Jokowi di Istana, Iriana ke Makassar dan Gibran Blusukan Saat Gelombang Demo Tolak RUU Pilkada Ricuh

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo alias Jokowi beraktivitas di Istana Kepresidenan Jakarta seperti biasa, Kamis (22/8/2024).

Sementara itu, Ibu Negara Iriana Jokowi berkunjung ke Makassar, Sulawesi Selatan, untuk menghadiri sejumlah kegiatan.

Wakil presiden terpilih yang juga putra sulung Jokowi dan Ariana, Gebran Rakabuming Raka Plosukan di Bandung, Jawa Barat.

Di hari yang sama, situasi di depan Gedung DRC, Senayan, Jakarta, memanas usai aksi protes terhadap Pengujian Undang-Undang (RUU) Pemilihan Umum Daerah (Pilkada) 2024.

Para pengunjuk rasa mencurigai Kongres Rakyat berupaya membatalkan keputusan Mahkamah Konstitusi tentang batas usia maksimal 30 tahun bagi calon daerah pada saat pendaftaran calon, meski sidang paripurna akhirnya ditunda.

Demokrasi terancam jika keputusan Mahkamah Konstitusi dibatalkan, sehingga sebagian masyarakat merasa perlu turun ke jalan dan menyampaikan aspirasinya.

Bukan hanya mahasiswa saja yang protes. Sejumlah tokoh masyarakat turut serta di dalamnya.

Diantaranya Reza Rahadian, Bintang Emon, Ari Kreting, Wanda Hamida, Andovi da Lopez dan masih banyak lainnya.

Berikut agenda Jokowi, Ariana, dan Gibran menurut informasi yang dihimpun Tribun hari ini: 1. Jokowi Terima Pengurus PBNU

Diketahui, Jokowi bertemu dengan Ketua Umum PBNU (Kitum) Yahya Cholil Stakov atau Gus Yahya.

Melansir Tribunnews, keduanya bertemu sekitar pukul 10.20 WIB untuk membahas perizinan pertambangan dan penanaman modal di Ibu Kota Negara (IKN).

Selain itu, Jokowi juga menyambut baik kehadiran Plt. Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana. Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (22/8/2024). (Tribunnews.com/Tawfiq Ismail)

Terkait pertemuannya dengan Jokowi, Nana mengaku hanya membicarakan hal pribadi.

Ia juga membantah adanya pembahasan terkait pilkada di Jawa Tengah saat bertemu dengan Presiden RI Nomor Satu.

“Cuma soal undangan pernikahan (untuk anak). Enggak ada salahnya. Enggak ada, nggak ada hubungannya apa-apa,” kata Nana.

“Tidak ada, tidak ada (masalah politik). Hanya masalah pribadi. Hanya masalah pribadi,” ujarnya.

Sementara itu, Deputi Protokol, Pers dan Informasi Sekretariat Presiden Yusuf Permana membenarkan Presiden Jokowi akan melakukan kegiatan di Jakarta mulai Kamis pagi hingga siang nanti.

“Anda aktif di Jakarta. Rencananya menghadiri agenda JiExpo,” kata Yusuf, Kamis, dikutip Tribunnews dari Kompas.com.

Jokowi diperkirakan akan menghadiri peluncuran Gerakan Nasional Keuangan Cerdas dalam rangka Hari Indonesia Menabung, di Teater Jexpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Namun kabar terkini, Jokowi dikabarkan membatalkan keikutsertaannya dalam acara tersebut.

Agenda ini sudah dilimpahkan kepada pejabat lain. 2. Airana di Makasar

Ibu Negara Iriana Jokowi berkunjung ke Makassar untuk menghadiri sejumlah kegiatan.

Iriana diketahui datang bersama Organisasi Aksi Solidaritas Modern (OASE) Kabinet Indonesia Maju (KIM) dalam kegiatan sosialisasi dan program talkshow anti narkoba kepada siswa SMP dan SMA di Makassar.

Wali Kota Makassar Danny Pomanto dan Ketua TP PKK Makassar Indira Yusuf Ismail menerima Ibu Negara di Hotel Four Points sekitar pukul 09.30 Wita dan mendampingi hingga acara berakhir.

Pada sesi talkshow, Iryana Jokowi menyambut hangat para mahasiswa sekaligus memberi semangat kepada mahasiswa yang hadir.

Selain memberikan informasi mengenai bahaya narkoba, beliau juga memberikan hadiah kepada siswa yang menjawab pertanyaan dengan baik pada sesi acara.

Siswa SMA diminta memahami dan menjelaskan materi sosialisasi anti narkoba.

Tak hanya Ariana yang hadir, Warri Marouf Amin juga turut hadir. Dalam kesempatan tersebut, ia mengajak para mahasiswa untuk berani memaparkan ilmu yang diperoleh melalui kesadaran anti narkoba.

Usai mendampingi Iriana, Danny mengaku merasa bangga Ibu Negara bisa kembali berkunjung ke Makassar.

 Upacara tersebut juga dihadiri oleh Warri Marouf Amin dan para ibu-ibu OASE.

Danny usai acara mengatakan: “Saya bersama Ibu Indira sebagai tuan rumah, apalagi acara ini diadakan di Makassar. Saya merasa sangat terhormat Ibu Negara Ibu Ma’ruf Amin hadir di sana. Alhamdulillah berjalan dengan baik dan hidup.” . .

Ia berharap upaya pemberantasan narkoba ini dapat mencegah generasi muda mengonsumsi obat-obatan terlarang.

“Saya kira pesannya pasti agar anak-anak kita mampu menghindari narkoba,” harapnya.

Kedatangan Iryana Jokowi bertepatan dengan aksi protes aktivis mahasiswa di Kota Makassar.

Di Kota Makassar, terdapat beberapa titik sentral yang menjadi tempat terjadinya pergerakan massa.

Terbang di atas Jl Hertasning, Jl AP Pettarani Depan Kampus UNM dan Kantor DPRD Sulsel serta Depan Kantor Gubernur Sulsel 3. Gibran Kunjungi Bandung

Sementara Wakil Presiden terpilih sekaligus putra sulung Jokowi, Gebran Rakabuming Raka, berada di wilayah Bandung dan Bandung Barat dengan calon yang maju pada Pilkada 2024.

Mereka adalah Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi dan pasangan suami istri Richie Ismail alias Jiji Govinda dan Abdul Haris Bubihoy yang akan maju di Pilkada Bandung Barat.

Gibran juga didampingi Menteri Perdagangan (Mandag) Zulkifli Hassan, Rafi Ahmed, dan Selvi Ananda. Wakil Presiden terpilih Gebran Rakabuming Raka memasuki restoran Bo Emas di Bandung, Kamis (22/8/2024). (Mimbar Jawa Barat/Hilman Kamaluddin)

Warga menyambut kedatangan mereka dengan antusias.

Apalagi saat Gibran dan istrinya membagikan buku dan susu kepada warga.

Gibran mengaku datang ke Bandung untuk memperkenalkan pasangan calon bupati dan wakil bupati Bandung Barat.

“Iya Insya Allah (Gigi jika terpilih), Gigi bisa menyukseskan program makan gratis bergizi,” ujarnya, Kamis, seperti dikutip TribunJabar.id.

Dalam kunjungannya ke Lembang, Gibran ingin melihat tempat produksi susu yang menjadi salah satu komponen program makan siang gratis tersebut.

Di sela-sela kunjungannya, Gibran mendapat pertanyaan mengenai langkah Republik Demokratik Rakyat Korea dalam mengkaji ulang undang-undang pilkada.

Gebran juga ditanyai soal protes terhadap pengujian undang-undang pilkada di beberapa daerah.

Mantan Wali Kota Solo itu tak menjawab dua pertanyaan itu dan hanya melambaikan tangan.

Rombongan makan siang di Restoran Bou Ammas.

“Sebelumnya Mas Gibran dan rombongan makan jebok, tahu, tempe, dan goreng beri yang diberi jus alpukat,” kata Siddiq Setiadi, pengelola warung, Kamis (22/8/2024).

Dijelaskannya, Gibran sudah empat kali makan di warung Bou Ammas dan selalu puas dengan pelayanannya.

“Sambutannya kami siapkan secara khusus, jadi kami persiapkan selama tiga hari agar semua benar-benar siap karena kami harus memberikan pelayanan yang terbaik,” ujarnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *