Driver Ojol Gelar Aksi Demo, Berikut Tanggapan Grab

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Hari ini Kamis (29/8/8/2024) ribuan pengemudi ojek online (ozol) dan kurir se-Jabotabek menggelar aksi unjuk rasa di sekitar Istana Negara.

Ketua Umum Garda Indonesia Igun Wikaksono mengatakan salah satu tuntutan tukang ojek dan kurir adalah perang tarif jasa antar penggugat. Dia mengatakan, perang tarif ini menimbulkan permasalahan bagi pengemudi ojek dan kurir.

Igun mendesak pemerintah mengatur tingkat layanan aplikasi.

Sementara itu, Grab, salah satu operator Ozol di Indonesia, merespons tindakan para pengemudi tersebut.

Tirja Munusami, Head of Public Affairs Grab Indonesia, mengatakan pihaknya menghormati tindakan tersebut.

Demonstrasi dan yel-yel merupakan hal yang wajar sepanjang dilakukan dengan tertib, damai, dan sesuai aturan yang berlaku.

Grab, kata dia, menyediakan wadah bagi peserta untuk menyampaikan ide dan pendapat melalui berbagai saluran komunikasi yang ada.

Kegiatan tatap muka dilakukan secara rutin melalui layanan dukungan Grab dan antara perwakilan Grab dengan komunitas mitra pengemudi, kata Tirza seperti dikutip Kompas.com.

Dijelaskannya, tarif layanan pengiriman Grab diperhitungkan secara cermat sesuai ketentuan Pasal 3 Permenkominfo No.3. 1/Per/M.Kominfo/01/2012 Tentang Formula Target Layanan Pos Komersial dan dirancang untuk menjaga pendapatan mitra pengemudi, serta stabilitas permintaan pasar terhadap layanan grab.

Get Indonesia, kata dia, tidak akan pernah memotong pendapatan mitra pengemudi untuk memberikan diskon kepada pengguna.

“Seluruh biaya promosi yang digunakan Grab akan ditanggung oleh perusahaan dan dirancang untuk membantu mendorong permintaan pelanggan, sehingga diharapkan dapat berdampak positif terhadap pendapatan mitra pengemudi,” ujarnya.

Tirza mengatakan, Grab mematuhi praktik bisnis yang baik dan selalu berupaya memberikan perlindungan kerja dan akses terhadap manfaat kepada mitra pengemudinya. (Tribunnews.com/Kompas.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *