang perlu diperhatikan dalam melakukan percakapan coaching dengan model alur “TIRTA” adalah “Identifikasi”, dimana trainer menelusuri dan memetakan situasi yang sedang didiskusikan dan menghubungkannya dengan fakta-fakta yang ada pada saat sesi berlangsung. Pernyataan berikut yang manakah yang bukan merupakan contoh pernyataan tingkat identifikasi, yaitu: Apa kekuatan terbesar Anda dalam mencapai tujuan ini? Pilihan apa yang Anda miliki sekarang? Hambatan atau gangguan apa yang mungkin menghalangi Anda mencapai tujuan Anda? Pada skala 1 sampai 10, di mana Anda saat ini mencapai tujuan Anda? Berapa tingkat keberhasilan Anda dalam melaksanakan rencana program? Kunci Jawaban : Bagaimana penilaian anda terhadap keberhasilan rencana program?

17. Salah satu keterampilan utama pembinaan adalah mendengarkan secara aktif, atau yang sering kita sebut mendengarkan. Banyak hal yang seringkali menghalangi kita untuk menjadi pendengar aktif, salah satunya adalah “imajinasi” (memiliki prasangka terhadap suatu situasi yang belum tentu benar). Manakah dari pernyataan berikut yang dapat dibuat oleh pelatih untuk mengatasi masalah ini? “Dari apa yang baru saja Anda katakan kepada saya, saya dapat melihat bahwa Anda putus asa. Apakah itu benar, Tuan?’ “Sepertinya Anda sangat tertarik membicarakan masalah ini. Apakah itu benar, Bu?’ “Sekarang saya melihat ibu seperti dia yang khawatir dan ingin menyerah. Menurut saya, tetaplah tertarik, nona-nona.” “Sepertinya Anda lemah sekali dalam mengkomunikasikan masalah ini. Begitulah cara saya melihatnya.” “Kamu bilang kamu merasa mandek. Apa maksudmu? Bisakah kamu memberitahuku?” Kunci Jawaban : “Tadi kamu bilang kamu merasa mandek. Jalan buntu apa yang Anda maksud? Bisakah kamu memberitahuku?”

18. Wawancara monitoring awal pada saat pelaksanaan pengendalian ilmiah biasanya berlangsung singkat, sekitar 15-20 menit. Dengan menggunakan percakapan pendampingan selama perencanaan, pengawas dapat mengidentifikasi tujuan pengembangan guru dan memberi informasi kepada guru tentang proses pengawasan tersebut. Di bawah ini adalah proses pembelajaran wawancara untuk observasi awal dalam proses monitoring pembelajaran, yaitu: Selain itu… Guru memaparkan permasalahan perkembangan yang ingin diperhatikan pada saat wawancara. Manajer dan guru menyepakati tujuan observasi, waktu berkunjung ke kelas, dan waktu berdiskusi setelah penilaian. Kunci Jawaban : Manajer mengumumkan akan mengevaluasi kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru di kelas.

*) Disclaimer: Contoh jawaban pada artikel ini hanya untuk referensi calon guru mengemudi dalam menjawab soal-soal yang berkaitan dengan ujian akhir Modul 2 Paket Pelatihan Guru pada saat mengikuti Pelatihan Guru (PGP).

(Tribunnews.com/Sri Juliati)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *