Ini Arti Medali Kehormatan Loka Praja Samrakshana yang Akan Diperoleh Jokowi dari Polri

 

BERITA TRIBUN.

Penghargaan tersebut diberikan dalam Operasi Mantap Brata 2024 untuk memastikan pengambilan sumpah Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Senin (14/10/2024). .

Oleh karena itu, dalam kartu undangan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia (Polri) juga akan diserahkan Medali Kehormatan Loka Praja Samrakshana kepada Presiden RI langsung kepada Jokowi. Kapolri Jenderal Listio Sigit Prabowo,” kata Karo Penmas, Unit Humas Polri, Brigjen Trunoyudo. Wisnu Andiko.

Penghargaan ini merupakan pengakuan atas kontribusi signifikan kepolisian terhadap perkembangan organisasi Korps Bhayangkara pimpinan Presiden Jokowi.

Kali ini, Jokowi akan menyerahkan Penghargaan Kehormatan Nugraha Sakanti kepada tujuh departemen kepolisian.

Nugraha Sakanti merupakan tanda kehormatan yang diberikan kepada anggota kepolisian yang telah berjasa di kepolisian dan dianggap memberikan manfaat bagi negara dan pemerintah.

Tujuh Satgas yang akan menerima Medali Nugraha Sakanti adalah Bareskrim Polri, Baharkam Polri, Korbrimob Polri, Departemen Hubungan Internasional Polri, Korlantas Polri, Sensus 88 Anti Teror Polri, Pusdokkes Polri.

Arti Loka Praya Samrakshana

Menurut pengertian Loka Praya Samrakshana, ahli bahasa Universitas Indonesia (UI) Atin Fitriana menjelaskan, istilah tersebut berasal dari bahasa Sansekerta.

“Secara umum kata loka dan praja memiliki arti yang sama dengan negara dan rakyat. Namun yang dimaksud dengan tempat ini hanya kata loka saja,” ujarnya seperti dikutip Kompas.TV.

Dalam hal ini loka bisa berarti negara atau wilayah dan praja bisa berarti bangsa atau masyarakat.

Dengan demikian, Loka Praja Samrakshana dapat diartikan sebagai perlindungan masyarakat, bangsa, dan negara.

Sumber: Tribunnews.com/Kompas.TV

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *