IAEA: Ambisi Nuklir Iran Baru Sebatas Spekulasi

Fatwa Ayatollah Ali Khamenei yang melarang senjata nuklir tidak memperlambat ambisi pemerintah Iran untuk memperkaya uranium hingga tingkat yang dapat meledak.

Menurut Pusat Studi Militer, mengutip media Inggris, Iran International, anggota Komite Keamanan Nasional, Javad Karimi Ghodusi, mengatakan bahwa Iran dapat menguji bom atom dalam waktu seminggu dan jika diizinkan, tulisnya. dan X (sebelumnya Twitter), Senin (22 April).

Namun, dalam wawancara dengan DW, Kepala Badan Energi Atom Internasional (IAEA) Rafael Grossi memperingatkan agar tidak melebih-lebihkan program nuklir Iran.

Program pengayaan uranium Iran hanya membutuhkan waktu “berminggu-minggu, bukan berbulan-bulan” untuk menghasilkan bahan bakar senjata nuklir, kata Grossi.

Namun hal ini tidak berarti Iran sudah atau mempunyai bom atom pada periode ini, tambahnya.

“Perang nuklir memerlukan lebih dari sekedar produksi bahan bakar nuklir,” kata Grossi.

Dia menekankan bahwa tuduhan bahwa Iran ingin mengembangkan senjata nuklir kini “hanya spekulasi.”

Iran selalu menegaskan bahwa program pengayaan uraniumnya adalah untuk tujuan damai, medis, dan sipil.

Namun klaim Teheran tidak dapat diterima karena tindakan Iran yang membatasi akses dan menghapus kamera pengintai IAEA dari situs nuklirnya setelah Amerika Serikat menarik diri dari perjanjian nuklir pada tahun 2016. IAEA menginginkan akses ke Iran.

Akses terhadap ruang lingkup dan pengawasan merupakan tantangan terbesar IAEA dalam mengumpulkan kebenaran tentang program nuklir Iran. Hal ini, menurut Grossi, membuat spekulasi semakin jelas.

“Saya telah berulang kali mengatakan kepada rekan-rekan kami di Iran bahwa kegiatan mereka menimbulkan pertanyaan, menambah fakta bahwa kami tidak mendapatkan peluang dan visibilitas yang diperlukan,” kata kepala IAEA.

“Saat Anda menggabungkan semuanya, Anda memiliki banyak pertanyaan.” Dia menunjuk pada temuan IAEA yang belum terjawab, termasuk tanda-tanda tingginya kadar uranium di lokasi yang tidak diketahui.

“Ini telah menjadi isu utama dalam negosiasi yang sedang berlangsung dengan Iran.” Senjata nuklir bukanlah tujuan perang

Eskalasi yang mencapai puncaknya antara Israel dan Iran juga dicermati oleh IAEA yang khawatir dengan skenario terburuk. “Menyerang fasilitas nuklir dilarang,” katanya.

Ia juga menyinggung isu produksi atau penggunaan senjata nuklir, yang menurutnya mulai dibicarakan di banyak tempat namun sebenarnya bisa melemahkan rezim nuklir.

“Saya pikir merencanakan gagasan senjata nuklir atau penggunaan bom atom adalah hal yang buruk.”

Grossi menekankan bahwa timnya mendorong dialog terus-menerus, mengutip informasi tentang pembicaraan tidak langsung antara Iran dan Amerika Serikat mengenai kesepakatan nuklir.

“Saya ingin ada dialog antara IAEA dan Iran. Karena banyak hal yang perlu diklarifikasi, dan untuk itu, kami akan ke Iran dalam waktu dekat.”

“Saya akan berada di sana untuk menyelesaikan situasi ini jika Iran ingin dipercaya lagi,” ketua IAEA menyimpulkan.

Rzn/as

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *