Belanda Larang Telepon Genggam di Sekolah Dasar dan Menengah

Ketika siswa kembali ke sekolah dasar di Belanda minggu ini, larangan baru terhadap perangkat pintar di sekolah mulai berlaku.

Larangan penggunaan ponsel, jam tangan pintar, dan tablet telah diberlakukan di sekolah menengah sejak bulan Januari. Mulai bulan ini, larangan tersebut berlaku untuk semua sekolah di seluruh negeri.

“Ada semakin banyak bukti bahwa ponsel di ruang kelas berbahaya. Siswa kurang fokus dan kinerja mereka menurun. Kita harus melindungi siswa dari hal ini,” kata pemerintah Belanda dalam sebuah pernyataan.

Penggunaan ponsel dan jam tangan pintar di sekolah telah menjadi bahan perdebatan sengit di Belanda selama beberapa waktu. Para pejabat berpendapat bahwa sekolah dapat mengambil keputusan secara individual, dan beberapa kelompok orang tua melakukan lobi untuk pelarangan total atas kekhawatiran mengenai dampak media sosial terhadap anak-anak.

Yunani dan Italia sebelumnya telah melarang penggunaan ponsel di sekolah, dan Jerman sedang mempertimbangkan langkah serupa.

Sebuah studi baru-baru ini yang dilakukan oleh Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi, OECD, merekomendasikan pembatasan penggunaan telepon seluler di sekolah.

Hp/yf (dpa, NRC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *