Hamas Ternyata Kirim Orang ke Mesir Tapi Bukan Ikut Perundingan Perdamaian, Ini Tugasnya

TRIBUNNEWS.COM – Hamas mengirimkan delegasi ke Mesir pada Sabtu (24/8/2024). Namun delegasi tersebut dipastikan tidak ikut serta dalam perundingan gencatan senjata tersebut.

Seorang pejabat senior Hamas mengatakan kepada Al Arabiya bahwa partainya telah mengirimkan orang kepercayaannya ke Kairo.

“Delegasi tersebut akan bertemu dengan pejabat senior intelijen Mesir untuk mendapatkan informasi mengenai perkembangan putaran gencatan senjata saat ini di Gaza,” kata sumber Hamas.

Namun, ketidakhadiran Hamas dalam perundingan tersebut tidak berarti mereka akan berpartisipasi dalam perundingan tersebut, jelas pejabat tersebut.

Sementara itu, para pejabat AS mengatakan gencatan senjata sudah di depan mata.

Meskipun ada tanda-tanda dari Israel dan Hamas bahwa terobosan masih sulit dicapai, pertempuran terus berlanjut di beberapa wilayah Palestina.

Perundingan yang terputus-putus selama berbulan-bulan telah membahas masalah yang sama, namun pihak-pihak yang bertikai tetap setia pada tuntutan mereka.

Harapan akan adanya solusi memudar karena kedua belah pihak saling menyalahkan atas kegagalan mencapai kesepakatan.

Perselisihan mengenai kehadiran tentara Israel di masa depan di Gaza dan pembebasan tahanan Palestina menghambat kesepakatan mengenai gencatan senjata dan pembebasan sandera.

Hal ini bermula dari tuntutan Israel sejak Hamas menerima versi proposal gencatan senjata yang disampaikan Presiden AS Joe Biden pada Mei lalu.

Rincian implementasi permasalahan teknis utama masih sangat menantang.

Namun Amerika Serikat tetap yakin bahwa proposal “konektivitas” terbaru yang diajukan minggu lalu akan menghasilkan terobosan.

Qatar tidak berpartisipasi dalam perundingan hari Kamis, meski tetap menjadi negosiator jenderal.

Amerika Serikat, Qatar dan Mesir menyebut usulan mereka sebagai perjanjian gencatan senjata.

Namun secara teknis perjanjian tersebut memberikan jeda enam minggu dari pertempuran, fase awal ini disebut Fase Satu.

Pada tahap pertama, beberapa sandera akan dibebaskan dan tahanan Palestina akan dibebaskan dari penjara Israel.

Kesepakatan kemudian akan dicapai untuk memulai diskusi mengenai gencatan senjata permanen.

Namun, Linda Thomas-Greenfield, duta besar AS untuk PBB, mengatakan kepada Dewan Keamanan kemarin bahwa kesepakatan kini dapat dicapai, menyusul seruan pada Rabu malam di mana Biden mendesak Netanyahu untuk menyelesaikan ‘perjanjian tersebut.

“Israel telah menerima usulan hubungan tersebut. Sekarang Hamas harus melakukan hal yang sama,” katanya kepada dewan.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dituduh menggagalkan perundingan di Gaza dengan mengubah posisi tim perundingnya dan memperkenalkan kondisi baru yang tidak dapat diterapkan.

Para analis yakin Netanyahu dan pemimpin Hamas Yahya Sinwar tampaknya akan melanjutkan konflik, sehingga menimbulkan pertanyaan tentang kesediaan mereka untuk mengupayakan perdamaian. Keduanya merupakan inti dari negosiasi.

Netanyahu, yang tampaknya menolak segala hal kecuali tekanan signifikan AS atau tantangan dalam negeri, tampaknya berniat memperpanjang dan mungkin memperluas perang secara regional.

Sementara itu, Sinwar mungkin menunggu waktunya, mengantisipasi janji balas dendam Iran terhadap Israel setelah pembunuhan pemimpin politik Hamas Ismail Haniyeh pada 31 Juli di Teheran.

Hamas mungkin berharap bahwa konflik yang lebih besar, yang mungkin melibatkan Hizbullah, akan menarik perhatian Israel dan memperkuat posisinya dalam negosiasi di masa depan.

“Faktor kuncinya adalah kesediaan Amerika Serikat untuk menggunakan pengaruhnya terhadap Israel, terlepas dari niat Netanyahu atau Sinwar,” kata Bilal Saab, kepala Praktik AS-Timur Tengah dan penasihat Penelitian dan Konsultatif Dewan Ilmiah dan Akademik TRENDS.

“Alasan mengapa keduanya, terutama Netanyahu, mempertahankan kebijakan mereka saat ini adalah karena Amerika Serikat tidak menggunakan pengaruhnya atau menekan Israel untuk mengubah kebijakannya.” (Arabiya/AFP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *