40 Soal dan Kunci Jawaban AKG Madrasah Kemenag 2024, Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

TRIBUNNEWS.COM – Ini Soal Jawab Madrasah AKG Kemenag 2024.

Soal jawab yang diberikan pada artikel Madrasah AKG Kemenag tahun 2024 ini dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran sebelum menghadapi Tes Bakat Guru atau Penilaian Guru dan Tenaga Kependidikan (TEAP). 

Penilaian kompetensi guru dilakukan oleh seluruh kepala sekolah, pengawas madrasah dan guru beberapa mata pelajaran pada tingkat RA, MI, MT dan MA.

Peserta ujian AKG Madrasah Kemenag tahun 2024 akan diumumkan melalui akun SIMPATIKA masing-masing.

Tribunnews.com telah menyusun kumpulan soal dan jawaban Madrasah AKG Kemenag 2024 yang meliputi mata pelajaran Pedagogi, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, dan Matematika. Tanya Jawab AKG Madrasah Kemenag 2024

1. Guru mengajukan pertanyaan yang dirancang untuk mengingatkan siswa akan materi kelas yang telah dipelajari sebelumnya. Kegiatan tersebut antara lain… A. memberikan referensi B. melakukan pengujian awal C. memberikan bimbingan. menghubungkan dorongan Kunci Jawaban : D

2. Guru menguasai disiplin ilmu lain yang menunjang proses pembelajaran. Keterampilan ini adalah… A. pedagogiB. profesional C. individu D. sosialE. Kunci Jawaban Budaya : A.

3. Kurikulum yang menekankan pada keterlibatan siswa secara keseluruhan untuk menemukan materi pembelajaran dan menghubungkannya dengan situasi kehidupan sehari-hari, mendorong siswa untuk menggunakannya dalam kehidupannya, memilih strategi pembelajaran yang tepat; . .SATU. koperasi B. penelitian. pemecahan masalahD. pembukaan Konteks Kunci Jawaban: E.

4. Dalam merancang pembelajaran, guru bertujuan untuk menyederhanakan pilihan/prinsip/hukum yang kompleks sehingga guru dapat memperjelas media apa yang tepat untuk menyajikan pesan tertulis… A. grafikB. APE (alat permainan belajar) C. flipchartD. fotoE. Jawaban gambar utama: A.

5. Di sekolah, seorang guru menuliskan beberapa peraturan, seperti dilarang menginjak rumput dan dilarang duduk di meja. Pada diri siswa ini perkembangan intelektualnya dibiasakan… A. naturalistik B. kinestetikC. visualisasi spasial. bahasa lisan. Kunci Jawaban Logika Matematika : A.

6. Pada setiap akhir kegiatan pembelajaran, guru dan siswa melakukan kegiatan refleksi. Itu… A. Mengukur integritas siswa B. Mengukur efektivitas proses pembelajaran. Ukur apa yang siswa tidak mengerti. Identifikasi langkah-langkah pertemuan selanjutnya E. Menemukan materi yang belum dibahas dalam proses pelatihan Kunci Jawaban : C.

7. Evaluasi Portofolio…

A. Mengevaluasi tugas siswa secara komprehensif. B. Mengumpulkan lembar jawaban ulangan harian dan hasil akhir semester setiap siswa C. Mengumpulkan hasil pekerjaan setiap siswa yang mendapat lembar memo dari guru dan teman sebaya sebagai bukti hasil belajar D. Kumpulkan lembar jawaban tes untuk melihat apakah siswa mengalami kesulitan dalam memahami mata pelajaran tertentu, kemudian berikan pembelajaran remedial dan tes. Kumpulkan lembar kerja, gambar, dan hasil tes untuk setiap siswa. Jawaban: C.

8. Mengevaluasi hasil belajar dengan baik, meliputi aspek… A. Kepribadian, Kesadaran, EfektivitasB. Kognitif, kepribadian, psikomotor C. Afektif, kognitif, intelektual D. Kognitif, psikomotorik, afektifE. Psikomotor, kognitif, minat Kunci Jawaban : D.

9. Aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam menyusun tujuan pembelajaran… A. Alokasi waktu yang diperlukan untuk pertemuan B. SK, KD dan indikator yang digunakan (terdapat pada silabus yang telah disiapkan) C. Alat/bahan/sumber belajar yang akan digunakanD. Kriteria penilaian, review makalah, contoh soal, metode penilaianE. Mengidentifikasi bahan pelajaran berdasarkan inti/materi pembelajaran dalam kurikulum. Jawaban:B.

10. M. Andi menyimpulkan bahwa permasalahan yang dialaminya pada siswanya disebabkan oleh metode pengajaran yang salah. Upaya yang paling tepat untuk mengatasi kesulitan belajar tersebut adalah… A. Memberikan kesempatan kepada siswa yang bersangkutan untuk mendiskusikan kebutuhannya secara rasional.B. Menunjukkan pengaruh atau dampak metode pengajaran yang kurang tepat terhadap hasil belajar C. Menciptakan iklim sosial yang sehat antara guru dan siswa di dalam kelas. Memberikan kesempatan untuk pengalaman yang menyenangkan atau kesuksesan pembelajaran. Menciptakan suasana yang kondusif untuk menumbuhkan kreativitas siswa. Kunci Jawaban:B.

11. Dalam memilih dan mengembangkan bahan kajian ilmu ekonomi, Ibu Murni Nugroho selalu memilih bahan kajian yang teruji oleh waktu, tidak lekang oleh waktu, dan berkontribusi terhadap pemahaman masa depan. Kriteria pemilihan dan pemilihan bahan kajian memenuhi kriteria tersebut… A. valid B. relevanC. utilitasD. layak dipelajari. minat Kunci Jawaban : A.

12. Pola pengembangan bahan ajar mata kuliah ekonomi dengan komposisi materi sederhana hingga kompleks adalah pola pengembangannya… A. kronologis B. kausal C. logisD. psikologisE. Kunci Jawaban Spiral : C.

13. Seorang guru ekonomi harus mampu menggunakan alat peraga dan sumber daya untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh. Pernyataan mengenai media pembelajaran berikut ini adalah… A. Media pembelajaran yang terbaik adalah media yang sesuai dengan tujuan pembelajaran B. Satu media dapat digunakan untuk seluruh kegiatan pembelajaran C. media dapat digunakan sebagai penyampai pesan dalam kegiatan pendidikanD. Memilih media tidak memerlukan banyak pemikiran, sehingga tidak menjadi masalah. media dapat diproduksi dengan mudah dan murah Jawaban: C.

14. KD 3.6 merupakan salah satu keterampilan utama dalam mata kuliah ekonomi SMA. Menjelaskan pusat objek, sistem pembayaran, dan alat pembayaran dalam perekonomian Indonesia. Sumber belajar yang baik sangat diperlukan untuk mencapai KD. Sumber belajar yang baik selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan. Salah satu sumber belajar yang terbaik untuk mengimbangi pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan adalah… A. Buku AjarB. buku grand theory C. jurnal ilmiahD. ensiklopedia E. Koran Kunci Jawaban : C.

15. Proses yang melibatkan dua partisipan atau lebih untuk bertukar pikiran, bertukar pikiran, dan/atau saling mempertahankan ide dalam menyelesaikan masalah merupakan metode… A. CeramahB. diskusi. DemonstrasiD. membacaE. soal dan jawaban Kunci Jawaban : B.

16. Sebagai penyeimbang kompetensi linguistik, kompetensi stereotip mengacu pada bagian-bagian bahasa yang digunakan penutur secara luas dalam interaksi sehari-hari. Ini mencakup hal-hal berikut… A. Ekspresi yang tidak masuk akalB. pengaturanC. perubahan shiftD. koleksi. bingkai leksikal Jawaban: C.

17. Dengan menggunakan pendekatan dua sisi, seorang guru harus mendorong suasana yang mendukung di kelas dengan melakukan hal berikut… A. mendengarkan siswa B. mendorong mereka untuk mengungkapkan perasaan mereka C. untuk menerima komentar Anda tanpa menghakimi. menetapkan tujuan mata kuliah atau pelajaran E. menyuruh siswa melakukan apa yang ingin mereka lakukan pada hari itu Kunci Jawaban : E.

18. Saat menyusun program, perancang kurikulum EFL harus mempertimbangkan apakah setiap elemen harus dimasukkan dalam program berdasarkan kriteria berikut… A. kemampuan belajarB. utilitasC. frekuensiD. lingkunganE. Kunci Jawaban Klasifikasi : E.

19. Tahap penyajian/persiapan RPP harus mencakup aktivitas siswa. Hal ini harus dilakukan dengan memperhatikan prinsip-prinsip berikut… A. prinsip seleksi B. prinsip pembagian C. prinsip penyerapanD. prinsip kategorisasi E. prinsip urutan berurutan Kunci Jawaban : D.

20. Guru Bahasa Indonesia Mengajarkan Keterampilan Utama 4.16 Menyajikan isi cerita/legenda daerah yang dibaca dan didengarkan. Menurut keterampilan dasar tersebut, materi yang paling tepat adalah… A. pengetahuan faktual B. pengetahuan kognitifC. ilmu prosedurD. pengetahuan konseptualE. Kunci Jawaban Guru : C.

21. Dalam pembelajaran bahasa Indonesia, siswa fokus pada topik yang menarik dan relevan dengan lingkungan sekolah. Ia kemudian membuat daftar apa saja yang perlu diketahui, kemudian mencari dan mengumpulkan informasi melalui observasi, wawancara dan tinjauan pustaka, kemudian menuangkannya ke dalam laporan yang disepakati. Setelah selesai, presentasikan di depan kelas secara lisan. Pembelajaran menulis ini menggunakan pendekatan..A. penelitian B. ilmiah. penemuanD. berbasis proyek. Kunci Jawaban Berbasis Masalah : B.

22. Guru meminta siswa mengamati suatu jenis teks, merumuskan pertanyaan, mengidentifikasi dan menganalisis isi teks, menarik kesimpulan, dan menyajikan hasil diskusi. Pembelajaran membaca teks ini menggunakan pendekatan yaitu… A. eksploratif B. ilmiah. penemuanD. berbasis proyek. Kunci Jawaban Berbasis Masalah : B.

23. Seorang guru bahasa Indonesia akan mengajarkan keterampilan dasar 3.7 Mengidentifikasi informasi dari teks laporan observasi berupa buku teks yang dibaca atau didengarkan. Cara terbaik untuk mencapai keterampilan dasar ini adalah… A. audio dan/atau audiovisualB. visual dan/atau cetakC. audiovisual dan/atau visual. suara atau ITE. Kunci Jawaban Tidak Dapat Dicetak dan/atau Tidak Dapat Dicetak: C.

24. Guru akan mengajarkan keterampilan dasar 4.8 Mengubah cerita rakyat (cerita) menjadi cerita dengan memperhatikan isi dan nilainya. Sumber belajar yang relevan dengan keterampilan dasar tersebut adalah… A. lingkungan sekolah B. kumpulan cerita rakyat atau hikayatC. beberapa buku referensiD. naskah drama televisiE. teks berita di surat kabar Kunci Jawaban : B.

25. seharusnya… A. angket B. tes lisanC. tes kinerjaD. tes pilihan gandaE. rubrik evaluasi proyek Kunci Jawaban : E.

26. Dua bola mempunyai diameter dan massa yang sama, tetapi jika bola pertama berongga, maka bola pertama padat. Kedua bola mula-mula diam kemudian diputar terhadap sumbu rotasinya dengan gaya F. Perbandingan kecepatan sudut bola padat dan bola lepas ketika keduanya berputar selama 1 sekon adalah…. A. 5:3B. 3:2C. 5:2D. 2:3E. Kunci Jawaban 3:5:A.

27. Es mencair dari suhu air mendidih yang diukur dengan termometer pada 10 derajat A dan 130 derajat A. Suhu suatu benda yang diukur dengan termometer skala Fahrenheit adalah 62 derajat F. termometer A … A. 20 derajat AB. 30 derajat CA 40 derajat DC. 50 derajat BT. 60 derajat Kunci Jawaban : B.

28. Pemasangan AC pada rumah dan gedung selalu dilakukan pada dinding dekat plafon. Kalau ada hubungannya dengan fisika, alasan pemasangan ini adalah… A. agar tetap bersih dan aman, dan B. untuk menjaga udara dingin dari AC tetap bergerak setelah kejadian radiasi tidak dapat diakses. Perpindahan panas dari AC ke ruangan didasarkan pada sifat konduktivitas termal material. Aliran udara pada AC mengikuti sifat konveksi. Kompresi dan uap pada AC akan menghilangkan panas ruangan Jawaban : D.

29. Pada suhu T dan tekanan p, massa jenis gas ideal adalah p. Jika tekanan gas dinaikkan menjadi 2p dan suhu diturunkan menjadi 0,5T, maka massa jenis gas tersebut menjadi… A. 0,12pB. 0,25pC.0,5pD. 2pE. Kunci Jawaban 4p : E.

30. Berdasarkan Keterampilan Utama: Menghitung unsur-unsur yang terlibat dalam sel volta atau arus listrik dan kegunaannya dalam kehidupan. Oleh karena itu, IPK berikut ini tidak sesuai… A. Sel volta dan analisis reaksi spontanB. Menganalisis proses yang terjadi pada sel volta. Hitung potensial sel pada sel volta. menentukan reaksi oksidasi dan reduksi. mengklasifikasikan sel volta dalam kehidupan sehari-hari Kunci Jawaban : D.

31. Untuk melaksanakan pembelajaran redoks dan elektrokimia, guru mengawali dengan mempelajari fenomena-fenomena yang berkaitan dengan pembelajaran yang diajarkan. Kegiatan seorang guru meliputi… A. membuat referensi B. apersepsiC. motivasiD. petunjuk. Pendahuluan Kunci Jawaban : B.

32. Setelah mengulang materi struktur atom, Pak Agus menyadari bahwa hasilnya kurang memuaskan. Berfokus pada sifat struktur atom suatu zat dengan banyak konsep abstrak, Pak Agus memutuskan untuk menggunakan metode ini… A. tanya jawab B. kooperatifC. diskusiD. DemonstrasiE. Kunci jawaban dari permasalahan tersebut adalah :D.

33. Berikut aspek-aspek penting dalam pengelolaan pembelajaran abad 21… A. Memperkuat peran utama guru sebagai perancang pembelajaran yang kreatif dan inovatif B. Menghindari penggunaan smartphone secara berlebihan dalam dunia pendidikan. menggunakan kemampuan berpikir tingkat tinggi D. menggunakan metode pembelajaran yang berbeda E. mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran Kunci Jawaban : B.

34. Guru adalah bagian dari tenaga kependidikan yang diakui undang-undang sebagai profesi dengan kualifikasi khusus. Manakah dari kegiatan berikut yang memerlukan keterampilan khusus? A. Melakukan analisis pembelajaran, mendaftarkan peserta didik yang terlambat, mendaftarkan peserta. Pilih metode, buat media, kirim catatan, distribusikan buletin. Memilih media, mengelola kelas, mengembangkan strategi pengajaran. Buka kelas, beri kuliah, tutup kelas, kelola tabungan. Mendirikan OSIS, mendampingi study tour, mengadakan acara, menghadiri rapat Jawaban Kunci : C.

35. Salah satu ciri suatu profesi adalah aktivitas intelektual. Kalimat manakah yang paling mendekati pernyataan di atas:

A. Menggunakan pertimbangan yang baik dalam memilih metode pembelajaran B. Mempertahankan keterampilan yang sudah berjalan dengan baik C. Mengelompokkan siswa sesuai dengan penerimaan kita D. Mempertahankan metode pelatihan yang digunakan oleh lansia. Pemilihan media berdasarkan karakteristik materi, peserta didik, dan tujuan pembelajaran Jawaban Kunci : E.

36. Peran badan profesi sebagaimana dimaksud pada ayat (2) pasal 41 UUGD;

A. Mengembangkan keterampilan, meningkatkan ketrampilan, karir, kesempatan pendidikan, pengembangan profesi dan pengabdian kepada masyarakat B. Meningkatkan pendapatan, mengembangkan masyarakat dan meningkatkan kesadaran masyarakat. Melindungi anggota, menjaga persatuan, menerima bantuan keuangan, memajukan pendidikan. Memperkuat kepribadian dengan memberikan ciri-ciri utama, mengembangkan hubungan, dan mengakomodasi bakat dan minat. Berbagi informasi, memajukan kesejahteraan anggota, meningkatkan pendidikan anggota, dan menumbuhkan loyalitas Kunci Jawaban: A.

37. Untuk mengantisipasi kemajuan teknologi, guru sebagai sebuah profesi…

A. Meningkatkan kemampuan mengintegrasikan teknologi ke dalam sistem pendidikan B. Meningkatkan kemampuan teknis komputer C. Dapatkan kursus Keterampilan Aplikasi terbaru. Belilah peralatan ICT terbaru dari waktu ke waktu. Meningkatkan kapasitas pemeliharaan komputer dan jaringan Jawaban : A.

38. Sikap guru berikut ini menunjukkan bahwa ia adalah pembelajar profesional… A. B. memanfaatkan program pendidikan dan pelatihan yang disponsori pemerintah di mana ia berpartisipasi aktif, mencari jawaban atas permasalahan kelas melalui forum diskusi C. Merancang dan mengimplementasikan PTK untuk melakukan pelacakan 6D. Mengembangkan budaya membacaE. Mengikuti program pelatihan yang disesuaikan dengan kebutuhan pribadi Anda Jawaban: E.

39. Berikut pernyataan yang benar berkaitan dengan profesi pendidikan…

A. Melakukan, merefleksikan, dan mengembangkan penelitian tertentu. B. Harus mempunyai organisasi profesi yang kuat. Mengutamakan pelayanan kepada anggota agar dapat mengabdi kepada masyarakat. Ini adalah pekerjaan intuitif. Ia mempunyai kekebalan hukum Kunci Jawaban : B.

40. Paradigma pengajaran sebagai pembelajaran profesional dalam konteks guru yang berpengalaman dapat dijelaskan…

A. Mengajar sebagai suatu profesi memerlukan proses pembelajaran yang panjang B. Guru yang profesional mempunyai sertifikat mengajar C. Profesi guru memerlukan keahlian khusus D. Seorang guru yang ingin belajar dan tumbuh sebagai seorang profesional. Guru memiliki 4 kualifikasi penuh. Kunci Jawaban : D

*) Penjelasan: Lembar Jawaban Madrasah Kemenag AKG 2024 pada artikel ini menjadi acuan bagi para guru untuk memandu proses belajarnya sebelum ujian dimulai.

(Tribunnews.com/M Alvian Fakka)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *