Pentagon: Iran Akan Serang Israel dalam 72 Jam ke Depan, IRGC Telah Terima Perintah Ali Khamenei

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei memerintahkan serangan langsung ke Israel.

Serangan itu menyusul pembunuhan pemimpin Hamas Ismail Hanih di Teheran.

Perintah tersebut didasarkan pada kesaksian tiga pejabat Iran yang diberi pengarahan mengenai perintah tersebut.

Perintah untuk melakukan serangan itu dikeluarkan pada pertemuan darurat Dewan Keamanan Nasional Tertinggi Iran pada Rabu pagi tak lama setelah Iran mengumumkan kematian pemimpin Hamas Ismail Hanihe.

Dua pejabat yang dikutip oleh New York Times adalah anggota Garda Revolusi dan meminta untuk tidak disebutkan namanya karena mereka tidak berwenang untuk berbicara di depan umum.

Pada saat yang sama, pejabat Pentagon AS mengatakan Iran dan sekutunya akan melancarkan serangan besar-besaran terhadap Israel dalam 72 jam ke depan, mulai kemarin atau dalam 48 jam ke depan.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Iran Baghri Khani berbicara melalui telepon dengan menteri luar negeri Qatar dan Arab Saudi.

Ada pula yang menafsirkan komunikasi tersebut sebagai bentuk pemberitahuan kepada Iran mengenai rencana melancarkan serangan militer terhadap organisasi Zionis.

Ini merupakan peringatan bagi negara-negara tersebut untuk tidak menggunakan wilayah udara mereka jika terjadi perang di masa depan.

Iran dan Hamas menyalahkan Israel atas pembunuhan tersebut. Israel memiliki sejarah panjang dalam membunuh musuh di luar negeri, termasuk ilmuwan nuklir dan komandan militer Iran.

Selama hampir 10 bulan perang di Gaza, Iran berusaha menyeimbangkan tekanan terhadap Israel untuk meningkatkan serangan yang dilakukan oleh sekutu dan pasukan proksinya di wilayah tersebut sambil menghindari perang antara kedua negara.

Pada bulan April, Iran melancarkan serangan terbesar dan paling umum terhadap Israel dalam beberapa dekade perang bayangan, menembakkan ratusan roket dan drone sebagai pembalasan atas serangan Israel terhadap kompleks kedutaan di Damaskus, Suriah, yang menewaskan beberapa komandan militer Iran.

Barat bahkan seluruh dunia kini menantikan langkah Iran. Tidak jelas seberapa kuat tanggapan Iran dan bagaimana mencegah serangan lain agar tidak meningkat.

Para pejabat Iran mengatakan New York Times melaporkan bahwa komandan militer Iran sedang mempertimbangkan serangan drone dan rudal lainnya terhadap sasaran militer di dekat Tel Aviv dan Haifa, tetapi akan berusaha menghindari sasaran sipil.

Salah satu opsi yang sedang dipertimbangkan adalah serangan terkoordinasi oleh Iran dan sekutu lainnya, termasuk Yaman, Suriah, dan Irak.

Ali Khamenei, yang mempunyai keputusan akhir dalam semua urusan negara dan juga merupakan panglima tertinggi angkatan bersenjata, memerintahkan komandan militer dari Garda Revolusi dan tentara untuk mempersiapkan rencana perang dan Israel atau Amerika Serikat untuk menyerang dan membela mereka. Dia menyerang Iran.

Dalam pernyataan publik mengenai kematian Khamenei, dia mengisyaratkan keinginan Iran untuk membalas dendam secara langsung ketika dia berkata: “Kami menganggap tugas kami untuk membalas darahnya” karena hal itu terjadi di wilayah Republik Islam.

Dia mengatakan Israel sedang mempersiapkan dasar untuk “hukuman berat”.

Pernyataan Presiden baru Masoud Pezeshkian, Kementerian Luar Negeri, Garda Revolusi dan pejabat Iran lainnya, termasuk misi Iran di PBB, juga memperjelas bahwa Iran mempunyai hak untuk melakukan pembalasan terhadap Israel dan membela diri dari pelanggaran yang dilakukan Iran. kedaulatan.

Iran dan kekuatan regional yang didukungnya – Hamas, Hizbullah di Lebanon, Houthi di Yaman dan banyak milisi lainnya di Irak – adalah apa yang disebutnya sebagai “poros perlawanan.”

Para pemimpin kelompok tersebut berada di Teheran pada hari Selasa untuk menghadiri pelantikan Pezeshkian.

Ismail Hanikh dibunuh sekitar pukul 02.00 waktu setempat setelah menghadiri upacara dan bertemu Ayatollah Ali Hamini.

Amerika Serikat dimintai pertanggungjawaban

Kementerian Luar Negeri Iran mengatakan Washington juga bertanggung jawab atas serangan Israel pada 31 Juli yang menewaskan pemimpin Hamas Ismail Hani di Teheran.

“Tindakan teroris ini tidak hanya melanggar hukum internasional dan Piagam PBB, tetapi juga menimbulkan ancaman serius terhadap perdamaian dan keamanan regional dan internasional,” kata Kementerian Luar Negeri Iran pada hari Rabu.

Pernyataan itu melanjutkan: “Republik Islam Iran menekankan peran pemerintah AS sebagai pendukung dan mitra rezim Zionis dalam melakukan tindakan terorisme keji, menduduki Palestina, dan melanggengkan genosida.”

Komentar tersebut muncul tak lama setelah Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken mengatakan Washington tidak terlibat dalam serangan itu.

“Itu adalah sesuatu yang tidak kami sadari atau terlibat di dalamnya.” Sangat sulit untuk diprediksi,” kata Blinken kepada Channel Asia saat melakukan perjalanan di Singapura ketika ditanya bagaimana perkembangan ini akan berdampak pada kawasan.

Dia juga mengatakan Amerika Serikat akan melakukan segalanya untuk menjamin gencatan senjata dan pertukaran tahanan.

Menurut pejabat regional, pembunuhan tersebut mengancam perundingan mengenai kesepakatan Gaza, di mana Hania memainkan peran kuncinya.

“Bagaimana mediasi bisa berhasil jika satu pihak membunuh pihak lain?” Perdana Menteri Qatar Mohammad bin Abdulrahman Alsani mengumumkan hal ini di jejaring sosial pada hari Rabu.

Pemimpin Tertinggi Iran Ali Khamenei mengatakan dalam kunjungan diplomatik pada 30 Juli bahwa Teheran akan membalas pembunuhan Hania di wilayahnya, yang jelas merupakan pelanggaran hukum internasional.

“Israel menghukum dirinya sendiri dengan kejam dengan membunuh Hani. “Adalah tugas kita untuk membalaskan dendam Haniha yang terbunuh di tempat suci Republik Islam Iran,” kata Hamini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *