Pendanaan ke Sektor Pertanian Belum Optimal karena Rendahnya Kepercayaan Pemberi Pinjaman

Laporan reporter Tribunnews.com Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PT Mekar Investama Teknologi, platform P2P lending, bermitra dengan PT Mari Kita Membangun Negeri (MKMB) untuk memberikan pembiayaan kepada operator pertanian.

CEO PT Mekar Investama Teknologi Pandu Aditya K. mengatakan berdasarkan data Bank Dunia, 43 persen masyarakat Indonesia tinggal di pedesaan, namun hanya 29 persen yang bekerja di bidang pertanian.

Menurutnya, sektor pertanian dinilai belum mendapat perhatian yang ideal, termasuk pendanaan.

“Kolaborasi ini tidak hanya akan memberikan akses pembiayaan yang lebih luas bagi usaha kecil di sektor pertanian, tetapi juga memberikan kesempatan bagi pemodal untuk berpartisipasi dalam pembiayaan dampak yang dikelola risiko,” kata Pandu dalam keterangannya, Kamis (8/8/2024). . ). .

Ia sadar, kepercayaan ekonomi terhadap sektor pertanian masih tergolong rendah.

“Pembiayaan yang berkualitas dapat memberikan dampak sosial bagi petani dan berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat,” tambahnya.

Beberapa serikat pekerja nasional atau SPN juga menjadi mitra strategis Perseroan dalam menyalurkan pendanaan.

Belum lama ini, Perseroan juga menggandeng SPN PT Long Rich Indonesia untuk memulai langkah awal Perseroan dalam memperluas pembiayaan.

PT Long Rich Indonesia sendiri merupakan perusahaan manufaktur beberapa merek sepatu ternama dengan jumlah karyawan sebanyak 22.000 orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *