Supratman Andi Agtas Mengaku Dihubungi Istana Jelang Subuh untuk Dilantik Jadi Menkumham

Laporan reporter Tribunnews.com Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Politisi Partai Gerindra Supratman Andi Agtas mengaku baru dihubungi Istana untuk dilantik menjadi Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia pada Senin (19/08/2024) pukul 04.00 WIB (Menkumham) untuk dilantik .

Sebelum dihubungi pihak istana, Supratman hanya mengetahui dari cerita bahwa dirinya akan menjadi Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia menggantikan Yasonna Laoly.

“Yang pasti saya belum pernah (tahu) dengar ceritanya sejak dulu. Tapi yang pasti, baru subuh,” kata Supratman, Senin (19/8/2024) di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta.

Bayangkan, subuh jam 4 saya tahu hari ini saya harus dilantik, lanjutnya.

Mantan Ketua Badan Legislatif (Baleg) DPR RI ini mengatakan, hingga saat ini isu menjadi menteri baru ia ketahui melalui pemberitaan di media massa.

Berdasarkan pemberitaan media, Presiden Joko Widodo atau Jokowi diketahui akan melakukan perombakan kabinet dalam waktu dekat.

“Saya sama sekali tidak tahu (bahwa saya akan menjadi menteri). Ya, kami tidak tahu, itu baru pagi ini jadi saya tidak pernah memastikannya, itu hanya terjadi pada subuh jam 4 sore mendapat kepastian bahwa saya akan hadir pada pelantikan di Istana,” ujarnya. .

Supratman yakin sejumlah fungsi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia akan ia jalankan di sisa dua bulan masa amanat Presiden Jokowi.

Apalagi mengingat pembahasan undang-undang yang menjadi fokus pemerintah dan DPR.

“Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia masih mempunyai banyak tugas, terutama dalam pembahasan undang-undang. Kami juga selalu banyak melakukan harmonisasi, juga terkait administrasi hukum kepada Dirjen AHU,” ujarnya.

“Kami juga akan memantau perbaikan fasilitas imigrasi dan pemasyarakatan. Oleh karena itu, permasalahan ini mungkin akan menjadi prioritas untuk segera kami selesaikan,” ujarnya.

Presiden Jokowi melantik sejumlah menteri dan kepala lembaga pada Senin ini di Istana Kepresidenan Jakarta.

Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 92 Tahun 2024 tentang Pengunduran Diri dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju.

Dalam perombakan kabinet kali ini, Jokowi mencopot kader PDIP Yasonna Laoly dan menggantikannya dengan Supratman Andi Agtas.

Jokowi juga memecat Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif.

Arifin digantikan oleh Bahlil Lahadalia yang sebelumnya menjabat Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Rosan Roeslani kini menjabat Kepala BKPM/Menteri Investasi.

Jokowi juga menunjuk Angga Raka Prabowo sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika.

Kemudian Dadan Hindayana selaku Kepala Badan Pengawasan Makanan, Hasan Nasbi selaku Kepala Badan Komunikasi Kepresidenan, dan Taruna Ikrar selaku Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *