Israel Tawari Pemimpin Hamas Yahya Sinwar Keluar dengan Aman dari Gaza Tanpa Ditangkap

 

TRIBUNNEWS.COM, ISRAEL – Perunding utama Israel untuk sandera dan orang hilang, Gal Hirsch, telah menawarkan jalan yang aman bagi pemimpin Hamas Yahya Sinwar untuk keluar dari Gaza tanpa ditangkap oleh militer Israel.

Namun syaratnya, 101 sandera yang disandera Hamas harus dikembalikan ke Israel.

Dalam wawancara Bloomberg, Selasa (9/10/2024), laporan tersebut menyebutkan usulan izin Yahya Sinwar meninggalkan Gaza dibahas selama dua hari.

Namun tidak jelas apakah Hamas menerima tawaran tersebut.

“Tawaran tersebut diberikan untuk mengembangkan solusi baru terhadap kesepakatan tersebut, karena negosiasi yang sedang berlangsung tampaknya semakin terhenti,” jelas Hirsch.

Perlu dicatat bahwa para pejabat Israel telah menawarkan proposal yang beragam kepada Sinwar di balik layar, baik untuk keluar maupun kekebalan diplomatik.

“Saya bersedia memberikan jalan yang aman bagi Sinwar, keluarganya, siapa pun yang ingin bergabung dengannya. Kami ingin para sandera kembali. Kami ingin demiliterisasi, deradikalisasi, tentu saja, sistem baru yang mengatur Gaza,” kata Hirsch.

“Pada saat yang sama, saya harus mengerjakan rencana B, C dan D karena saya harus membawa pulang para sandera,” tambah Hirsch.

“Waktunya habis, para sandera tidak punya waktu.”

Hamas masih membayar ‘harga besar’

Mengenai enam sandera yang dibunuh di terowongan Rafah oleh teroris Hamas pada akhir Agustus, Hirsch mengatakan ada harga yang harus dibayar atas pembunuhan tersebut.

Laporan tersebut juga mencatat bahwa Israel, di masa lalu, telah membahas opsi untuk mengizinkan para pemimpin Hamas mendapatkan kebebasan di pengasingan.

Pada bulan Mei, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan kepada podcast “Call Me Back” bahwa opsi tersebut masih dipertimbangkan.

“Tetapi yang paling penting adalah [Hamas] menyerah. Jika mereka meletakkan senjatanya, perang akan berakhir,” jelas Netanyahu.

Israel menuduh Sinwar sebagai salah satu tokoh paling berpengaruh di Hamas.

Sinwar juga dituduh sebagai arsitek utama peristiwa 7 Oktober di Israel, ketika orang-orang bersenjata membunuh 1.200 orang di Israel dan menculik lebih dari 250 orang sebagai sandera.

Dia juga termasuk di antara para pemimpin Hamas yang didakwa oleh jaksa AS dalam serangan mematikan tersebut.

Amerika sedang mengevaluasi kembali strateginya

Ada kekecewaan dalam koridor pemerintahan Amerika untuk mencapai kesepakatan sebelum pemilihan presiden yang dijadwalkan pada 5 November dan mencapai tonggak penting dalam rekor Joe Biden.

Sebuah laporan baru dari AS mengungkapkan bahwa para pejabat AS sangat skeptis terhadap kesepakatan di sektor yang terkepung ini selama berbulan-bulan.

Dia menambahkan pada hari Minggu bahwa mereka yakin bahwa pemimpin gerakan Hamas di Jalur Gaza, Yahya Sinwar, tidak ingin mencapai kesepakatan saat ini, menurut situs web Axios.

Dia juga menambahkan bahwa Gedung Putih sedang menilai kembali strateginya terkait kesepakatan Gaza.

Dia membenarkan bahwa mantan pembantu Presiden Biden sedang memperdebatkan apakah masuk akal untuk mengajukan proposal baru, di tengah keyakinan luas bahwa proposal terbaru mengenai Gaza tidak akan menghasilkan apa-apa.

Hamas mengumumkan penunjukan Sinwar sebagai kepala biro politiknya bulan lalu, beberapa hari setelah pembunuhan mantan kepala biro politik dan kepala perunding Ismail Haniyeh di Teheran.

Para pejabat AS yakin dia tetap berada di jaringan terowongan yang luas yang digali di bawah Gaza dan sering bergerak “mungkin dikelilingi oleh tahanan sebagai tameng manusia”. Dia tidak terlihat di depan umum sejak 7 Oktober.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *