Begini Tekad Rafael Struick Sebelum Indonesia Vs Bahrain, Daftar Topskor Indonesia Era Shin Tae-Yong

Begitulah tekad Raphael Sturk yang terlihat dalam video jelang laga Indonesia melawan Bahrain

TribeNews.com – Sehari sebelum laga melawan Bahrain, Rafael Sturk memposting video yang menunjukkan keputusannya memberikan tiga poin kepada timnas Indonesia. 

“Besok tiga poin akan datang,” teriaknya riang di akun X @hourly rafa.

Niat Rafa, panggilan Raphael Sturk dan prajurit Garuda mengamankan tiga poin pada matchday 3 babak ketiga kualifikasi Grup C di Stadion Nasional Bahria, Rafa, Rabu sore (10/10). Hampir menjadi kenyataan. 

Ya, Indonesia berada di jalur kemenangan bersejarah melawan tuan rumah yang unggul 1-2 berkat gol Ragnar Oratmangoen pada menit ke-45+3 dan Rafael Struick menit ke-74 yang membalasnya dengan gol pertama. Tuan rumah Mohammad mencetak gol. Pukul pada menit ke-15.

Sayangnya, harapan kemenangan Indonesia pupus ketika Bahrain menyamakan skor pada menit ke-90+9 lewat sepak pojok yang dilakukan penyerang sayap Mohammad Marhoon. 

Menjadi kontroversial karena perpanjangan waktu yang diberikan hanya enam menit. Ofisial tim Indonesia memprotes keras keputusan wasit Ahmed Al-Kaaf asal Oman.

Terlepas dari gol kontroversial tersebut, harus diakui tim Garuda mengawali pertandingan dengan buruk. 

Rekor 10 tembakan, dua di antaranya tepat sasaran, dan 52% penguasaan bola menjadi tanda keunggulan Bahrain. 

Menjelang babak pertama berakhir, permainan tim Garuda mulai berkembang. Menit 45+3, gol penyeimbang dicetak oleh Ragnar Oratmengwen. 

Gelandang serang klub Liga Pro Belgia FCV Dander dengan cerdik memanfaatkan umpan Mes Hilgers di kotak penalti Bahrain. 

Pada menit ke-74, Indonesia unggul lewat gol indah Rafael Sturk. Aksi sasaran tercipta melalui strategi serangan balik yang cepat. 

Skuad Garuda hanya membutuhkan waktu 11 detik setelah merebut bola di sepertiga ketiga zona pertahanan mereka sendiri. 

Thom Haye mengoper bola ke Rafa. Dibantu dua pemain lawan, penyerang Brisbane Roar itu melepaskan tembakan melengkung ke kiri gawang Bahrain. 

Kiper Bahrain Ibrahim Lutfullah hanya bisa menyaksikan bola masuk ke gawangnya.

Itu merupakan gol pertama Rafa dalam 15 pertandingan sejak melakoni debut timnas pada 14 Juni 2023. Striker berusia 21 tahun itu 

Pemain senior Indonesia itu menjadi pemain ke-32 yang mencetak gol untuk timnas asuhan Shin Tae-yong, yang menyelesaikan caps ke-50 bersama tim Merah Putih.

Sayangnya kemenangan yang sudah di depan mata sirna setelah gol telat Marhoun pada menit ke-90+9 menyamakan skor menjadi 2-2.

Yang membuat gol ini begitu kontroversial adalah gol tersebut tercipta saat perpanjangan waktu babak kedua lewat tiga menit dari waktu enam menit yang dijadwalkan.

Hanya tertinggal satu poin dari Bahrain, Indonesia turun ke posisi kelima klasemen Zona Asia dengan raihan tiga poin di Grup C babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026. 

Bahrain berada di urutan keempat dengan empat poin.

Jepang berada di posisi teratas dengan sembilan poin setelah mengalahkan Arab Saudi 2-0. Australia dan Arab Saudi berada di urutan kedua dan ketiga dengan empat poin.

Laga berikutnya, Indonesia akan bertandang ke China (15/10) yang berada di dasar klasemen dengan masih belum meraih poin dari tiga pertandingan. PSSI memasang target tiga poin pada laga kali ini.

Keputusan serupa juga dibuat oleh para pemain, yang berangkat ke kota Guangzhou di Tiongkok beberapa jam setelah pertandingan. 

“Kami akan pulang dari China dengan membawa tiga poin,” kata Marcelino Ferdinand sambil menaiki tangga pesawat, seperti dikutip akun X@timnas Indonesia.

Rafi sendiri ditantang rekannya Dimas Darajad saat berbincang di tangga kapal. “Kak, besok aku akan mencetak gol lagi (melawan China), oke?” Dia menepuk pundak Rafi dan berkata. 

Mendapat tantangan seperti itu, Rafa tampak tersenyum sambil mengangkat alisnya, sebuah langkah yang menandakan ia siap mencetak gol keduanya ke gawang Merah Putih di Qingdao, Selasa (15/10) mendatang. Pahami pemain yang marah 

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memuji keputusan wasit Ahmad Al-Kaf saat Indonesia bermain imbang 2-2 melawan Bahrain pada pekan ketiga kualifikasi final Grup C 3 di Stadion Nasional Bahrain, Rafah 10/10). ) sore.

Shin menjelaskan, semua pihak bisa menilai kinerja wasit sebenarnya. Ia pun mengakui, kemarahan terhadap wasit merupakan hal yang wajar.

Apalagi perpanjangan waktu yang tidak masuk akal menambah tensi permainan. 

Shin Tae-yong mengatakan, jika ada yang menonton pertandingan, dia mungkin akan mengerti mengapa pemain kami marah. Perpanjangan waktu enam menit lebih dari sembilan menit.

Pelatih kelahiran Yongduk itu menyebut pemain Bahrain juga mudah ditipu. 

Ia mengatakan, keputusan wasit bersifat sepihak. Pemain kami mendapat tendangan bebas saat memblok pemain Bahrain. Saya pikir semua orang tahu mengapa para pemain kami marah. 

Poin Langsung – Raphael Sturk Akhirnya Pecahkan Telur – Indonesia Gagal Menang Karena Gol Kontroversial – Keputusan Raih 3 Poin di China

 

1- Rafael Sturk mencetak gol pertamanya untuk Indonesia setelah memainkan 15 pertandingan sejak debutnya pada 14 Juni 2023.

32- Menjadi pemain ke-32 yang mencetak gol di timnas senior Indonesia Shin Taiyung. 

96- Shin Tai Young telah memainkan 50 pertandingan untuk tim nasional sejak Januari 2020 dengan catatan 24 kemenangan, 13 kali seri, 13 kekalahan dengan selisih gol 99:64.

  Top skorer Indonesia era Shin Tai-yung 

9 gol – Witan Suleiman

8 – EG Maulana Vikri

6 – Dimas Darajad

5 – Ricky Kumbaya, Dandy Sylstevan, Evan Demas, Ramzan Sananta

4 – Rizky Rasho, Mark Cloke, Irfan Jaya.

3 – Pratama Arhan, Richam Arianto, Marcelino Ferdinand, Yaqub Savery, Ramai Romacek, Ezra Valian

2 – Asnavi Mang Kwalam, Fitharuddin Arianto, Elkan Bagot, Sadal Ramdani, Sandy Walsh, Ragnar Oratmangwen, Hoki Karaka

1 – Jordi Amat, Rafael Struick, Shayne Pattynama, Jay Idzes, Thom Haye, Ilija Spasojevic, Terence Puhiri, Syahrian Abimanyu, Kadek Agung

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *