Menteri Investasi: Penyerapan Tenaga Kerja di Periode Kedua Jokowi Capai 7,2 Juta

Jurnalis Tribunnews.com Dennis Destrivan melaporkan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Badan Koordinasi Penanaman Modal/Penanaman Modal (BKPM) Rozan Roslani mengumumkan angka penyerapan tenaga kerja periode 2019-2024 atau periode kedua pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Rosen menjelaskan, rata-rata asupan angkatan kerja per tahun mencapai 1,43 juta orang. Sedangkan angka penciptaan lapangan kerja dalam lima tahun terakhir yakni 2019-2024 mencapai lebih dari 7 juta.

Dari sisi penciptaan lapangan kerja, total tenaga kerja yang tercipta pada masa Kabinet Indonesia Maju berjumlah 7.188.479 orang, kata Rosen di Jakarta, Senin (30/9/2024).

Di sisi lain, Rosen menilai penciptaan lapangan kerja harus terus ditingkatkan. Hal ini diakui sebagai tantangan masa depan yang harus terus diatasi.

“Kami tahu bahwa penciptaan lapangan kerja adalah pekerjaan rumah atau tantangan kita yang harus kita lanjutkan,” kata Rosen.

Rosen mencatat pentingnya meningkatkan daya saing investasi dengan negara lain. Hal-hal yang perlu dilakukan pemerintah antara lain adalah memperbaiki peraturan, meningkatkan pelayanan, dan mempercepat perizinan, menurut otoritas di tingkat pusat dan daerah.

“Pada kesempatan ini kami juga menghimbau dan menginformasikan kepada seluruh kementerian dan lembaga, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten, pemerintah kota untuk memberikan pelayanan terbaik seperti yang sudah kita miliki melalui perjanjian multilayanan,” kata Rosen mematuhinya.”

Menurut dia, Kementerian Investasi akan mengeluarkan kebijakan yang lebih memberikan kepastian kepada dunia usaha.

“Jadi kalau kita sampaikan ke kementerian lain itu butuh waktu tiga sampai lima hari, kita minta dipatuhi supaya kepastiannya lebih baik. Kita bisa terus mengadu pak ke Kementerian Investasi, kalau tidak ada kepatuhan. , “kata Rosan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *