Sejarah Hari Tanpa Kekerasan Internasional yang Diperingati Tanggal 2 Oktober

TRIBUNNEWS.COM – Simak kisah Hari Tanpa Kekerasan Internasional yang diperingati setiap tanggal 2 Oktober.

Tahun ini, peringatan Hari Tanpa Kekerasan Internasional jatuh pada Rabu (2/10/2024).

Menurut laman National Today, Hari Tanpa Kekerasan Internasional diperingati untuk memperingati hari ulang tahun Mohan Das Karamchand Gandhi atau populer dengan sebutan Mahatma Gandhi.

Peringatan ini mengingatkan akan pengaruh Gandhi terhadap protes non-kekerasan global. Sejarah Hari Tanpa Kekerasan Internasional

Kutipan dari dayoftheyear.com Hari Tanpa Kekerasan Internasional diperingati pada tanggal 2 Oktober untuk menghormati hari ulang tahun Mahatma Gandhi.

Gandhi adalah salah satu tokoh politik paling berpengaruh sepanjang masa.

Gandhi akhirnya menggunakan pembangkangan sipil tanpa kekerasan untuk menggulingkan Inggris yang memerintah India.

Meski berkali-kali dipenjara, namun tidak ada yang meninggalkannya dalam kedamaian yang akhirnya memberikan India kebebasan yang mereka impikan selama bertahun-tahun.

Kemerdekaan negaranya bukan satu-satunya keinginan Gandhi, namun ia juga sangat tertarik untuk menjalin hubungan baik antara orang-orang yang berbeda agama dan ras, meningkatkan hak-hak perempuan, dan mengurangi jumlah kemiskinan.

Ingat Gandhi dibunuh oleh seorang nasionalis Hindu pada tahun 1948.

Bagi kebanyakan orang India, Gandhi tidak pernah dilupakan dan disebut sebagai “Bapak Bangsa”.

Pada tanggal 15 Juni 2007, Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa memutuskan untuk merayakan ulang tahun Mahatma Gandhi sebagai Hari Tanpa Kekerasan Internasional.

Hari ini terutama didedikasikan untuk menyebarkan pesan non-kekerasan kepada sebanyak mungkin orang di seluruh negara di dunia.

(Tribunnews.com/Latifah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *