Seniman Asal Bali Suanjaya Kencut akan Pamerkan Karya Instalasi di Senayan Jakarta

Laporan jurnalis Tribunnews.com Eko Sutriyanto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Seniman rupa kontemporer Indonesia Suanjaya Kencut alias I Putu Adi Suanjaya akan memamerkan karyanya di Jakarta.

Sam Kencut telah beberapa kali menggelar pameran tunggal di dalam dan luar negeri, antara lain Guardian Galaxy di Miami, Amerika Serikat, Inner Child di Seoul, dan Social Circle di New York.

Oleh karena itu, karya instalasi pria kelahiran Bali 1975 ini akan ditampilkan di USS 2024, ajang fashion dan gaya hidup yang diselenggarakan USS Networks sejak 2017, pada 25-27 Oktober di Jakarta Hall A&B Convention Center (JCC). pada tahun 2024 

“Kencut akan menawarkan pengalaman visual baru kepada pengunjung USS 2024,” kata manajer proyek USS Networks Adista Fadhilah dalam keterangan tertulis, Selasa (22/10/2024).

Dipilihnya ia berkolaborasi dengan Kencut karena lukisan, patung, dan instalasinya sering mengambil inspirasi dari warisan budaya Bali, memadukan unsur tradisional dengan pengaruh seni modern, dan karyanya juga telah ditampilkan di berbagai pameran kelompok di Asia, Eropa, dan Amerika Serikat. .

Dikenal dengan eksplorasinya yang berani membawa wayang ke kehidupan nyata melalui seni lukis dan instalasi, Kencut akan menawarkan pengalaman visual yang benar-benar baru kepada pengunjung USS, ujarnya.

Instalasi Kencut yang dipamerkan di USS 2024 menghidupkan pola dan figur ikonik yang menjadi ciri khasnya.

Dengan latar belakang datar yang berani dan palet warna yang mencolok, pengunjung dibawa ke dunia di mana boneka-boneka ini tampak hidup dan merasakan emosi manusia.

“Karya-karya Kencut biasanya mengeksplorasi permasalahan kehidupan sehari-hari, namun melalui lensa karakter yang unik, menciptakan hubungan emosional yang mendalam dengan pemirsanya,” ujarnya.

USS 2024 tidak hanya menghadirkan instalasi memukau karya Suanjaya Kencut, tetapi juga menawarkan workshop seni yang terinspirasi dari corak dan warna khas karyanya.

Workshop ini akan memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk merasakan proses kreatif melalui elemen visual ikonik Kencut.

“Selain itu, merchandise eksklusif yang terinspirasi dari karya Kencut akan tersedia bagi para kolektor dan peminat seni, sehingga menjadikan pengalaman USS 2024 semakin berkesan bagi pengunjung,” kata Adista.

Ia menambahkan, ajang USS 2024 juga menghadirkan kolaborator internasional, Jeff Staple (AS) dan Sabotage (Singapura) yang akan menjadi bagian dari edisi eksklusif tersebut.

Selain itu juga menghadirkan aktivitas yang lebih menarik dan menyenangkan, mulai dari brand retail dan gaya hidup, sneakers, vintage market dan F&Brain, dengan total lebih dari 270 brand gaya hidup. 

“Selain peluncuran produk eksklusif, acara ini juga akan diisi dengan kolaborasi brand, promosi spesial, penampilan musik, dan undian menarik,” kata Adista Fadhilah.

Pengunjung dapat menikmati berbagai kegiatan komunitas seperti IBL (Indonesia Basketball League) Takeover of Basketball Area, Padel Area, Mic Check’ Rap Competition, ‘Invade The Floor’ Dance Competition, Jersey Exhibition dan masih banyak lagi kegiatan menarik lainnya yang dapat diikuti. selama tiga hari acara. 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *