Jawaban PMM, Apa Saja Upaya yang Akan Anda Lakukan untuk Mempelajari Target Perilaku?

TRIBUNNEWS.COM – Jawaban atas Pertanyaan: Upaya Apa yang Anda Lakukan dalam Mempelajari Perilaku Target Anda?

Pertanyaan ini muncul ketika penulis mengisi dokumen persiapan pemantauan praktik kinerja pada platform Merdeka Mengajar (PMM) 2024.

Guru diminta menggambarkan upayanya mempelajari perilaku sasaran dalam maksimal 250 karakter.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penulis dapat menggunakan jawaban yang dihimpun dalam artikel dari Tribunnews.com ini.

Secara umum berikut contoh soal dan jawaban pengisian dokumen persiapan monitoring pelatihan PMM 2024. Pertanyaan: Apa yang Anda coba pelajari tentang perilaku target? 

Catatan Jawaban: Upaya saya adalah mempelajari keberagaman dan refleksi dengan baik. Tujuannya adalah untuk membantu siswa mencapai potensi tertingginya dan termotivasi dalam proses pembelajaran.

Cara yang dilakukan adalah dengan mempersiapkan dan meningkatkan guru penggerak, guru senior, berbagai modul pengajaran, atasan dengan berkonsultasi dengan rekan di internet, artikel, PMM, buku, berbagai pendidikan.

Alternatif jawaban: Perilaku penggunaan media digital seperti aplikasi AI terbuka memerlukan penjelasan berbeda. Tonton video motivasi di YouTube dan PMM. Bacalah ide-ide praktis dari rekan-rekan di PMM.

Alternatif jawaban: Saya akan membaca topik atau modul terkait penggunaan disiplin positif di PMM.

Saya berdiskusi dan berkolaborasi dengan rekan-rekan dalam menerapkan disiplin positif.

Jawaban alternatif: 

1. Saya melakukan observasi untuk mengamati langsung tingkah laku siswa di kelas atau lingkungan belajar lainnya.

2. Saya menggunakan kontak langsung dengan siswa untuk mendapatkan pemahaman lebih dalam tentang faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku siswa.

3. Saya perlu berdiskusi dengan guru lain atau kelompok pengajar untuk berbagi pengalaman dan strategi efektif dalam menghadapi perilaku siswa.

4. Saya dapat mengumpulkan dan menganalisis data perilaku siswa, seperti catatan disiplin atau nilai tes psikologi, untuk mengidentifikasi pola dan tren tertentu.

5. Bicaralah dengan orang tua siswa untuk mendapatkan lebih banyak wawasan tentang perilaku mereka di luar lingkungan sekolah.

6. Bacalah artikel atau penelitian terkait perilaku anak dan strategi pengelolaan kelas untuk menambah wawasan.

Setelah menjawab pertanyaan, apa yang Anda coba pelajari tentang perilaku target? Guru dapat mengisi grafik observasi untuk latihan kinerja.

Rencana penilaian kinerja dapat didiskusikan terlebih dahulu dengan atasan Anda.

*)Disclaimer: Contoh jawaban pada artikel ini hanya sebagai referensi bagi penulis untuk menjawab pertanyaan terkait di forum Menkajar Merdeka.

(Tribunnews.com/Sri Juliati)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *