Event Internasional NeutraDC Summit 2024 Digelar, Bahas Sisi Lain AI

TRIBUNNEWS.COM – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), anak perusahaan PT Telkom Data Ekosistem (NeutraDC), penyedia layanan ekosistem pusat data Indonesia yang fokus pada inovasi dan keberlanjutan, menyelenggarakan acara internasional bertajuk NeutraDC Summit 2024. Dilaksanakan pada Senin (26/8) di Sofitel Nusa Dua, Bali.

Rangkaian acara NewTradition Summit ini dibagi menjadi beberapa sesi presentasi dan diskusi panel mengenai “The Other Side of AI”. Sejalan dengan komitmen TelkomGroup untuk mendorong transformasi digital Indonesia di tingkat nasional dan regional, acara ini merupakan salah satu langkah strategis menghadapi masa depan data center yang mendukung AI.

Komisaris Utama Telkom Bambang Permadi Somantri Bradjonegoro membahas bagaimana kecerdasan buatan berkontribusi terhadap dunia pendidikan dan industri telekomunikasi dalam pidatonya secara online.

“Inovasi AI menghadirkan tantangan dan peluang besar di berbagai bidang, termasuk dunia pendidikan. Di tengah kemajuan teknologi yang pesat, kita perlu tangkas dalam mengadopsi AI sebagai teknologi untuk memperkaya proses pembelajaran dan meningkatkan produktivitas. Kecerdasan buatan bukanlah alat pengganti manusia, melainkan alat yang dapat digunakan untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih personal dan efektif. Sementara itu, bagi industri telekomunikasi, AI akan membuka jalan bagi pertumbuhan bisnis seperti perluasan dan pengembangan pusat data yang menjadi semakin penting di era digital ini. “Kolaborasi antara manusia dan teknologi akan membawa kita menuju masa depan yang lebih cerah dan kompetitif,” kata Bambang.

Direktur Pengembangan Bisnis Telkom Group Tulus Basir meluncurkan acara tersebut dengan menekankan pentingnya kolaborasi dan inovasi dalam mengatasi tantangan industri yang semakin kompleks. Dalam sambutannya, Honesty menekankan bagaimana Telkom Group berkomitmen menjadi yang terdepan dalam penerapan teknologi canggih namun beretika.

“NutraDC Summit 2024 merupakan bukti nyata tekad kami untuk memimpin tidak hanya dalam bidang teknologi tetapi juga dalam etika dan tanggung jawab sosial. Di TelkomGroup, kami percaya bahwa kolaborasi dan inovasi adalah kunci untuk menjawab tantangan masa depan. Kami akan terus berinvestasi pada Teknologinya bukan hanya kompleksitasnya saja, tapi juga masyarakat luas,” kata Kejujuran. Bermanfaat, “ujarnya.

Senada, Direktur Wholesale and International Services Telkom Bogi Witjaksono menekankan pentingnya perencanaan yang matang untuk memastikan kelancaran transisi dalam menghadapi teknologi AI.

“Kesiapan AI bukan hanya soal teknologi, tapi juga tentang bagaimana kita mempersiapkan organisasi kita menghadapi perubahan yang cepat. Penting bagi setiap perusahaan untuk tidak hanya mengadopsi AI, tapi juga memahami faktor-faktor kunci yang memungkinkan transisi sukses. Melalui NeutraDC, Bogi mengatakan, “AI Preparedness” merupakan proses kelancaran AI dan kami berkomitmen untuk memberikan panduan dan solusi yang mendukung implementasi yang bertanggung jawab,” ujarnya saat membuka sesi presentasi “Evaluation: Strategies for Success”.

Tema utama sesi berbagi wawasan pada NewTradition Summit 2024 adalah “Eksplorasi Aspek Etis dari Kecerdasan Buatan”. Pengacara yang berbasis di Singapura Rajesh Srinivasan, salah satu pendiri dan direktur, Kepala Teknologi, Media dan Telekomunikasi, Raja & Tan Singapore LLP, membahas beberapa masalah terkait etika AI. Beliau menekankan perlunya mencapai keseimbangan antara inovasi teknologi dan tanggung jawab dan bagaimana hal ini dapat dicapai melalui tata kelola yang kuat dan kesadaran etis.

“Ketika kita berbicara tentang kecerdasan buatan, kita tidak berbicara tentang inovasi teknologi tetapi tentang tanggung jawab. Tantangan terbesar kita adalah memastikan bahwa kemajuan teknologi ini sesuai dengan nilai-nilai etika dan tata kelola yang kuat. Kita perlu menemukan keseimbangan yang tepat antara kesuksesan dan kesuksesan. tanggung jawab sosial dan itu menjadi fokus utama diskusi kita hari ini,” ujarnya. Rajesh Srinivasan berkata.

Nutradesi mengumumkan serangkaian kolaborasi strategis

Bersamaan dengan serangkaian sesi berbagi wawasan, NutraDisi Summit 2024 juga mengumumkan kolaborasi strategis sebagai AI Enabler masa depan data center, termasuk penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT, termasuk kolaborasi strategis di bidang AI. ekosistem. Hewlett Packard Enterprise (HPE) Indonesia, DataCanvas Limited dan Sirrascale Pte. Limited ditandatangani oleh CEO Nutradec Andrew Theaf, Presiden Direktur HPE Indonesia Megyn Agustina, CEO DataCanvas Fong Lee dan CEO Sirrascale PJ Goh.

Kolaborasi ini memanfaatkan kekuatan dan kemampuan masing-masing pihak untuk berkomitmen mengembangkan ekosistem AI yang matang dan sesuai untuk pasar Asia Tenggara. Kolaborasi ini berfokus pada peningkatan minat pasar terhadap kebutuhan pusat data berbasis AI di Indonesia dan kawasan.

NeutraDC juga mengumumkan kolaborasi strategis dengan BDx Indonesia, perusahaan patungan antara Pusat Data BDx, Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) dan Lintasarta. Kolaborasi ini menandai peluncuran ekosistem Internet Exchange (IX) tahap pertama di Indonesia. Inisiatif tersebut telah diumumkan sebelumnya saat penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) pada acara Internasional Pacific Telecommunications Council (PTC) 2024 yang diselenggarakan di Hawaii, Amerika Serikat pada Januari lalu. Bertajuk “Aliansi Strategis: NutraDC dan Bdx akan Berkolaborasi dalam Pertukaran Internet”, kolaborasi ini menggarisbawahi komitmen berkelanjutan dan visi bersama NutraDc dan Bdx untuk menghadirkan inovasi yang akan mendorong kemajuan industri di masa depan.

Pembicara utama lainnya berbagi informasi mengenai teknologi kecerdasan buatan, etika inovasi, dan tren masa depan dalam industri pusat data. Pakar industri juga berpartisipasi dalam sesi panel yang membahas kebijakan dan tata kelola kecerdasan buatan. Ini termasuk Direktur Penjualan Regional, NAVER Cloud Asia Pacific, Injun Sang; Direktur Senior, Akun Utama Global dan Regional Vertiv, Danny Wang; Iskandar, Kepala Solusi Pusat Data, Asia Pasifik CBRE mengatakan; Presiden, LearnAI, Ketua Bersama Nasional AI Singapura, Komite Teknis AI, ITSC Singapura, Presiden Sengmeng Koo; Ketua AI Cloud, VNG, Tung Wu; CEO Cloud untuk Aplikasi AI, Cirrascale, PJ Go; General Manager, HPC dan GTM – APAC dan India, Hewlett Packard Enterprise, Joseph Yang; Wakil Presiden Keamanan Siber Uptime Institute, Antonio Ramos; Paolo Miranda, Presiden ISC2 Singapura; General Manager – Singapura, Indonesia dan Malaysia, Sektor Listrik, Eaton, Choo Chee Khiang; Sony Seunghee Lee, Manajer Umum Onion Technology Private Limited; Kherk Ying Chew, Mitra di Wong & Rekan; Gabor Benedek, Chief Innovation Officer dan Salah Satu Pendiri, Lynx Analytics; Deputi Penanggung Jawab Transformasi Hijau dan Digital Ibu Kota Baru, Prof. Muhammad Ali Berawi; Deputy General Manager Digital Business and Technology Telkom Divisi Bisnis dan Teknologi Digital, Komang Budi Aryas; Manajer Sistem Tenaga, Produk dan Siklus Hidup Trackindo, Heru Harmawan; Mitra, Wong & Rekan, Kherk Ying Chew.

Acara ini didukung oleh sponsor utama Vertiv, penyedia solusi kesiapan kecerdasan buatan dalam sistem pendingin, serta sponsor lainnya Trakindo, Onion Technology, Sisindocom, EcoExplorer, Uptime Institute, Eaton, Nxera, PT Dwimitra Ekthama Mandiri. , MSG, Eetarp, Telkom Infra, IXT, Bank BNI, Yi-Ke Innovations, Bank BRI, Bank Mandiri, Hardayaperkasa, Bele Trandos; Didukung oleh mitra media Republika.co.id dan Sea Today.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *