Steroid, Cara Instan yang Salah Gemukkan Badan Anak, Dokter Sebut Ini Obat Nafsu Makan Terbaik 

Dilansir jurnalis Tribunnews.com Aisya Narsyamsi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Para ibu mungkin merasa khawatir saat bayinya melakukan gerakan GTM atau tersedak atau saat tidak lapar. 

Kecemasan bertambah ketika melihat tubuh anak kurus.

“Mengapa bayi saya tidak bisa gemuk atau kurus?” Pertanyaan ini meresahkan sebagian ibu yang anaknya sering mengalami GTM. 

Saat bayi mengalami GTM seperti ini, tidak jarang kita sebagai ibu mengatasi kecemasan tersebut dengan memburu berbagai obat atau vitamin untuk menambah nafsu makan. 

Namun cara ini tidak sepenuhnya baik. 

Kabar dari Surabaya, Jawa Timur, mengejutkan banyak orang. Seorang balita diberi obat kuat oleh pengasuhnya hingga membuatnya gemuk.

Seorang babysitter berinisial NB ditangkap polisi setelah kedapatan memberikan obat keras kepada anak yang diasuhnya. VIROVÁ Pengasuhan Anak Berdampak Fatal pada Bayi Gemuk, Kini Pelakunya Sudah Ditangkap Polisi. (X/istilah)

Obat yang dimaksud, deksametason dan pronici, merupakan jenis steroid yang biasa dikonsumsi dengan resep dokter.

Lalu metode apa saja yang sebaiknya digunakan seorang ibu dalam memberi makan bayinya? Simak ulasan Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Jenderal Dr. Piprim Basrah Yanuars. Jangan mengikuti pemahaman yang salah! Lemak bukanlah indikator kesehatan

Dr. Dalam penjelasannya, Piprim mengungkapkan, kejadian pemberian obat steroid seperti yang terjadi di Jawa Timur merupakan cerminan dari miskonsepsi yang ada di masyarakat.

Banyak orang tua dan pengasuh yang percaya bahwa kelebihan berat badan adalah tanda bayi sehat.

“Orang tua sering dibandingkan dengan anak lain dan khawatir jika anaknya gemuk,” jelasnya dalam media briefing virtual yang digelar pada 17 Oktober 2024. gambar (bersih)

Gagasan bahwa “semakin gemuk semakin sehat” perlu segera dibantah.

Kesehatan anak harus diukur berdasarkan tinggi badan sesuai usianya, bukan hanya berat badannya saja. Pantau pertumbuhan dan perkembangan anak Anda

Salah satu metode yang direkomendasikan oleh Dr. Piprim memantau grafik tumbuh kembang anak pada Kartu Jalur Sehat (KMS) atau Kartu Ibu dan Anak (KIA).

Bagan ini memberikan informasi penting tentang berat dan tinggi badan anak berdasarkan usia.

“Orang tua hendaknya bekerja sama dengan tenaga kesehatan untuk melakukan pemantauan secara berkala,” tegasnya. Steroid, cara cepat merangsang nafsu makan anak dengan akibat yang berbahaya.

Mengonsumsi steroid dapat berdampak langsung pada nafsu makan anak.

Dr. Merica.

Pemberian dalam jangka panjang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Munculnya wajah tembem merupakan tanda reaksi tubuh terhadap steroid.

Penting bagi orang tua untuk memahami bahwa memaksa anak makan saat tidak lapar atau menawarkan camilan saat anak menolak makan dapat berakibat fatal.

“Rasa kenyang sebelum makan tidak terlalu membuat anak mau makan,” jelasnya. Menciptakan suasana menyenangkan saat makan, obat terbaik untuk lapar adalah lapar

Dr. Piprim mendorong orang tua untuk menciptakan lingkungan makan yang menyenangkan.

Ajari anak mengenali rasa lapar, karena nafsu makan yang sehat adalah kuncinya.

“Obat terbaik untuk kelaparan adalah kelaparan,” tambahnya.

Dengan cara ini, orang tua dapat memastikan anak mereka mendapatkan nutrisi yang tepat tanpa bergantung pada cara yang berisiko. Anak makan sayur (IST)

Piprim menghimbau para orang tua untuk tidak terpengaruh oleh keinginan anak untuk menjadi gemuk.

Terjaminnya kesehatan anak bukan hanya sekedar angka dalam skalanya saja, namun bagaimana ia tumbuh dan berkembang secara optimal.

Dengan pendidikan yang tepat dan pemahaman menyeluruh, kita dapat mencegah kasus serupa di masa depan demi kesehatan dan kesejahteraan generasi mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *