Konflik Kepengurusan Kadin Akan Diselesaikan Lewat Munas, Kapan Digelar?

Demikian dilansir reporter Tribunnews.com, Endrapta Pramudhiaz 

 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Presiden terpilih Republik Indonesia 2024-2029 Prabowo Subianto akan menyelenggarakan Kongres Nasional (Munas) IX Kamar Dagang dan Industri (Kadin) untuk mengakhiri dualisme kepemimpinan Arsjad Rasjid a. Aniya Bagri. 

Ketua Kamar Dagang dan Industri, Bpk. Arsjad Rasjid untuk menyelenggarakan Munas IX usai pertemuan dengan Ketua Kadin Hasil Munas 2024 Anindya Bakrie. Oleh Menteri Energi dan Pertambangan Bahlil Lahadalia. 

Kongres Nasional ke-9 akan diadakan setelah partisipasi Mr. Prabowo pada 20 Oktober.

Tn. Wisnu W Pettalolo, Wakil Ketua KADIN Indonesia bahwa perjanjian ini akan melindungi kepentingan organisasi dan menjamin keberlangsungan KADIN Indonesia sebagai mitra strategis pemerintah. Ekonomi Manajemen. 

Sesuai kesepakatan, perubahan kepengurusan Kadin Indonesia akan dilakukan setelah pelaksanaan dan keputusan organisasi nasional, kata Wisnu dari keterangan tertulis, Kamis (4/10/2024). 

Ia mengatakan, waktu dan tempat Kongres Nasional ke-9 telah ditetapkan sesuai arahan pemerintah.  Tn. Prabowo sebagai presiden terpilih untuk mengatur waktu pelaksanaan Rakernas. 

Sebelum menggelar Kongres Nasional ke-9, Kadin terlebih dahulu menggelar rapat umum bersama 238 Anggota Biasa (ALB). 

Wisnu mengatakan, pertemuan ini akan memastikan seluruh ALB siap berpartisipasi dan dapat menggunakan hak pilihnya pada Munas ke-9. 

Rapat tersebut diselenggarakan agar seluruh ALB dapat menjadi anggota aktif dan ikut serta menjadi peserta rapat Nasional melalui proses munas yang diselenggarakan sesuai dengan persyaratan AD/ART Kadin Indonesia dan Presiden. Nomor 18 Tahun 2022 (Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2022). 

Semua ALB akan melalui prosedur registrasi, sertifikasi dan peraturan sebagai bagian dari proses yang transparan dan sesuai peraturan.

Saat ini, Kadin Indonesia telah mengamati 238 anggota dunia usaha (ALB) yang merupakan perwakilan perusahaan, perkumpulan, organisasi, dan perkumpulan. 

Dalam pelaksanaan konferensi IX nanti, jumlah peserta ALB dalam Konvensi akan diwakili oleh 30 peserta ALB yang berasal dari asosiasi pengusaha dan 15 penyedia jasa.

“Apabila presiden terpilih menetapkan waktu munas, maka proses dan persiapan ALB akan matang sepenuhnya,” kata Wisnu. 

Ditambahkannya: “Hal inilah yang menjamin Munas tetap berjalan sesuai rencana dan tetap menjaga regulasi yang diperlukan dalam kelompok,”.

Ketua Asosiasi Transportasi dan Forwarding (ALFI), Bpk. Akbar Djohan, ALB sudah terorganisir dengan baik dan siap mengikuti munas berikutnya. 

“Proses kongres akan dilaksanakan dengan mengajak semua pihak untuk menyelenggarakan Majelis Nasional dengan baik sesuai dengan undang-undang dan tata tertib organisasi berdasarkan perintah Presiden negara Nomor O tanggal 18 Tahun 2022, katanya.

Bersamaan dengan itu, Presiden Asosiasi Merek Ritel Internasional Indonesia (APREGINDO) Handaka Santosa juga menyatakan kesiapan perusahaan untuk mengikuti konferensi nasional mendatang. 

“Kami ingin turut serta mensukseskan dunia usaha internasional melalui Kongres Nasional Kadin Indonesia ke-9 bersama AD/ART dan Presiden tanggal 18 tahun 2022,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Energi dan Pertambangan (ESDM) Bahlil Lahadalia mengusung Arsjad Rasjid dan Anindya Bakrie di tengah gejolak internal perebutan kursi presiden Kamar Dagang dan Industri Indonesia.

Alhamdulillah malam ini saya membawa dua sahabat saya, Pak @arsjadrasjid dan Pak @anindyabakrie. Insya Allah kami berkomitmen menjaga Kadin dan Industri Indonesia tetap satu, utuh dan solid, tulis Bahlil dalam dia. . Diunggah di akun Instagram @bahlillahadalia seperti dilihat Tribunnews pada Sabtu (28/9/2024).

Di akun Instagram lainnya yakni @meangkatdaritimur.id, diunggah video yang memperlihatkan Bahlil memberikan informasi pertemuannya dengan Arsjad dan Anindya.

@meangkatdaritimur.id merupakan akun yang sering menyerang aktivitas Bahlil Kementerian ESDM dan merupakan Ketua Umum Golkar.

Dari unggahan video tersebut, Bahlil menyebut Arsjad dan Anindya sudah saling memaafkan karena gejolak di Kadin.

“Hari ini saya bertemu dengan dua orang teman saya, Pak Ajad dan Pak Anin, dan mereka berdua tahu ingin menjalankan tim yang baik,” kata Bahlil.

“Mereka dapat hak patennya, kita bertemu, dan kita saling meminta maaf. Kita berharap Kadin kedepannya bisa lebih baik lagi dan kita semua menjaganya,” lanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *