Dapat Komentar Seksis, Wasit Perempuan Hapus Akun Instagram

Emanuela Rusta, wasit wanita pertama di divisi tertinggi Albania dan wasit internasional Albania pertama. Ia ditunjuk untuk mengawasi pertandingan antara Sporting Lisbon dan Real Madrid di Liga Champions Wanita pada Kamis (19/09). Ini menandai kemajuannya menuju puncak olahraga sepak bola.

Namun, ada hal lain yang membuat wanita berusia 30 tahun itu khawatir. Sebelum pertandingan, dia menghapus akun Instagram-nya setelah serangkaian pesan seksis tentang penampilannya.

Rusta disebut-sebut sebagai “wasit seksi” di berbagai headline media. Akibatnya, ia menerima beberapa pesan misoginis di platform media sosial.

“Mereka seharusnya lebih fokus pada profesionalisme saya, bukan pada hal lain,” katanya kepada AFP. “Anda harus berjuang keras untuk diterima. Anda harus mendobrak hambatan.”

“Menjadi wasit sepak bola bukanlah soal gender, tapi kompetensi. Untuk mengambil keputusan yang baik, Anda harus mengetahui aturan main dengan sempurna, bugar, dan memiliki kemampuan konsentrasi yang baik.” “Kita harus dinilai berdasarkan prestasi, bukan gender”

Baru dalam satu dekade terakhir wasit berhasil mendapatkan tempat di kasta teratas sepak bola putra, meski sebagian besar terlihat di pertandingan sepak bola wanita. Salah satu pionirnya adalah wasit Jerman Bibiana Steinhaus-Webb.

Steinhaus-Webb menjadi wanita pertama yang menjadi wasit pertandingan di salah satu dari lima liga top Eropa ketika ia memimpin pertandingan Bundesliga pada tahun 2017. Berbicara kepada DW saat itu, ia juga mengungkapkan kekhawatiran yang sama seperti Rusta.

Pada akhirnya, kinerja adalah yang terpenting, katanya. “Dan orang yang memberikan performa terbaik haruslah orang yang berada di lapangan, tanpa memandang jenis kelamin, warna rambut, agama. Itu yang terpenting.”

Steinhaus-Webb pensiun dari jabatannya pada tahun 2020 dan Stephanie Frappart sekarang menjadi juri selebriti. Dia membuat sejarah dengan menjadi wanita pertama yang menjadi wasit Piala Dunia 2022 di Qatar.

“Saya selalu mendorong gagasan bahwa kita harus terkenal karena prestasi kita dan bukan karena gender kita,” katanya.

Namun, keputusan Rust untuk menghapus akun Instagramnya semakin menyoroti seberapa jauh sepak bola masih harus melangkah dalam perjuangan melawan seksisme. Sepak bola wanita telah mengalami kemajuan besar dalam beberapa tahun terakhir. Tiket pertandingan di stadion juga mulai terjual habis dan terjadi peningkatan penawaran siaran media.

Meski begitu, perempuan di lapangan, baik sebagai pemain, pelatih, atau wasit, masih sering dinilai dari penampilan fisiknya. Gambar tubuh wanita dalam sepak bola

Pesepakbola Inggris Fran Kirby terekam saat latihan dan mengaku masih memakai jumper karena dikabarkan kelebihan berat badan.

“Saya yakin semakin banyak orang yang mengomentari berat badan mereka dan penampilan mereka di TV atau foto,” kata juara Eropa itu awal tahun ini. “Tidak peduli apa bentuk tubuhmu, bagaimana penampilanmu dalam pakaianmu, bagaimana penampilanmu dalam seragammu.”

Rusta telah menonaktifkan Instagram-nya untuk memprotes lambatnya kemajuan dalam mengatasi seksisme dan misogini dalam sepak bola. Namun masih ada harapan untuk masa depan.

Mudah-mudahan segera ada empat wasit yang mengawasi pertandingan kategori teratas liga sepak bola putra, tambahnya.

“Meski lingkungan ini tampak didominasi laki-laki, saya merasa dihormati dan dihargai atas pekerjaan yang saya lakukan di industri ini.”

Diadaptasi dari artikel DW UK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *