Kunci Jawaban PKN Kelas 9 Halaman 26 27 Kurikulum Merdeka, Uji Kompetensi, Bab 1

TRIBUNNEWS.COM – Kunci Jawaban PKN Kelas 9 Halaman 26 27 Soal Tes Bakat Silabus Gratis.

Kunci Jawaban PKN Kelas 9 Halaman 26 27 Silabus Mandiri Buku Pendidikan Pancasila Kelas 9 Silabus Mandiri Semester 1 SMP/MTs Bab 1 Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Berikut penjelasan Kunci Jawaban Soal Tes Bakat Kurikulum Mandiri Kelas 9 PKN.

PKN KELAS 9 HALAMAN 26 27 SILABUS MANDIRI SEMESTER 1 KUNCI JAWABAN Dapat diberitahukan kepada orang tua atau wali untuk mengoreksi hasil belajar. Kunci Jawaban PKN Kelas 9 Halaman 26 27 Silabus Mandiri

Tes bakat

Cocokkan pernyataan pada Bagian A (Pertanyaan) dengan Bagian B (Pilihan) dengan benar!

1. Bernegosiasi untuk memecahkan masalah. Kunci Jawaban: Prinsip Keempat.

2. Pemerintah menyediakan pendidikan, kesehatan dan perumahan bagi seluruh warga negara. Kunci Jawaban: Prinsip Kelima.

3. Bersikaplah adil terhadap sesama teman dan bantulah mereka ketika mereka menghadapi kesulitan. Kunci Jawaban: Prinsip kedua.

4. Semangat masyarakat Indonesia dalam bekerja sama dan saling membantu dalam menghadapi pandemi Covid-19. Kunci Jawaban: Prinsip ketiga.

5. Saling memuja dan menghargai pemeluk agama dan kepercayaan yang berbeda. Kunci Jawaban : Silahkan terlebih dahulu.

Jawablah pertanyaan di bawah ini!

1. Panchasheela adalah standar dasar yang menjadi falsafah negara dan pedoman cita-cita negara bangsa. 

Bagaimana cara menghayati Panchasheela sebagai praktik dasar dalam kehidupan sehari-hari? Kunci Jawaban:

Saya mengapresiasi Panchasila sebagai pedoman dasar dalam kehidupan saya sehari-hari: Pertama, ingatlah selalu bahwa Panchasila adalah asas hidup bangsa, pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara.

Saya hidup dengan nilai-nilai Panchasila dari sila ke-1 sampai sila ke-5: Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Akal budi, Keterwakilan, dan Keadilan Sosial.

Kedua, menanamkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari, seperti peduli terhadap sesama, toleransi, bekerja sama, dan bersikap adil. Ketiga, menjadi siswa yang bertanggung jawab dengan bekerja keras, menghargai orang lain, taat kepada orang tua dan guru, bekerja sama, dan saling membantu.

2. Status Indonesia merupakan tantangan karena keberagaman suku, asal daerah, agama, kepercayaan, dan kondisi sosial ekonomi. 

Berdasarkan kondisi tersebut, sikap apa yang harus dimiliki siswa dalam menghadapi keberagaman Indonesia, dan lima nilai apa yang harus menjadi pedomannya? Kunci Jawaban:

Bersikap toleran, menghargai perbedaan, berbicara terbuka dan saling membantu meskipun berbeda suku, bangsa, agama, dan golongan sosial.

Berusaha untuk peduli dan membantu sesama tanpa memandang perbedaan suku, asal daerah, agama, kepercayaan dan kondisi sosial ekonomi. Artinya bersedia berteman dengan seseorang meskipun terlihat ada perbedaan.

Sedangkan nilai Pancasila yang dijadikan pedoman mengenai keberagaman adalah sila ketiga yaitu “Persatuan Indonesia”. Meski beragam, Indonesia harus bersatu untuk mencapai cita-cita dan tujuan nasional sekaligus mensejahterakan seluruh rakyat Indonesia.

3. Salah satu tujuan bernegara yang tercantum dalam Pasal IV Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Apa yang harus dilakukan negara agar kehidupan masyarakat Indonesia lebih cerdas? Jelaskan pendapat anda! Kunci Jawaban: Meningkatkan akses pendidikan bagi setiap penduduk. Selain akses, pemerintah perlu meningkatkan kualitas pendidikan setiap penduduk usia sekolah. Menyediakan sarana pendidikan seperti prasarana, teknologi pembelajaran, akses internet dan listrik. Agar setiap anak mendapatkan pendidikan yang berkualitas. Mengutamakan penelitian dan pengembangan teknologi. Pemerintah hendaknya mendukung penelitian yang dilakukan oleh para akademisi dan mendorong pengembangan teknologi terkini yang dapat digunakan oleh seluruh masyarakat. Mendukung pengembangan kreativitas dan inovasi generasi muda. Setiap program memberikan kesempatan pelatihan dan pendanaan yang dapat menumbuhkan kreativitas dan inovasi di kalangan generasi muda.

4. Dalam konteks kehidupan bernegara, Panchasila menjamin setiap masyarakat mempunyai hak yang sama atas ibadah, pekerjaan, pendidikan, fasilitas kesehatan, jaminan sosial, dan pelayanan publik lainnya. 

Menurut Anda, bagaimana upaya tersebut bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari? Kunci Jawaban:

Panchasila berupaya menjamin persamaan hak dalam beribadah, bekerja, pendidikan, kesehatan, jaminan sosial dan pelayanan publik lainnya. 

Namun implementasi upaya tersebut masih belum ideal karena banyak tantangan dalam memenuhi hak setiap warga negara.

Oleh karena itu, upaya yang dapat dilakukan untuk: menghormati perbedaan; memberikan kesempatan yang sama; pelayanan kesehatan yang adil; Ada skema bantuan sosial.

*) Disclaimer: Artikel ini hanya dimaksudkan untuk memandu orang tua dalam proses belajar anaknya.

Sebelum melihat kunci jawabannya, hendaknya siswa menjawab sendiri, kemudian menggunakan artikel ini untuk mengoreksi pekerjaan siswa.

(Tribunnews.com/Muhammad Alvian Faka)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *