Ahli PBB: Upaya Global Hentikan Perang Sipil di Myanmar ’Tidak Berhasil’

Pelapor Khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Tom Andrews mengatakan upaya global untuk menghentikan perang saudara di Myanmar “jelas gagal”. Dia meminta para pemimpin dunia untuk menghentikan aliran “uang, senjata, dan legitimasi” ke rezim militer yang berkuasa.

Dia membuat pengumuman tersebut pada Kamis (10 Oktober), menggambarkan situasi di Myanmar sebagai “lebih buruk, lebih buruk, mengerikan” setelah lebih dari tiga juta orang mengungsi akibat pertempuran.

Konflik tersebut dibahas pada pertemuan para pemimpin Asia Tenggara di Laos minggu ini, di mana mereka meminta junta militer Myanmar dan lawan-lawannya untuk mengambil “tindakan tegas” untuk menghentikan pertumpahan darah.

Menurut Andrews, sejak militer Myanmar mengambil alih kekuasaan pada Februari 2021, mereka telah menangkap lebih dari 20.000 orang karena melakukan protes dan mengebom wilayah yang dikuasai oposisi.

Namun, meskipun mempunyai kekuatan bersenjata, tentara tidak mampu mencegah banyak serangan bersenjata dari kelompok etnis dan milisi di beberapa negara bagian.

Rezim militer telah kehilangan kendali atas sebagian besar negara dan mendapat kecaman internasional.

Selama kunjungannya ke Australia, Andrews mengatakan rezim tersebut telah kehilangan “puluhan ribu” tentara dalam perang dan telah beralih ke sistem wajib militer untuk menyusun kembali pasukannya.

“Rezim telah merespons kekalahannya dengan meningkatkan serangan terhadap sasaran sipil,” kata Andrews, memperkirakan militer telah membunuh lebih dari 5.600 warga sipil.

Andrews menyerukan negara-negara regional dan global untuk menerapkan lebih banyak sanksi hukum, ekonomi dan perdagangan.

“Perlunya tindakan internasional sangat besar,” tegasnya, seraya menyerukan kekuatan regional untuk memastikan bahwa pemerintah militer kekurangan “uang, senjata, dan legitimasi.”

“Respon internasional terhadap krisis ini jelas gagal,” katanya, menyerukan pertemuan darurat.

“Saya khawatir krisis yang semakin parah di Myanmar tidak terlihat oleh sebagian besar dunia,” tambahnya.

Andrews telah meminta Australia dan negara-negara serupa untuk membantu mengadili para pemimpin Myanmar atas tuduhan genosida dan mendukung langkah-langkah untuk mengajukan tuduhan kejahatan perang ke Pengadilan Kriminal Internasional di Den Haag.

Sebagian besar tuntutan tersebut berkaitan dengan penganiayaan selama puluhan tahun terhadap minoritas Muslim Rohingya, yang telah dibunuh, diculik dan dipaksa melintasi perbatasan ke negara tetangga Bangladesh.

Bangladesh adalah rumah bagi sekitar satu juta pengungsi Rohingya, yang sebagian besar melarikan diri pada tahun 2017. Apakah ASEAN sedang berjuang untuk menemukan solusi?

Pada Rabu (10 September), para pemimpin Asia Tenggara meminta rezim Myanmar dan lawan-lawannya untuk mengambil “tindakan tegas” untuk menghentikan pertumpahan darah di negara tersebut. Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) telah mencoba menemukan solusi negosiasi terhadap krisis Myanmar.

Krisis tersebut mendominasi diskusi pada hari pertama KTT ASEAN di Vientiane, Laos. Selain itu, isu terkait sengketa Laut Cina Selatan (LCS) juga menjadi agenda utama.

Pada hari pertama KTT ASEAN, para pemimpin ASEAN mengadakan pembicaraan tatap muka pertama mereka dalam tiga tahun dengan perwakilan senior Pemerintah Myanmar.

Pemerintahan awalnya menyetujui rencana “konsensus lima poin” dengan ASEAN untuk memulihkan perdamaian dalam beberapa minggu setelah penggulingan Aung San Suu Kyi. Namun, mereka terus melakukan penindasan berdarah terhadap partai-partai oposisi yang menentang rezim.

Para pemimpin ASEAN pada hari pertama KTT 2024 menegaskan bahwa rencana mengatasi krisis tetap menjadi “rujukan utama” mereka setelah mengecam Myanmar karena mengabaikan lima poin KTT 2022 dan 2023. Hal itu tertuang dalam rancangan pernyataan Ketua ASEAN. “Implementasinya tidak jelas”

“Kami berusaha mencari jalan ke depan karena meskipun ada lima poin… kami harus mengakui bahwa kami belum berhasil mengubah situasi,” kata Presiden Filipina Marcos kepada wartawan.

Dia mengatakan mereka sedang mencoba untuk menghasilkan strategi baru dan strategi baru tersebut belum diputuskan.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Thailand Nikontage Balankura menegaskan pertemuan tersebut tidak membahas bagaimana menerapkan rencana perdamaian.

Kegagalan ASEAN mencapai kemajuan nyata dalam menyelesaikan perang saudara terhadap salah satu anggotanya telah menimbulkan pertanyaan lama mengenai efektivitas aliansi tersebut.

Mustafa Issuddin, analis hubungan internasional di Solaris Strategies Singapura, mengatakan kepada kantor berita AFP: “Selama krisis Myanmar tidak terselesaikan, terdapat risiko tinggi bahwa ASEAN tidak lagi berguna dalam menyelesaikan konflik di kawasan Asia Tenggara”.

Karena diplomasi resmi belum mencapai kemajuan, Thailand akan mengadakan pembicaraan informal mengenai krisis di Myanmar pada Desember 2024 dengan partisipasi anggota ASEAN dan mungkin negara tetangga seperti Tiongkok dan India. Maroof Amin mengingatkan, krisis Myanmar merupakan tantangan terbesar yang dihadapi ASEAN

Wakil Presiden RI (WAPRES RI) Maruf Amin yang hadir pada KTT ASEAN di Vientiane menyoroti posisi ASEAN terhadap isu tersebut. Ia menegaskan, hal ini merupakan persoalan internal ASEAN dan perlu segera diselesaikan.

Dalam laporan Detik, Marouf awalnya menegaskan kembali pentingnya menghormati hukum internasional untuk menjaga stabilitas dan perdamaian di kawasan dan dunia.

“ASEAN harus terus menyuarakan pentingnya penerapan hukum internasional secara adil dan tanpa standar ganda,” kata Maroof pada pertemuan di ASEAN Retreat ke-45. Upaya ini diperlukan sebagai bentuk stabilitas ASEAN untuk menjaga perdamaian.” KTT di Vientiane National Convention Center (NCC) di Laos pada Rabu (9 Oktober).

Ia mengatakan tantangan terbesar yang dihadapi ASEAN saat ini adalah krisis Myanmar. Maruf Amin mengatakan, krisis yang terjadi di Myanmar merupakan tantangan internal terbesar yang dihadapi ASEAN saat ini, tidak hanya membawa penderitaan bagi masyarakat Myanmar tetapi juga mengancam stabilitas kawasan Tenggara. .

Ma’roof juga menyerukan lebih banyak bantuan untuk rakyat Myanmar. ASEAN diminta memastikan isu Rohingya menjadi bagian dari penyelesaian isu Myanmar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *