AS Siap Hadapi Ancaman Serangan Nuklir Gabungan China, Rusia, dan Korea Utara, Kata Dokumen Pentagon

Dokumen Pentagon menyebutkan bahwa Amerika Serikat siap menghadapi ancaman serangan nuklir gabungan oleh China, Rusia, dan Korea Utara.

TRIBUNNEWS.COM – Amerika Serikat berencana untuk mencegah kemungkinan serangan nuklir oleh China, Rusia, dan Korea Utara, menurut dokumen rahasia dari Pentagon.

Presiden AS Joe Biden diam-diam menyetujui perubahan signifikan terhadap rencana pertahanan nuklir AS pada bulan Maret, The New York Times melaporkan.

Untuk pertama kalinya, inisiatif ini difokuskan pada “strategi pencegahan” Amerika Serikat terhadap penyebaran senjata nuklir Tiongkok yang pesat. Menurut surat kabar Amerika, langkah ini diambil untuk menghilangkan risiko menghubungkan Beijing, Moskow, dan Pyongyang.

Perubahan tersebut mencerminkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai ambisi senjata nuklir Presiden Tiongkok Xi Jinping, serta penguatan kerja sama militer dan politik strategis antara Tiongkok, Rusia, dan Korea Utara.

Oktober lalu, sebuah laporan dari Pentagon menunjukkan bahwa persenjataan nuklir Tiongkok telah meningkat dua kali lipat dalam tiga tahun terakhir, yang oleh para pejabat digambarkan sebagai perluasan tenaga nuklir.

Laporan Kekuatan Militer Tiongkok yang dikeluarkan Pentagon memperkirakan bahwa Tiongkok memiliki sekitar 500 hulu ledak nuklir pada bulan Mei tahun lalu, meningkat menjadi 1.000 pada tahun 2030 dan 1.500 pada tahun 2035, jumlah yang sama yang saat ini digunakan oleh Amerika Serikat dan Rusia. .

Pada saat itu, seorang pejabat mengatakan hal itu menempatkan Tiongkok pada jalur yang melampaui perkiraan sebelumnya.

Pakar pertahanan juga memperingatkan bahwa Amerika Serikat tidak boleh mengabaikan langkah strategis Presiden Xi untuk memperoleh kekuatan nuklir dalam jumlah besar.

Dalam sebuah makalah tentang perubahan kebijakan nuklir Tiongkok, Tong Zhao, peneliti senior di Carnegie China Research Center, menulis bahwa risiko keamanan meningkat seiring memburuknya hubungan AS-Tiongkok dan Tiongkok mulai membangun senjata nuklirnya secara besar-besaran.

Menurut The New York Times, Gedung Putih belum mengumumkan secara terbuka strategi revisinya, yang dikenal sebagai Pedoman Kegiatan Nuklir.

Dokumen yang sangat rahasia ini, yang diperbarui setiap empat tahun, hanya ada dalam bentuk kertas di tangan pejabat keamanan nasional dan pimpinan Pentagon. Tidak ada versi elektronik

Namun, komentar publik ditinjau secara cermat oleh dua pejabat senior pemerintah sebelum diumumkan secara rinci pada konferensi tersebut.

Pranay Bhady, direktur senior Dewan Keamanan Nasional untuk Pengendalian dan Proliferasi Senjata, mencatat bahwa dokumen tersebut adalah dokumen pertama yang mengkaji apakah Amerika Serikat siap menghadapi krisis nuklir yang hanya terjadi satu kali atau yang sedang berlangsung.

Tn. Vadi mengatakan strategi baru ini menekankan perlunya “menghentikan Rusia, RRT, dan Korea Utara pada saat yang sama,” mengacu pada Republik Rakyat Tiongkok.

Sementara itu, Vipin Narang, pejabat lain dan profesor keamanan nuklir di Massachusetts Institute of Technology, mengatakan presiden mengeluarkan arahan baru tentang penggunaan senjata nuklir dengan mempertimbangkan banyaknya penentang senjata nuklir.

Dia menambahkan bahwa pedoman tersebut mempertimbangkan “peningkatan signifikan dalam ukuran dan keragaman” persenjataan nuklir Tiongkok.

Tiongkok mengacu pada pedoman nuklir tahun 2020 tetapi mengeluarkannya sebelum cakupan rencana Beijing terungkap.

Ketika dia meninggalkan Pentagon, Tn. Narang memperingatkan: “Adalah tanggung jawab kita untuk melihat dunia sesuai harapan kita, bukan sesuai keinginan kita.” dia.”

“Ada kemungkinan suatu hari kita akan melihat ke belakang dan melihat seperempat abad setelah Perang Dingin sebagai nuklir merah,” katanya.

“Ada kemungkinan nyata kerja sama dan bahkan aliansi antara musuh-musuh bersenjata nuklir kita,” tambahnya.

Mallory Stewart, asisten sekretaris pengendalian senjata, pencegahan dan stabilitas di Departemen Luar Negeri, mengatakan kepada New York Times bahwa kedua pemerintah secara aktif menentang upaya Beijing untuk meningkatkan keamanan nuklir.

“China sepertinya mengulangi strategi Rusia, mereka tidak ingin melanjutkan pembicaraan kita mengenai pengendalian senjata, pengurangan risiko, dan non-proliferasi sampai kita mengatasi ketegangan dan tantangan dalam hubungan bilateral,” ujarnya.

Sejak melancarkan invasi besar-besaran ke Ukraina pada Februari 2022, Vladimir Putin berulang kali mengancam akan menggunakan senjata nuklir.

Sumber: Telegraf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *