BPIP Ungkap Alasan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Digelar di Blok Rokan

Laporan reporter Tribunnews.com Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Puncak Hari Lahir Pancasila (harlah) pada 1 Juni 2024 akan digelar di Stadion Garuda Pertamina Hulu Rokan (PHR), Riau.

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) terus menyelesaikan persiapan di lapangan bekerja sama dengan pemangku kepentingan terkait di daerah.

Meski baru digelar akhir pekan depan, tim BPIP sudah berada di Riau mulai pekan ini untuk meninjau lokasi.

Persiapan di lapangan sudah kami lakukan bekerjasama dengan Pemda dan PHR Dumai. BPIP terus mematangkan persiapan agar pelaksanaan di Lapangan Garuda PHR Dumai bisa digunakan untuk upacara kenegaraan, kata Ketua Survei Harlah Upacara Peringatan Pancasila. Tim Sarwo Edy kepada wartawan, Jumat (24/5/2024).

Sementara itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) rencananya akan hadir langsung menjadi inspektur upacara.

Selain itu, Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin juga dijadwalkan hadir. Presiden MPR Bambang Soesatyo akan berperan sebagai pembaca teks Pancasila.

Ketua DPR Puan Maharani akan menjadi pembaca UU Tahun 1945. Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy akan membacakan doa. Upacara tersebut akan dihadiri oleh Paskibraka tingkat nasional dan Provinsi Riau.

Diperkirakan ada seribu peserta upacara peringatan Harlah Pancasila di Blok Rokan, mulai dari TNI, Polri, ASN, pegawai PT Pertamina, dan mahasiswa.

Menurut Edy, perayaan Hari Lahir Pancasila tahun ini digelar di wilayah kerja Blok Rokan yang kini dikelola oleh Pertamina Hulu Rokan, untuk menunjukkan bahwa dalam hal ketahanan energi, bangsa Indonesia dengan segenap sumber daya manusianya mampu mengatur dan berdiri sendiri.

“Kenapa di Dumai? Kita tahu, Blok Rokan dulunya dikelola oleh perusahaan asing Chevron. Sejak 2021 kembali ke rahim Ibu Pertiwi, dikelola pemerintah melalui BUMN, dalam hal ini PHR. peringatan Hari Lahir Pancasila ini menegaskan kepada seluruh rakyat Indonesia bahwa kita mampu dalam ketahanan energi,” kata Edy.

Peringatan HUT Pancasila Tahun 2022 akan digelar di Ende, NTT. Tahun lalu diadakan di Lapangan Monas Jakarta. Tahun ini, atas izin Presiden, perayaan HUT Pancasila akan dirayakan secara megah di Blok Rokan.

Memperingati lahirnya Pancasila di salah satu blok migas, Presiden di akhir kepemimpinannya menegaskan bahwa Indonesia mampu menguasai ketahanan energi, pungkas Edy.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *