Bertemu Paus Fransiskus di Istana, Andi Gani Melihat Sosok yang Dekat dengan Kaum Marjinal

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Presiden Dewan Serikat Buruh ASEAN (ASEAN TUC) Andy Gani Nena Wee menyambut baik kedatangan Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik Dunia, Paus Fransiskus, ke Indonesia. 

Andy Gani memandang Paus Fransiskus sebagai sosok religius yang sangat peduli terhadap sesama. 

“Paus sangat dekat dengan masyarakat marginal, masyarakat kurang mampu, beliau menaruh perhatian pada generasi muda dan ini merupakan contoh yang luar biasa bagi kita semua,” kata Andy Gani usai menghadiri pertemuan Paus Fransiskus dengan Presiden Jokowi di Istana Merdeka. , Jakarta, Rabu (4/9/2024).

Andy Gani mengaku kaget dengan kesederhanaan Paus Fransiskus saat tiba di Indonesia. 

Menurutnya, pemimpin 1,5 miliar umat Katolik sedunia itu hanya ingin menggunakan Toyota Kizong Innova Geninx Hybrid di Indonesia.

Bahkan, Paus Fransiskus rela menginap di Kedutaan Besar Vatikan di Indonesia, bukan di hotel mewah. 

“Ketika Anda tiba di Indonesia dengan mobil yang sangat sederhana, Anda memilih untuk tidur di Kedutaan Besar Vatikan, yang merupakan contoh kesederhanaan bagi seluruh masyarakat Indonesia,” ujarnya. 

Andy Gani yang juga Ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) meyakini kedatangan Paus Fransiskus akan memperkuat posisi Indonesia di mata dunia. Dengan demikian, citra Indonesia di mata dunia sudah harum. 

Bayangkan Paus berani membuka kaca di tengah kerumunan ibu kota. Berarti ibu kota sangat aman. Mudah-mudahan sebelum 6 September semuanya baik-baik saja. Kita bersyukur sekali karena ini kunjungan ketiga ke Islandia. dari tahun 1970, 1989 dan sekarang 2024 akan luar biasa,” ujarnya. 

Andy Gani menilai Kepala Vatikan tidak bisa mengunjungi negara mana pun. Hanya negara-negara yang menghargai keberagaman yang bisa merasakan anugerah kedatangan Paus. 

Tentu saja ada kajian khusus yang dilakukan tim Pak Pope sebelum beliau berkunjung ke Tanah Air. Sangat luar biasa dan dipikirkan matang-matang ketika Indonesia terpilih. Ini kunjungan yang lamanya tiga hari. Biasanya Pak Pope dua hari. di satu tempat dan ini perjalanan terpanjangnya saat menjadi paus,” ujarnya. menjelaskan. 

Sementara itu, Andy Gani diundang khusus untuk bertemu Paus Fransiskus di Istana Negara besok dan sore ini ia diundang kembali bersama Paus Fransiskus di Youth Planet Katedral. 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengaku bangga Indonesia menjadi salah satu negara yang dikunjungi Paus Fransiskus. Jokowi mendapat kabar bahwa kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia akan menjadi perjalanan yang panjang. 

“Ini penerbangan terpanjang yang pernah dilakukan Paus,” kata Jokowi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *