Ledakan Pager Hizbullah Disebabkan oleh Bahan Peledak PETN yang Ditanam oleh Mossad Israel

Pager Hizbullah diledakkan oleh bahan peledak PETN yang ditanam oleh Mossad Israel

TRIBUNNEWS.COM – Mossad Israel Menanam Bom PETN Dituduh Meledakkan Ribuan Pager Hizbullah.

Badan mata-mata Israel, Mossad, dilaporkan menerima pager baru dari Hizbullah beberapa bulan lalu.

Mossad kemudian menanam bahan peledak berkekuatan tinggi – yang mengakibatkan serangan mendadak terhadap kelompok teror Lebanon pada hari Selasa.

Agen Mossad menemukan pentaerythritol tetranitrate (PETN) dengan daya ledak tinggi di dalam baterai pager, menurut Sky News Arabia, diterjemahkan oleh Times of Israel.

Menurut sumber tersebut, perangkat ini ditenagai oleh sinyal eksternal dan baterai internal terlalu panas.

Pager meledak pada Selasa pagi dalam serangan besar terhadap anggota Hizbullah di beberapa bagian Lebanon dan Suriah, menewaskan sembilan orang dan melukai 2.800 orang. 

Hizbullah membenarkan bahwa beberapa pejuang dan petugas medisnya terluka dalam ledakan itu, kata seorang pejabat yang tidak mau disebutkan namanya, dan mengatakan itu adalah “insiden keamanan terbesar sejak kelompok itu mulai melancarkan serangan hampir setiap hari terhadap Israel.” 

Meskipun Israel menolak mengomentari serangan itu, para pejabat Hizbullah dan Lebanon menyalahkan negara Yahudi tersebut, dan kelompok teror tersebut bersumpah akan membalas dendam. 

Tiga sumber keamanan mengatakan kepada Reuters bahwa perangkat yang meledak adalah model terbaru yang dibeli oleh Hizbullah dalam beberapa bulan terakhir dan didistribusikan kepada anggotanya. 

Menggunakan malware, perangkat membuat baterai menjadi terlalu panas dan mengeluarkan bahan peledak. 

Seorang juru bicara Hizbullah mengatakan kepada Wall Street Journal bahwa beberapa anggota merasa pager mereka kepanasan dan meletakkannya sebelum meledak.  

Pada bulan Maret, pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah memerintahkan para pejuangnya untuk tidak membawa ponsel. 

Pos New York

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *