Indonesia Resmi Terpilih Sebagai Tuan Rumah World Abilitysport Games 2025

Indonesia resmi terpilih menjadi tuan rumah World Skill Sports Games 2025

 Abdul Majid/Tribunnews.com

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Indonesia resmi terpilih menjadi tuan rumah Pesta Olahraga Terampil Dunia 2025 setelah lolos proses tender. 

Memorandum of Understanding (MoU) ditandatangani dengan World abilitysport pada Jumat (30/08/2024) di Paris, Prancis.

World Able Sports Games merupakan ajang multi cabang olahraga yang diperuntukkan bagi para atlet penyandang disabilitas fisik.

Acara ini sebelumnya dikenal dengan nama IWAS World Games dan awalnya hanya diperuntukkan bagi atlet kursi roda dan orang yang diamputasi.

Thailand menjadi tuan rumah edisi 2023 dan sudah saatnya juga mengganti nama dari IWAS World Games menjadi World Skilled Sports Games.

Indonesia sebagai negara yang beberapa kali sukses menjadi tuan rumah olahraga multikompetisi penyandang disabilitas kemudian mengajukan diri menjadi tuan rumah World Skills Games 2025.

World Ababilitysport, selaku organisasi penyelenggara World Ababilitysport Games, menyambut baik minat tersebut. Nota kesepahaman antara National Paralympic Committee (NPC) Indonesia dan World abilitysport di Paris menandai resminya penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah.

Nota Kesepahaman antara NPC Indonesia dan World abilitysport ini dilaksanakan setelah perwakilan organisasi yang berbasis di Inggris tersebut meninjau 14 venue olahraga dan satu lapangan atletik di DKI Jakarta pada Juli 2024.

Presiden World abilitysport, Rudi van den Abbeele mengungkapkan alasan dipilihnya Indonesia menjadi tuan rumah edisi 2025, Indonesia dinilai sebagai negara yang menunjukkan kemajuan pesat dalam ajang olahraga bagi penyandang disabilitas.

“Indonesia merupakan pendatang baru di dunia Paralimpiade, namun Indonesia mengalami kemajuan pesat dalam gerakan Paralimpiade.” Jumat (30 Agustus 2024).

World abilitysport memiliki waktu satu tahun untuk mempromosikan aktivitas ini ke seluruh dunia. Chief Executive Officer (CEO) World abilitysport, Charmaine Hooper, yakin ajang ini akan semakin menarik dengan nama dan brand baru.

“Kami melihat positif bahwa kegiatan ini akan menarik setidaknya 60 negara. Tinggal satu tahun lagi. “Kami akan mencoba untuk memindahkan World Skill Games pada tahun 2025,” kata Charmaine Hooper.

Sementara itu, Presiden NPC Indonesia Jenderal Senny Marbun mengatakan Indonesia siap menjadi tuan rumah World Skill Sports Games 2025. Indonesia selalu sukses menjadi tuan rumah olahraga serba guna bagi penyandang disabilitas.

“Kalau Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah, selalu luar biasa. Negara yang paling bertanggung jawab saat menjadi tuan rumah, itu sudah terbukti,” jelas Senny Marbun.

Indonesia terbukti sukses ketika menjadi tuan rumah FESPIC Games pada tahun 1986 dan ASEAN Para Games 2011 dan 2022 di kota Solo. Indonesia juga sukses besar saat menjadi tuan rumah Asian Paralympic Games di DKI Jakarta pada tahun 2018.

Kesuksesan inilah yang membuat World Ababilitysport memberikan kepercayaan kepada Indonesia untuk menjadi tuan rumah World Ababilitysport Games pada tahun 2025.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *