Mendagri Ungkap Teguh Setyabudi Pj Gubernur DKI Jakarta Pengganti Heru Budi adalah Pilihan Jokowi

Laporan Jurnalis Tribunnews, Mario Christian Sumampow

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Teguh Setyabudi yang baru saja dilantik Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian merupakan pilihan langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sebagai informasi, DPRD DKI Jakarta menggelar rapat pimpinan (rapim) sembari membahas usulan 3 nama calon Penjabat Gubernur DKI Jakarta pengganti Heru Budi Hartono pada Jumat (13/9/2024).

Usulan dari fraksi tersebut menghasilkan 3 nama yang paling banyak diusulkan: Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri Teguh Setyabudi, Plt Sekjen Kemendagri Tomsi Tohir, dan Plt Gubernur Kaltim Akmal Malik. 

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada DPRD DKI Jakarta yang telah mengusulkan tiga nama. Nomor satu adalah Dr Teguh, Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri Gedung Dalam Negeri, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (18/10/2024).

Tito mengatakan, Teguh adalah orang yang berpengalaman di pemerintahan dan tidak ada keraguan. 

Selain itu, ia juga dua kali menjabat sebagai Pj Gubernur, yakni di Sulawesi Tenggara dan Kalimantan Utara. 

Kemudian, di Kementerian Dalam Negeri, Teguh juga pernah menjabat Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Dirjen Pembangunan Daerah, dan Dirjen Dukcapil.

“Dengan pengalaman kerjanya di Kementerian Dalam Negeri, di Aparatur Sipil Negara, dan juga dengan kemampuan akademisnya yang cukup intelektual, dan beliau selalu menjadi konsultan DKI dalam perencanaan anggaran dan lain-lain, maka kami tidak ragu lagi. Pak Teguh bisa,” pungkas Tito.

Sekadar informasi, Menteri Dalam Negeri hari ini melantik dua Pj Gubernur. 

Teguh dilantik bersama Plt Gubernur Papua Tengah Anwar Harun Damanik untuk mengisi posisi Ribka Haluk yang kini menjadi calon menteri dari Presiden baru terpilih Prabowo Subianto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *