Dari Campervan hingga Angkutan Umum, Begini Tangguhnya Toyota Hilux Rangga

TRIBUNNEWS.COM – Kendaraan niaga telah menjadi bagian tak terpisahkan dari perekonomian negara kita. Kendaraan ini dirancang khusus untuk menunjang kebutuhan mobilitas para pelaku bisnis di berbagai sektor, mulai dari UMKM hingga industri besar.

PT Toyota Astra Motor merupakan salah satu Agen Pemilik Merek (APM) yang telah berkontribusi dalam menghadirkan kendaraan niaga di Indonesia selama lebih dari 45 tahun.

Berawal dari Toyota Kijang Pick Up, Toyota kini menghadirkan kendaraan niaga yang mampu memenuhi beragam kebutuhan mobilitas masyarakat, Toyota All-New Hilux Rangga.

Aneka bodywork Toyota Hilux Rangga

Berkat fleksibilitasnya yang tinggi, Hilux Rangga bukan sekadar kendaraan niaga! Pickup tangguh ini dapat diadaptasi untuk berbagai keperluan, baik bisnis, komunitas, atau keluarga.

Pada acara peluncuran Selasa (15/10/2024), ada beberapa model Hilux Rangga yang tampil beda dan dimodifikasi. Sekadar informasi, Toyota Astra Motor (TAM) menggandeng 70 bengkel lokal untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Lantas, Toyota Hilux Rangga bisa diubah menjadi apa dan seperti apa spesifikasinya? berkemah

Model ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai petualangan menjelajah alam. Konversi Toyota Hilux Rangga ini merupakan hasil kolaborasi dengan bengkel Toyota Astra Motor dan Delima Mandiri.

Dengan desain tangguh dan performa mesin bertenaga, mobil ini siap menaklukkan medan, meski di jalanan yang kurang ideal. Mengusung sasis yang kokoh dan sistem penggerak yang andal, Hilux Rangga mampu melintasi medan tidak rata dengan mudah. 

Bicara soal performa, Toyota Hilux Rangga menawarkan dua pilihan mesin utama. Pertama ada mesin bensin 1TR-FE berkapasitas 2.000 cc yang mampu menghasilkan tenaga 139 HP dan torsi maksimal 183 Nm. Sedangkan varian mesin diesel 2GD-FTV berkapasitas 2.400 cc mampu menghasilkan tenaga. Tenaga 149 HP dan torsi hingga 343 Nm, menawarkan pilihan valid untuk kebutuhan off-road dan on-road.

Lebih lanjut, Toyota Hilux Rangga juga menggunakan platform Innovative International Multi Purpose Vehicle (IMV) yang sudah terbukti kehandalannya pada Hilux, Fortuner, dan Innova.

Untuk menunjang jarak jauh, Hilux Rangga juga hadir dengan tangki bahan bakar berkapasitas 55 liter yang diklaim mampu menempuh jarak hingga 819,5 km. Truk pengangkut bermotor

Hasil konversi ini cocok untuk usaha dealer sepeda motor, komunitas sepeda motor atau usaha yang membutuhkan transportasi acara. 

Dengan bodi lebar, daya angkut lebih dari 1,2 ton, dan sasis kokoh, Hilux Rangga mampu mengangkut banyak sepeda motor sekaligus dengan aman dan efisien. 

Proses bongkar muat pun terkesan lebih efisien. Dengan tambahan fitur seperti 3-way opening, crawler dan ram, Toyota Hilux Rangga cocok dijadikan kendaraan kargo. konsep off-road

Konsep SUV ini merupakan salah satu konversi Toyota Hilux Rangga yang menarik perhatian. Secara tampilan, SUV Hilux Rangga Concept besutan PT Mekar Armada Jaya (Armada Anyar) mirip kendaraan berkapasitas 7 penumpang lengkap dengan baris kedua dan ketiga.

Bicara soal keamanan dan kenyamanan, SUV Hilux Rangga Concept sudah tidak perlu diragukan lagi. Hilux Rangga mungkin bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang membutuhkan mobil tangguh dan serbaguna.

Tampil dengan desain yang canggih, Hilux Rangga dilengkapi lampu kotak yang dipadukan dengan gril besar berwarna hitam, memberikan kesan kokoh dan dapat diandalkan. 

Interior yang luas, posisi kursi yang dapat diatur serta ruang penyimpanan yang memadai meningkatkan kenyamanan pengemudi dan penumpang saat berkendara.

Berbeda dengan mobil niaga kebanyakan, posisi kursi pengemudi tidak berada di atas poros. Hal ini membuatnya tidak terlalu gemetar dan lebih senyap.

Lebih lanjut, untuk melindungi penumpang, Hilux Rangga juga dilengkapi dengan sabuk pengaman 3 titik di semua kursi dan dual airbag pada tipe High. 

Kenyamanan tersebut semakin lengkap berkat posisi mesin depan yang mampu meredam Noise, Vibration and Harshness (NVH) secara signifikan. Jarak sumbu roda yang terletak di bawah kap juga meminimalisir gangguan jalan. Pasokan bus

Keselamatan adalah prioritas utama dalam transportasi umum. Untuk itu, Toyota Astra Motor berkolaborasi dengan PT Panca Tunggal Bersatu menghadirkan tampilan baru pada bus keberangkatan dengan berbagai fitur keselamatan terbaik di kelasnya.

Menjawab kebutuhan tersebut, Toyota Hilux Rangga dibekali sistem pengereman yang terdiri dari rem cakram depan berukuran 14 inci dan rem tromol belakang, serta ABS dan EBD tipe High.

Dengan ground clearance 190mm, Hilux Rangga mampu melewati jalanan kasar atau gundukan dengan kecepatan tinggi tanpa guncangan berlebihan.

Untuk meminimalisir blind spot bagi pengemudi, pilar A Hilux Rangga didesain hampir vertikal agar pengemudi lebih mudah memantau situasi lalu lintas di sekitarnya.

Selain itu, dengan radius putar 4,9 meter, manuver berbelok atau putar balik di Hilux Rangga berlangsung lincah dan mudah, bahkan di jalanan kota yang sibuk.

Mesin bertenaga dan hemat bahan bakar

Dengan desain bertenaga dan performa mesin bertenaga, Toyota Hilux Rangga hadir sebagai solusi mobilitas bagi seluruh masyarakat dengan segala jenis kebutuhan.

Fleksibilitas kendaraan niaga ini juga ditunjukkan dengan varian Cab Chassis yang memudahkan konversi medium pick-up Hilux Rangga menjadi mobil penumpang atau kendaraan jenis lain.

“Kabin sasis Hilux Rangga ini bisa dipilih sebagai produk penumpang atau kargo. Penumpang misalnya, sebagai konsep SUV atau angkutan umum. Jadi kami memberikan izin dan membahas bodyworknya agar memenuhi regulasi,” jelas Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor di JIExpo Kemayoran, Selasa (15/10/2024).

Anton juga menambahkan, proses konversi umumnya memakan waktu 30 hari. Pelanggan dapat mendiskusikan konversi dan modifikasi sasis kabin Hilux Rangga dengan dealer Toyota yang dikunjungi.

All New Hilux Rangga tersedia dalam dua varian mesin, empat grade bensin dengan harga jual berkisar Rp 188,7 jutaan hingga Rp 215,7 jutaan. 

Tersedia pula enam tipe solar dengan harga berkisar Rp 244,7 juta hingga Rp 304,5 juta. Perlu diketahui, harga promo ini berlaku untuk road trip DKI Jakarta (OTR).

Hilux Rangga menawarkan fleksibilitas dengan dua pilihan mesin. Harga keempat varian mesin bensin tersebut mulai dari Rp 188,7 juta. Berikutnya ada enam tipe varian mesin diesel yang dibanderol mulai Rp 244,7 juta. 

Tak hanya fleksibel pada pilihan mesin dan utilitas, Hilux Rangga juga menawarkan pilihan transmisi bagi penggunanya. Anda dapat memilih transmisi otomatis yang umumnya nyaman untuk penggunaan pribadi atau transmisi manual untuk kendali penuh di medan yang sulit.

Sekadar informasi, keefektifan dan kenyamanan penggunaan Toyota Hilux Rangga telah dibuktikan oleh banyak konsumen, mulai dari perusahaan FMCG hingga aktris Tanah Air Dian Sastrowardoyo.

Penasaran ingin melihat lebih dekat keunggulan Hilux Rangga? Kunjungi website Toyota untuk mengetahui lebih lanjut mengenai interior dan membeli produk anyar Hilux Rangga ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *