Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 150 Kurikulum Merdeka, Laporan Analisis Puisi Laut

TRIBUNNEWS.COM – DIKOREKSI UNTUK KELAS BAHASA INDONESIA 9 Halaman 150 Silabus Merdeka, Laporan Analisis Puisi Kelautan Karya Amal Hamzah.

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 150 Buku Kelas 9 Bahasa Indonesia Program Mandiri Semester 2 SMP Bab 5 di laut.

Berikut ini akan dijelaskan laporan analisis Puisi Laut Amal Hamzah Kelas 9 Bahasa Indonesia halaman 150 yang dikoreksi dari program Merdeka.

Kursus Bahasa Indonesia 9 Halaman 150 Kunci Jawaban Semester 1 Program Studi Mandiri dapat dikirimkan kepada orang tua atau wali untuk mengoreksi hasil belajar. Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 150 Program Mandiri

LAUT (Amal Hamzah)

Aku berdiri di tepi pantai, memandang ke laut, merindukan pasir yang pecah tertiup ombak.

Ombaknya sudah tiba. Segera kembali ke tengah, saya terkejut, tenang dan melamun.

Hatiku bagaikan miliknya Gelombang suka cita berganti duka… Kunci Jawaban: Laporan Analisis Puisi 1. Judul dan Pengarang.

Laut karya Amal Hamzah 2. Arti Judul :

Puisi Amal Hamzah “Laut” menggambarkan keadaan laut dengan deburan ombak di pantai. 3. Majas yang digunakan :

Majas untuk personifikasi, misalnya sajak: Ombak pulang, pecah 4. Kata-kata yang tidak dimengerti:

Kasih sayang = berbalik

Arus = Pergerakan air yang mengalir Segara = Laut 5. Hubungan puisi dengan ilmu saya :

Lautan adalah perairan yang menutupi sebagian besar bumi dan biasanya mengandung garam dan rasanya asin. 6. Parafrase:

Saya berdiri di tepi pantai dan memandangi laut. Ombaknya bergulung ke arah pantai dan kembali ke tengah lautan. Sempat bingung, ternyata time gamenya seperti ini. Hatiku ibarat ombak yang terkadang membawa kebahagiaan dan terkadang meninggalkan kesedihan. 7. Menetapkan waktu dan tempat puisi:

Waktu hari dan urutan acara pantai:

Saat itu, saya sedang berdiri di tepi pantai sambil memandangi badai laut 8. Latar Belakang Penulis:

Amal Hamzah adalah seorang penulis dan penerjemah karya sastra Jepang. Saat masih muda, Amal Hamzah sangat dipengaruhi oleh pendidikan yang diberikan orang tuanya. Bacaan favorit Amal Hamzah adalah tulisan Rabindranath Tagore. Ia pun membaca seluruh artikel Ameer Hamzah. Karena pengaruh Rabindranath Tagore dan Amir Hamzah, Amal Hamzah menjadi romantis dalam menulis karya sastra. 9. Kesimpulan makna puisi:

Puisi C karya Amal Hamzah menggambarkan keindahan laut dengan deburan ombaknya di tepian. Keindahan tersebut bisa dirasakan bahkan saat berdiri di tepi pantai. Anda akan melihat ombak bergulung dan menerjang tepian pantai, bukan? Pasir di pinggir pantai sepertinya tidak terpengaruh oleh ombak. Pasirnya seolah menahan untuk kembali ke lautan.

*) Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan bagi orang tua untuk memandu proses belajar anaknya.

Sebelum melihat kunci jawabannya, siswa harus menjawab sendiri terlebih dahulu kemudian menggunakan artikel tersebut untuk mengoreksi pekerjaannya.

(Tribunnews.com/Muhammad Alvian Fakka)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *