Catat, Tahun Depan Sudah Tidak Ada Lagi Insentif Pembelian Sepeda Motor Listrik

Dilansir reporter Tribune.com Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan pemerintah tidak akan mendorong masyarakat untuk membeli sepeda motor listrik baru pada tahun depan.

“Kita tahu bersama, angka yang dipatok pemerintah untuk program sepeda motor listrik adalah 50.000 unit, dan kalau saya ingat benar angka itu akan hilang. Apakah kita akan menambah lagi? Jangan tahun depan,” kata Agus. Berbicara kepada wartawan di Jakarta, Selasa (23 Oktober 2024).

Pada tahun 2024, pemerintah menetapkan kuota insentif sebesar Rp7 juta untuk setiap pembelian sepeda motor listrik baru. Semula kuota tahun ini 600.000 unit per mesin.

Namun karena permintaan yang tidak mencukupi, kuota akhir disesuaikan menjadi hanya 50.000 unit, dan tidak banyak yang tersisa.

Mulai tahun itu hingga 2023, besaran insentif sepeda motor listrik hanya mencapai 11.000 unit dari kuota 200.000 unit.

Agus menambahkan, jika skema insentif pembelian sepeda motor listrik baru dilanjutkan pada tahun depan, pihaknya menyambut baik.

“Jadi anggarannya harus ditambah? Tentu kami di Kemenperin akan menerimanya. Kemudian kita fokus pada penambahan anggaran atau persiapan untuk tahun depan,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *