Kunci Jawaban Pendidikan Pancasila Kelas 6 Kurikulum Merdeka Hal 154: Antarsila dalam Pancasila

TRIBUNNEWS.COM – Simak, berikut kunci jawaban Pendidikan Pancasila Kelas SD/MI Kurikulum Mandiri 154.

Soal pilihan Bab 7 terdapat pada buku teks Pendidikan Pancasila halaman 154 Kurikulum SD/MI Merdeka.

Dalam kuis ini, siswa diminta menjawab pertanyaan-pertanyaan terlampir.

Sebagai bahan pertimbangan, Kurikulum Merdeka 6 SD/MI Pendidikan Pancasila diminta menjawab pertanyaan terlebih dahulu sebelum melihat kunci jawaban pada halaman 154.

Kunci jawaban inilah yang digunakan oleh orang tua sebagai pedoman dan pembanding dalam membimbing pekerjaan anaknya.

Berikut kunci jawaban Pendidikan Pancasila Kelas 6 Kurikulum Mandiri Pendidikan Pancasila Kelas 6 Kunci Jawaban Halaman 154.

Hubungan Sila Dalam Pembelajaran Pancasila Kunci Jawaban Pembelajaran Pancasila Kelas 6 Kurikulum Mandiri Halaman 154

1. Contoh perilaku yang menunjukkan perintah Tuhan Yang Maha Esa yaitu menjunjung tinggi semua agama dan kepercayaan setiap saat

Menjawab:

Contoh perilaku tersebut adalah ketika seorang siswa ikut serta dalam kegiatan keagamaan temannya, seperti mengikuti perayaan hari raya keagamaan lain atau memberikan ucapan selamat kepada temannya ketika mereka merayakan hari keagamaannya sendiri.

Selain itu, sikap menghormati semua agama dan kepercayaan sebagai perwujudan prinsip ketuhanan yang Maha Esa melalui toleransi beragama, partisipasi dalam hari raya keagamaan, interaksi positif, penghormatan terhadap tempat ibadah dan perlindungan nilai-nilai agama dapat tercermin.

Dan menyebarkan pesan perdamaian dan toleransi melalui platform dan peluang lainnya juga merupakan langkah penting untuk membangun hubungan harmonis antar umat beragama di masyarakat.

2. Berikan contoh perilaku dimana perintah Allah menunjukkan bahwa siswa mempunyai kebiasaan berbuat baik terhadap sesamanya.

Menjawab:

Perilaku ini dicontohkan ketika siswa selalu bersikap baik dan suka membantu teman-temannya tanpa memandang latar belakang agamanya.

Kegiatan kelompok, proyek bersama, dan kegiatan sosial dapat menjadi wadah bagi siswa untuk bersikap baik, membina hubungan yang positif, dan memasukkan nilai-nilai agama dalam aktivitas sehari-hari.

Dengan cara ini, mereka dapat tumbuh menjadi orang-orang yang peduli, berempati, dan mendukung satu sama lain dalam perjalanan pendidikannya.

3. Memberikan contoh perilaku yang menunjukkan bahwa prinsip ketuhanan membantu menjaga persatuan dan keharmonisan serta menghindari konflik dan perpecahan.

Menjawab:

Prinsip ketuhanan yang Maha Esa mendorong siswa untuk menjaga persatuan dan kerukunan.

Contoh perilaku ini terlihat ketika siswa berusaha menengahi konflik antar teman sebaya dan mendorong mereka untuk menyelesaikan masalah secara damai.

Melibatkan siswa dalam kegiatan yang memupuk kerjasama dan membangun hubungan yang harmonis akan menciptakan suasana persatuan.

4. Contoh perilaku yang menunjukkan perintah Tuhan yang memerintahkan siswa untuk menghargai perbedaan pendapat dan mengutamakan pemikiran.

Menjawab:

Contoh perilaku tersebut adalah siswa selalu mendengarkan pendapat teman sebayanya dalam diskusi kelompok dan tidak memaksakan pendapatnya sendiri.

Prinsip ketuhanan mendorong siswa untuk menghargai perbedaan pendapat dan mengutamakan pemikiran ketika mengambil keputusan, dan dialog terbuka memperkuat nilai-nilai tersebut.

*) Disclaimer: Artikel ini hanya diperuntukkan bagi orang tua dalam memandu proses belajar anaknya. Sebelum melihat kunci jawabannya, sebaiknya siswa menjawab sendiri, kemudian gunakan artikel ini untuk mengoreksi pekerjaan siswa.

(Tribunnews.com/Namira Unya Lasanti).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *