Selamat Tinggal Arsjad Rasjid, Pemerintah Pilih Anindya Bakrie Pimpin Kadin Indonesia

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pemerintah sudah pasti memilih Anindya Bakrie sebagai Ketua Jenderal Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menggantikan Arsjad Rasjid.

Anindya Bakrie dilantik sebagai Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia pada Rapat Luar Biasa (Munaslub) yang digelar Sabtu (14/9/2024) di St Regis, Jakarta Selatan.

Sementara Arsjad Rasjid terpilih menjadi Ketua Kadin Indonesia tahun 2021 melalui Musyawarah Nasional XIII di Kendari, Sulawesi Tenggara.

Direktur Segara Research Institute Peter Abdullah menyatakan, organisasi Kadin Indonesia tidak bisa dipisahkan dari politik dan pemerintahan.

“Bagaimana mengelola faktor-faktor ekonomi ini, kita tahu uang punya kekuatan. Jadi (Kadin) bisa dikontrol karena Kadin bagian dari kekuatan itu,” kata Peter saat dikutip Tribun, Selasa (17/9/2024) saat dihubungi. .

Menurut dia, Erscad Rescid bukan bagian dari lingkaran kekuasaan seperti sekarang dan masa depan, karena ia akan menjadi Ketua Komite Sukses Nasional Genjar-Mahfud pada Pilpres 2024.

“Kalau kalah pasti tersingkir dan sekarang tidak ada dualisme di Kandin karena pemerintah memilih Anidya dan Arsjad otomatis tersingkir ketika SK (keputusan) keluar,” jelas Peter.

Piter mengatakan, ketika pemerintah memilih Anindya Bakrie sebagai Ketua Kadin Indonesia, Arsjad bisa melawannya melalui jalur hukum dan menggugatnya.

Namun Piter pesimistis kasus Arsjad akan menang di pengadilan.

Kecil kemungkinan kita menang, karena kita tahu undang-undang mendukung pemerintah, ujarnya. Jokowi meminta agar masalah ini diselesaikan secara internal

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kisruh pengurus Kadin Indonesia bisa diselesaikan dengan baik.

Menurut Jokowi, Kadin adalah organisasi bisnis, bukan organisasi politik.

“Dan ini bukan organisasi politik. Ini organisasi bisnis. Makanya saya minta diselesaikan secara damai,” kata Jokowi di Menara Danareksa, Jakarta, Selasa (17/9/2024).

Jokowi ingin permasalahan Kadin diselesaikan secara internal. Jangan biarkan masalah ini terjadi padanya.

“Di dalam, Kadin. “Jangan beri aku bola panas,” katanya.

Jokowi pun membuka pintu jika dua kubu di Kadin, Anindya Bakrie dan Arsjad Rasjid ingin bertemu dengannya.

Kata Jokowi, “Siapa pun yang bertemu dengan saya, saya terbuka. Tidak ada masalah.”

Jokowi mengaku memiliki hubungan baik dengan Kadin selama 10 tahun menjabat. Berkali-kali ia datang ke acara Kadin.

“Dulu dia baik sama Pak Soeryo Bambang Sulisto, sama Pak Rosan Roeslani, sama Pak Arsjad, sama Pak Anindya, sama semua orang,” ucapnya. Kedudukan Menteri Hak Asasi Manusia dan Hak Asasi Manusia

Menteri Hukum dan HAM RI Supratman Andi Agtaş menyatakan permasalahan internal Kadin Indonesia memang sudah selesai.

Kata Supratman, hal itu dilakukan dengan menggelar Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) yang mengangkat Anindya Bakrie sebagai Ketua Umum periode 2024-2029.

“Kalau kita di pemerintahan ya, ini memang persoalan internal KADIN. Dan sudah diselesaikan melalui keputusan Munas saat ini,” kata Supratman saat ditemui awak media di kantor Kadin Indonesia. dan Industri. , Kuningan, Minggu (15/9/2024).

Menurut Supratman, Kemenkumham pada prinsipnya mewakili pemerintah sesuai aturan yang ada di lembaga mana pun seperti Kadin.

Ia mengatakan, terselenggaranya Munas dengan mencopot Arsjad Rascid dari mantan Ketua Kadin merupakan permintaan mayoritas anggota Kadin.

Intinya pemerintah sudah kembali ke jalurnya, kita bertindak sesuai aturan dan ini kehendak mayoritas Panglima KADIN di daerah dan provinsi.

Supratman melanjutkan, “Dalam hal ini tentunya pemerintah akan mengikuti keputusan teman-teman di KADIN.”

Terkait penerbitan Keputusan Presiden (Kepres) pengangkatan pengurus Kadin yang baru, Supratman mengatakan hal itu akan segera dilakukan.

Pemerintah, kata dia, akan terus melakukan koordinasi terhadap struktur pemerintahan Kadin yang baru.

“Itu aturannya. Tapi tunggu semua keputusan presiden melalui proses musyawarah mufakat antar kementerian. Berapa lama? Ya kalau secepatnya kenapa harus lama.” dia menekankan. manusia super.

Sebelumnya, Kadin mengalami kericuhan saat Munas yang digelar di St Regis, Jakarta Selatan pada Sabtu, 14 September 2024.

Anindya Bakrie terpilih menjadi Ketua Munas yang digelar mendadak.

Munas ditolak Arsjad Rasid yang merupakan Presiden periode 2021-2026.

Munaslub dinilai batal dan melanggar AD/ART. Arsjad mengatakan, pihaknya akan mendalami apakah akan mengajukan gugatan hukum terkait keberadaan Munas tersebut.

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *