Paus Fransiskus Berterimakasih pada Rakyat Indonesia usai Misa Akbar di GBK: Tuhan Memberkati

TRIBUNNEWS.COM – Pemimpin tertinggi Gereja Katolik dunia, Paus Fransiskus, mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Hal itu disampaikan Paus Fransiskus pada Kamis (05/09/2024) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat.

Paus Fransiskus terlebih dahulu mengucapkan terima kasih kepada para biarawan dan biarawati serta para relawan yang turut serta menyambut kedatangannya di Indonesia.

– Saya berterima kasih kepada para biksu dan biksuni, semua sukarelawan dengan penuh kasih sayang.

“Kepada para lansia dan pasien yang menderita yang mendoakan kami,” kata Paus Fransiskus dalam Misa Tinggi GBK yang juga disiarkan secara virtual, Kamis (05/09/2024).

Paus Fransiskus juga mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi, aparatur sipil negara, dan aparat keamanan yang telah mengurus segala kebutuhan kunjungannya ke Indonesia.

Saya mengucapkan terima kasih, sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada Presiden RI, aparatur sipil negara, dan aparat keamanan, ujarnya.

Paus Fransiskus tak lupa berdoa agar seluruh masyarakat Indonesia mendapat berkat Tuhan.

Dan semoga tumbuh dalam kedamaian dan kasih persaudaraan.

“Saudara-saudaraku yang terkasih, semoga Allah memberkati kalian dan menjadikan kalian bertumbuh dan bertahan dalam kedamaian dan cinta persaudaraan,” imbuhnya.

FYI: Misa yang digelar di Stadion Utama GBK rencananya akan menjadi kegiatan resmi terakhir Paus di Indonesia.

Paus asal Argentina dijadwalkan terbang dari Indonesia pada Jumat (06-09-2024) menuju Papua Nugini untuk melanjutkan kunjungan apostoliknya ke Asia dan Pasifik. Jokowi menyambut Paus Fransiskus di Misa GBK dan menekankan peran penting umat Katolik dalam menjaga persatuan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut kedatangan Yang Mulia Bapa Suci, Paus Fransiskus dalam misa yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Kamis (05/09/2024). Puluhan ribu umat Katolik menghadiri acara ini.

Presiden Jokowi langsung menyapa Paus Fransiskus setibanya di Stadion Madya GBK. Paus Fransiskus kemudian mengganti kendaraannya dengan mobil jeep terbuka untuk menuju stadion utama GBK.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyambut kedatangan Paus Fransiskus dengan penuh rasa hormat dan gembira.

“Kami senang menyambut kunjungan Yang Mulia Paus Fransiskus. Umat Katolik Indonesia juga senang karena bisa merayakan misa bersama Paus Fransiskus,” kata Presiden.

Presiden Jokowi menekankan pentingnya peran umat Katolik dalam menjaga persatuan bangsa dan menyebarkan nilai-nilai cinta kasih dan toleransi di tengah keberagaman.

“Umat Katolik di Indonesia menjadi bagian penting dalam menjaga persatuan bangsa dan menyebarkan cinta kasih serta toleransi terhadap umat beragama lain di Indonesia,” tegasnya.

Presiden Jokowi juga menegaskan bahwa kebhinekaan adalah kekayaan bangsa dan toleransi adalah penumbuh persatuan dan perdamaian. Ia menutup pidatonya dengan mendoakan seluruh umat Katolik mempersembahkan misa yang menyenangkan.

“Akhirnya saya ucapkan selamat merayakan misa dan semoga menjadi berkah bagi orang lain,” ujarnya.

Misa Kudus yang dipimpin langsung oleh Bapa Suci, Paus Fransiskus, menjadi puncak rangkaian kunjungannya ke Indonesia. Kunjungan bersejarah Paus Fransiskus ini diharapkan dapat mempererat hubungan antara Vatikan dan Indonesia serta menjadi momen penting untuk mempererat persaudaraan antar umat beragama di Tanah Air.

Presiden Jokowi didampingi Menteri Koordinator Perkapalan dan Penanaman Modal Luhu Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Jenderal Agus Subiyanto, Panglima TNI, dan Kapolri Listyo Sigit Prabowo saat menyambut Paus Fransiskus di GBK.

(Tribunnews.com/Faryyanida Putwiliani/Taufik Ismail)

Baca lebih banyak berita tentang kunjungan Paus Fransiskus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *