Spesifikasi  Mobil Listrik BMW i5 dan BMW i7 yang Kawal Pemimpin Dunia di Pelantikan Prabowo-Gibran

Demikian dilansir jurnalis Tribunnews.com, Namira Yunia

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menyambut pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo-Gibran, perusahaan mobil asal Jerman BMW menghadirkan 45 mobil listrik mewah.

Bekerja sama dengan Sekretariat Negara, BMW mengirimkan sedikitnya 45 kendaraan listrik yang terdiri dari 25 unit BMW i5 EV dan 20 unit BMW i7, untuk mengawal keikutsertaan tamu global pada pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih.

Menariknya, pada pelantikan kali ini, BMW merombak pelat nomor masing-masing mobil dan menambah kursi untuk tamu negara yang berkunjung seperti menteri, anggota dewan, dan protokoler.

“Tamu dari Asia, Australia, Afrika, Eropa, dan Amerika akan merasakan pengalaman berkendara listrik premium bersama kami,” jelas BMW dalam postingan Instagram resminya @bmw_indonesia.

“Model-model ini menggabungkan teknologi canggih, kinerja tinggi, dan nol emisi untuk menetapkan tolok ukur baru dalam mobilitas ramah lingkungan bagi pengunjung internasional,” tambahnya.

Pada peresmian Presiden Prabowo, kehadiran mobil baru BMW menjadi sorotan karena i5 merupakan sedan bisnis premium terlaris BMW versi listrik dan i7 merupakan model sedan listrik termahal BMW.

Harga BMW i5 luar biasa berkisar Rp 2,17 miliar. BMW i7 sedikit berbeda dibanderol Rp 3,33 miliar.

Keduanya dibanderol dengan harga fantastis karena kedua lini mobil listrik ini menawarkan sejumlah fitur canggih dan beragam keunggulan yang akan memanjakan penumpangnya.

Selain itu, hasil kerja sama antara BMW dan Sekretariat Negara disebut-sebut merupakan cerminan upaya bersama dalam mendukung transformasi teknologi transportasi menjadi lebih ramah lingkungan. Spesifikasi teknis BMW i5

BMW i5 series memiliki desain sporty yang dilengkapi dengan teknologi BMW eDrive generasi kelima yang diperbarui secara ekstensif. Desain depan BMW Seri 5 menampilkan gril depan ganda khas yang dilengkapi BMW Iconic Glow yang dapat menyala layaknya BMW i7.

Dengan Adaptive LED, BMW i5 secara unik menyempurnakan tampilan sportynya, dengan elemen lampu diposisikan vertikal sebagai sinyal. Di bagian samping, BMW i5 memiliki garis panjang dan bertenaga yang ditandai dengan side skirt hitam, gagang pintu, dan cap angka 5 di dasar pilar C.

Untuk menunjang penampilannya, BMW i5 berukuran panjang 5.060 mm, lebar 32 mm, 1.900 mm, dan tinggi 1.515 mm, spoiler M, velg aerodinamis M 20 inci yang dilengkapi pelek two-tone black grey 939 M, serta M Sport. rem metalik berwarna biru tua.

Beralih ke interior, yang membuat BMW i5 unik adalah penggunaan material Veganza pada permukaan jok, dashboard dan panel pintu, serta pada lingkar kemudi berbahan kulit dengan hiasan berlubang.

Tata letak dashboard BMW i5 terlihat minimalis, menawarkan tampilan melengkung dua layar yang mencakup head unit 12,3 inci dan panel instrumen 14,9 inci.

Agar tampilannya semakin premium, BMW i5 memiliki atap kaca panoramik dan sistem speaker Harman Kardon HiFi.

Keunggulan lain dari BMW i5 adalah mampu berakselerasi dari nol hingga 100 km/jam dalam waktu 6,0 detik, kemampuan berkat penggerak roda belakang, torsi maksimal 340 hp dan torsi maksimal 430 Nm. Fungsi Sport Boost atau Kontrol Peluncuran. 

Mobil listrik ini memiliki baterai tegangan tinggi 81,2 kWh dengan nilai WLTP hingga 582 kilometer, artinya baterai BMW i5 bisa digunakan untuk perjalanan Jakarta-Solo tanpa perlu diisi ulang.

Mengutip Autocar, BMW i5 dibekali fitur-fitur canggih seperti asisten parkir profesional, termasuk Reversing Assist, sebuah teknologi inovatif yang mendukung kenyamanan dan keselamatan pengemudi di jalan maupun saat parkir.

BMW i5 juga dilengkapi dengan Parking Assist Professional termasuk Reversing Assist sebagai perlengkapan standar. Parkir otomatis dan manuver hingga jarak 200 meter dapat dikontrol dari dalam kendaraan.

Selain itu, fungsi canggih BMW secara otomatis dapat melakukan semua tugas yang diperlukan, mengendalikan pedal gas, rem dan kemudi, serta mengganti gigi untuk maju atau mundur. Spesifikasi teknis BMW i7

 BMW i7 dirancang khusus untuk memberikan pengalaman ruang tunggu yang modern dan eksklusif kepada penumpangnya dalam warna merah berukuran 5.391 mm, lebar 1.950 mm, tinggi 1.544 mm, dan jarak sumbu roda 3.215 mm.

 BMW i7 dilengkapi dengan kursi penumpang belakang Executive Drive Pro. Untuk memanjakan pengemudi, interior BMW i7 dilengkapi dengan layar teater berukuran 31 inci yang dapat dihubungkan ke perangkat melalui kabel HDMI atau Bluetooth.

Menariknya, BMW i7 juga memiliki suara buatan yang semuanya diciptakan oleh komposer terkenal Hans Zimmer. Benefit ini memungkinkan penumpang di barisan belakang menikmati layanan streaming film dan musik.

Mobil listrik BMW ini juga dilengkapi dengan fitur keselamatan kelas atas. Terdapat sensor tabrakan berupa airbag yang melindungi pengemudi dari benturan, karena airbag secara otomatis mengambil keputusan keselamatan ketika mendeteksi kecelakaan mobil.

BMW i7 xDrive60 Gran Lusso juga dilengkapi dengan teknologi pengembangan BMW, eDRive generasi kelima, yang memungkinkan mobil terisi cepat dari 0 hingga 80 persen dalam waktu 38 menit dengan tenaga 195 kW.

Di bagian mesin, BMW i7 memiliki tenaga maksimal 544 hp. serta memiliki torsi 745 Nm dan mampu berakselerasi dari keadaan diam hingga 100 km/jam dalam waktu 4,7 detik.

BMW i7 dibekali baterai berkapasitas 101,7 kWh yang menghasilkan tenaga 239 kW atau 320 hp. dan mampu menempuh jarak 625 km menggunakan dua mesin dengan torsi 605 Nm.

Memungkinkan pengguna mengisi daya 10 hingga 80 persen dalam 34 menit. Sedangkan pengisian daya dari 10 persen hingga 100 persen dengan pengisian standar hanya membutuhkan waktu sekitar 5,5 jam. Konten ini ditingkatkan menggunakan kecerdasan buatan (AI).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *