Tampilkan Tari Ratoh Jaroe, Pelajar Indonesia Raih Medali Emas di World Dance Festival 2024

Wartawan Tribunnews.com Fahdi Fahlavi melaporkan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pelajar Indonesia berhasil meraih medali emas pada World Dance Festival (WDF 2024) di Korea Selatan.

Acara WDF 2024 merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Korea Dance Organization.

Acara tahun ini diadakan di Suwon Convention Center di Suwon, Korea Selatan.

Acara yang diikuti puluhan peserta dari berbagai negara ini terbagi dalam kategori tari tradisional dan tari modern atau kreatif.

Dalam acara ini, siswa SMA dan SMA Kesatuan Bangsa mengikuti kategori tari tradisional.

Sebanyak 21 siswa kelompok ekstrakurikuler tari menampilkan tarian Ratoh Jaroe dari provinsi Aceh.

Kepala Sekolah SMA Kesatuan Bangsa Noor Wijayanto berharap kemenangan ini dapat menciptakan citra baik bagi Indonesia.

Nur Wijayanto mengatakan pada Rabu (21/8/2024): “Kami berharap generasi muda, baik yang berkecimpung di dunia seni, sains, dan teknologi, dapat menciptakan tren dan kampanye positif demi citra baik Indonesia di mata dunia.”

“Misi ini untuk SMA Kesatuan Bangsa Yogyakarta dan siswa SMA yang mengikuti World Dance Festival 2024,” ujarnya.

Sementara itu, Ariyan Latifah, rekan satu timnya sekaligus pelatih tim, mengatakan bahwa para siswi berusaha keras dalam ajang ini.

“Pada masa ini, mahasiswa tidak lepas dari latihan dan kedisiplinan yang ketat. “Dukungan sekolah dan orang tua juga meningkatkan keinginan siswa untuk meraih gelar juara.

Selain itu, Tim Tari Jerami Sekolah Kesatuan Nasional juga mendapat undangan khusus dari KBRI Seoul untuk tampil di hadapan WNI dan mengundang tamu-tamu dalam rangka memperingati 79 tahun kemerdekaan Indonesia. 17 Agustus 2024.

Duta Besar RI untuk Korea Zelda Wulan Kardika menambahkan, dalam rangka Hari Kemerdekaan Indonesia, perlu mengingat masa lalu dan melakukan refleksi terhadap upaya yang dilakukan untuk melepaskan diri dari belenggu kolonialisme.

“Hari Kemerdekaan adalah saat untuk menghormati masa lalu, merayakan masa kini dan menatap masa depan. Ibukota Negara Kepulauan (IKN) adalah ibu kota baru Indonesia dan ‘Yeni Nusantara’ adalah istilah yang menekankan peran Indonesia dalam skala global. . Ini merupakan tonggak sejarah dan mewujudkan visi membangun bangsa yang lebih kuat dan bersatu.” .

Sementara itu, Atase Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia di Korea Selatan, Amalia Fitria, Ph.D. Saman pun mengucapkan terima kasih kepada tim dance.

Hal ini tentunya menjadi semangat bagi seluruh civitas akademika National Union School untuk berperan aktif dalam pembangunan Indonesia di masa depan.

(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *