Presiden Jokowi Tetapkan Dua Kawasan Ekonomi Khusus Baru di Batam dan BSD

Laporan jurnalis Tribunnews.com, Endrapta Pramudhiaz

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menetapkan dua Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pada 7 Oktober 2024.

Pertama, KEK Pendidikan, Teknologi, dan Kesehatan Internasional Banten yang ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2024.

Kedua, KEK Wisata Kesehatan Internasional Batam yang ditetapkan pada 7 Oktober 2024 berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 39 Tahun 2024.

KEK Pendidikan, Teknologi dan Kesehatan Internasional Banten bergerak dalam bidang pendidikan dan kesehatan internasional serta pengembangan teknologi digital.

KEK tersebut diusulkan oleh PT Surya Inter Wisesa (SIW), anak usaha PT Bumi Serpong Damai (BSD).

Sebidang tanah seluas 59,68 hektar telah diperuntukkan untuk KEK yang terletak di Kabupaten Tangerang.

Dengan target investasi Rp18,8 triliun saat beroperasi penuh, KEK diharapkan mampu menyerap tenaga kerja hingga 13.446 orang.

KEK Pendidikan, Teknologi, dan Kesehatan Internasional Banten akan menjadi pusat pendidikan internasional yang beroperasi dari Monash University, salah satu universitas terbaik ke-37 di dunia.

KEK Pendidikan, Teknologi, dan Kesehatan Internasional Banten juga akan menggarap bidang riset, ekonomi digital, dan pengembangan teknologi dengan target 100 start-up.

KEK Pendidikan, Teknologi dan Kesehatan Internasional Banten bertujuan untuk menjadi pusat digital (digital hub) dan inkubator bagi perusahaan start-up.

Di bidang kesehatan, KEK akan mempertemukan jaringan profesional kesehatan internasional yang fokus pada estetika medis.

Selanjutnya, Batam International Health Tourism disponsori oleh KEK PT Karuniya Praja Pesona.

Target realisasi investasi mencapai Rp6,91 triliun dengan daya tampung tenaga kerja sebanyak 105.406 orang.

Sebagai investor utama, Apollo Hospitals India akan menyelesaikan pembangunan fasilitas kesehatan berstandar internasional dan meningkatkan wisata medis, yang ditargetkan akan selesai dan beroperasi pada tahun 2026.

Rumah Sakit Apollo adalah penyedia layanan kesehatan swasta terbesar di India.

Apollo dikenal karena kemampuannya memberikan perawatan berstandar internasional dengan biaya yang kompetitif.

Apollo berspesialisasi dalam berbagai layanan kesehatan seperti onkologi, kardiologi, neurologi, serta layanan bedah robotik berbasis kehadiran.

Kehadiran KEK ini diharapkan dapat mengurangi belanja luar negeri dengan meningkatkan pelayanan kesehatan lokal.

Oleh karena itu, masyarakat Indonesia tidak perlu berobat ke luar negeri.

KEK Wisata Kesehatan Internasional Batam diharapkan dapat menghemat devisa hingga Rp500 miliar.

“Setiap KEK memiliki fokus pembangunan tertentu dan diharapkan dapat memberikan dampak signifikan terhadap perekonomian, menciptakan lapangan kerja, dan menarik investasi,” kata Sekretaris Jenderal Dewan Nasional KEK Rizal Edwin Mansang dalam keterangan tertulisnya, Rabu (9/). 10/2024).

Banyak KEK yang telah didirikan hingga saat ini. Terdapat 12 KEK industri yaitu Gresik, Kendal, Sei Mangkei, Arun Lhoxumawe, Galang Batang, Morotai, Palu, Sorong, MBTK, Bitung, Tanjung Sauh dan Setanga.

Tujuh KEK pariwisata yaitu Mandalika, Lido, Tanjung Lesung, Kura Kura Bali, Tanjung Kelayang, Likupang dan Sanur (Pariwisata-Kesehatan).

Dua Sage digital, Nongsa dan Singhsari; Juga KEK jasa lainnya (MRO KEK) yaitu Batam Aero Technic (BAT).

Dengan penambahan dua KEK baru tersebut, maka total Kawasan Ekonomi Khusus yang ditetapkan Presiden menjadi 24 KEK. Delapan KEK lagi sedang dalam proses penunjukan.

Secara total, sejak berdirinya KEK hingga Juni 2024, 22 KEK yang ada saat ini telah mencatatkan investasi sebesar Rp 205,2 triliun.

Sedangkan penyerapan tenaga kerja di seluruh KEK mencapai 132.227 orang dari total 368 wirausaha aktif di KEK.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *